Thursday, October 24, 2013

PLN BERSIH, WUJUD GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG)


PLN BERSIH, WUJUD GOOD CORPORATE
 GOVERNANCE (GCG)
Oleh Casmudi


                                   http://akudanpln.blogdetik.com/files/2013/10/41da06967ba65fea4db00475730464ec_banner-lomba-pln-bersih.gif

       Siapa yang tidak kenal Perusahaan Listrik Negara atau PT. PLNwww.pln.co.id (Persero) dan masyarakat lebih mengenal dengan sebutan PLNwww.pln.co.id? Perusahaan BUMN yang menyediakan energi listrik bagi masyarakat Indonesia sudah menjadi teman baik dalam kehidupan kita. “Listrik untuk hidup yang lebih baik” merupakan motto dari PLNwww.pln.co.id sepertinya masih relevan dalam kehidupan sekarang ini. Dalam segala keperluan hidup, sepertinya kita tidak bisa jauh dengan yang namanya listrik. Dengan listrik, hasil penemuan Thomas Alva Edison ini mampu menerangi seluruh nusantara. Namun, sayangnya pemerataan penggunaan listrik belum bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia secara menyeluruh. Masih ada masyarakat Indonesia yang berada di pelosok negeri ini yang belum bisa menikmati betapa terangnya penggunaan listrik. Listrik bagaikan barang langka yang sulit didapat. Bahkan untuk mengadakan sambungan baru, masyarakat perlu mengeluarkan uang ekstra yang melebihi tarif normal.


                                          Direktur Utama PLN, Nur Pamudji

                    Sumber: http://plnbersih.com/blog/2013/10/17/dirut-pln-raih-bung-hatta-
                                     anti-corruption-award-2013/
          Menyongsong ulang tahun yang ke-68, PLNwww.pln.co.id menasbihkan dirinya menjadi perusahaan BUMN yang bersih dari segala pengaruh negatif dalam birokrasi dan memberikan pelayanan yang prima. PLNwww.pln.co.id betul-betul ingin menjadi “PLN Bersih www.plnbersih.com” yang dapat diakui dan dirasakan secara langsung oleh masyarakat luas. Di era teknologi informasi yang berkembang pesat perlu adanya perpanjangan tangan untuk menularkan virus “PLN Bersihwww.plnbersih.com”.  Oleh karena itu, PLNwww.pln.co.id bekerja sama dengan BLOGdetik mengadakan lomba blogwww.blogdetik.com bertema “Blogger Dukung PLN Bersihwww.plnbersih.com”. Lomba blogwww.blogdetik.com yang dibuka 4 Oktober 2013 sampai dengan 27 Oktober 2013 ini merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Listrik Nasional (HLN) ke-68 yang jatuh pada tanggal 27 Oktober 2013. PLNwww.pln.co.id memberikan 68 hadiah bagi para blogger dengan total nilai hadiah lomba sebesar Rp. 31,2 juta. Lomba bertema tentang PLN Bersihwww.plnbersih.com sesuai dengan program utama PLNwww.pln.co.id saat ini yaitu “PLN Bersihwww.plnbersih.com”, No Suap, No Korupsi, No Gratifikasi”. Hal ini dilakukan agar gaung “PLN Bersihwww.plnbersih.com  bisa diketahui dan dirasakan masyarakat luas secara maksimal. 

                                          Blogger mendukung PLN Bersih

                    Sumber: http://plnbersih.com/blog/2013/10/09/68-hadiah-
                                  untuk-blogger-di-hari-listrik-nasional-ke-68/

         Mungkin ada kalangan yang ragu atas komitmen PLNwww.pln.co.id mengemban predikat “PLN Bersihwww.plnbersih.com”. Itu adalah hal yang wajar, karena pasti ada yang pro dan ada yang kontra. Yang kontra semestinya perlu mengetahui kinerja PLNwww.pln.co.id di bawah kepemimpinan Nur Pamudji. PLNwww.pln.co.id tengah membangun budaya anti korupsi dengan menetapkan empat pilar utama yaitu: partisipasi, integritas, transparansi, dan akuntabilitas. Wujud dari ke empat pilar ini diantaranya melalui penerapan mekanisme pengaduan masyarakat, penerapan whistle blowing system, dan pengelolaan gratifikasi pegawai. Bahkan, Bung Hatta Anti-Corruption Award (BHACA) menilai Nur Pamudji memenuhi kriteria sebagai individu yang tidak korupsi. Nur Pamudji juga secara sistematis telah melakukan usaha-usaha pemberantasan dan pencegahan korupsi di PLNwww.pln.co.id. Di luar itu, Nur Pamudji berkomitmen agar PLNwww.pln.co.id  menjadi perusahaan BUMN yang bersih dan bebas dari praktek Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) demi terciptanya Good Corporate Government (GCG)  tidaklah main-main. Banyak tindakan yang telah dilakukan PLNwww.pln.co.id untuk memberantas praktek KKN, suap, pungutan liar dan sebagainya.

         Untuk mewujudkan PLN Bersihwww.plnbersih.com  yang bermuara terciptanya Good Corporate Government (GCG), banyak tindakan yang dilakukan PLNwww.pln.co.id, seperti: Pertama, Para Agent of Change PLN Bersihwww.plnbersih.com telah memulai gerakan mensosialisasikan anti korupsi, anti gratifikasi, dan anti suap kepada kalangan pegawai PLNwww.pln.co.id. Tanggal 10 September 2013, PLNwww.pln.co.id Distribusi Jawa Timur secara khusus mengumpulkan tim Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) dari 17 area yang ada di Jawa Timur. Para pegawai PLNwww.pln.co.id   mendapatkan pembekalan dan penjelasan tentang pedoman-pedoman yang baik dan benar dalam pelaksanaan Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ). PLNwww.pln.co.id sangat memahami bahwa proses  Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ), dan pelayanan publik merupakan tindakan yang rawan korupsi, suap, pungutan liar dan sebagainya baik dalam ukuran kecil maupun besar. Kedua proses inilah yang menjadi sasaran utama program PLN Bersihwww.plnbersih.com. Kedua, PLNwww.pln.co.id juga mengadakan Deklarasi Insiatif Bersama (Collective Action Initiative) melawan korupsi yang berisi komitmen bersama antara PLNwww.pln.co.id dan para vendor-nya dalam sebuah dokumen deklarasi “PLN Bersihwww.plnbersih.com: No Suap”. Ketiga, PLNwww.pln.co.id menerbitkan buku putih terkait kinerja perseroan dalam menghilangkan korupsi dan kolusi. Sebelumnya, PLNwww.pln.co.id berkomitmen meningkatkan kinerja dengan mengurangi terjadinya korupsi di tingkat bawah yang bersentuhan langsung dengan pelanggan. Saat ini PLNwww.pln.co.id telah membuat jaringan pendaftaran sambungan listrik melalui website internet dan call center. Keempat, PLNwww.pln.co.id berusaha meminimalisir adanya interaksi langsung dengan pelanggan, seperti pembayaran jasa kelistrikan kepada PLNwww.pln.co.id ditransfer melalui ATM sehingga resiko terjadinya korupsi bisa ditiadakan. Dan kelima, saat ini PLNwww.pln.co.id membangun sebuah sistem yang berlandaskan empat pilar utama PLN Bersihwww.plnbersih.com yang dikenal dengan PITA, yaitu : 1) Partisipasi, partisipasi dari para pegawai PLNwww.pln.co.id dan seluruh stakeholders dalam berkomitmen dan menjalankan dan mendukung program PLN Bersihwww.plnbersih.com dengan baik, 2) Integritas, integritas dari para pegawai dalam bekerja melayani masyarakat sangat penting artinya untuk membangun budaya PLN Bersihwww.plnbersih.com, 3) Transparansi, keterbukaan informasi dan sikap responsif terhadap permintaan informasi publik sangat menentukan dan penting dalam pembangunan budaya PLN Bersihwww.plnbersih.com, dan 4) Akuntabilitas, pilar ini menuntut pegawai PLNwww.pln.co.id untuk selalu responsif terhadap setiap keluhan pelanggan dan juga mendukung implementasi wishtle blower system dan program pengendalian gratiikasi.

                   Butuh partisipasi masyarakat untuk mewujudkan PLN Bersih 
                                              Sumber: www.pln.co.id

       Di luar tindakan-tindakan tersebut, untuk membuktikan dirinya menjadi PLN Bersihwww.plnbersih.com, PLNwww.pln.co.id menerapkan pilot project di unit-unit yang ada. Ada 13 unit PLNwww.pln.co.id yang ditunjuk menjadi pilot project PLN Bersihwww.plnbersih.com.  13 unit yang telah mengimplementasikan inisiatif PLN Bersihwww.plnbersih.com itu adalah PLNwww.pln.co.id Wilayah Bangka Belitung, PLNwww.pln.co.id Wilayah Sumatera Utara, Unit Pembangkitan Jawa Bali, PLNwww.pln.co.id DIstribusi Jakarta Raya dan Tangerang, PLNwww.pln.co.id Disrtibusi Jawa Barat dan Banten, PLNwww.pln.co.id Distribusi Jawa Tengah dan Yogyakarta, PLN www.pln.co.id Distribusi Jawa Timur, PLNwww.pln.co.id Distribusi Bali, PLNwww.pln.co.id Distribusi Lampung, dan PLN www.pln.co.id Pusdiklat, PLNwww.pln.co.id Jasa Sertifikasi, PLNwww.pln.co.id Pusat Pemeliharaan Ketenagalistrikan, serta PLNwww.pln.co.id Pusat Penelitian dan Pengembangan. Unit-unit PLNwww.pln.co.id tersebut dinilai dan diukur dalam 3 area  pengukuran, yaitu: risiko integritas, implementasi PLN Bersihwww.plnbersih.com, dan integritas pengadaan serta integritas pelayanan.

           Karena keingintahuan publik tentang informasi, maka PLNwww.pln.co.id juga mematuhi apa yang terkandung dalam Undang-Undang No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) mencantumkan ketentuan bagi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk menyajikan informasi yang diperuntukkan bagi kepentingan publik. 14 tindakan PLNwww.pln.co.id untuk mendukung ketentuan  Undang-Undang No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dengan menyajikan Jenis-Jenis Informasi adalah: 1) Nama dan tempat kedudukan, maksud dan tujuan serta jenis kegiatan usaha, jangka waktu pendirian dan permodalan, sebagaimana tercantum dalam anggaran dasar; 2) Anggota Direksi, dan anggota Dewan Komisaris Perseroan; 3) Laporan Tahunan, Laporan Keuangan, Neraca Laporan Laba Rugi, dan Laporan Tangggung Jawab Sosial Perusahaan yang telah diaudit; 4) Hasil penilaian oleh eksternal auditor, lembaga pemeringkat kredit, dan lembaga pemeringkat lainnya; 5) Sistem dan alokasi dana remunerasi anggota Komisaris/Dewan Pengawas dan Direksi; 6) Mekanisme penetapan Direksi dan Komisaris/Dewan Pengawas; 7) Kasus hukum yang berdasarkan undang-undang terbuka sebagai informasi publik; 8) Pedoman pelaksanaan tata kelola perusahaan yang baik berdasarkan prinsip-prinsip transparansi, akuntabilitas, pertanggungjawaban, kemandirian, dan kewajaran; 9) Pengumuman penerbitan efek yang bersifat utang; 10) Penggantian akuntan yang mengaudit perusahaan; 11) Perubahan tahun fiskal perusahaan; 12) Kegiatan penugasan pemerintah dan/atau kewajiban pelayanan umum atau subsidi; 13) Mekanisme pengadaan barang dan jasa; dan 14) Informasi lain yang ditentukan oleh undang-undang yang berkaitan dengan Badan Usaha Milik Negara/Badan Usaha Milik Daerah. Dengan adanya keterbukaan informasi publik, maka segala tindak-tanduk yang dilakukan PLNwww.pln.co.id  bisa diamati, diawasi dan dikontrol oleh masyarakat.
       Menjadi PLN Bersihwww.plnbersih.com sepertinya tidaklah sulit. PLNwww.pln.co.id hanya melakukan reformasi birokrasi secara total. PLNwww.pln.co.id perlu melibatkan partisipasi masyarakat untuk mengawasi, mengontrol bahkan memberikan masukan dan kritikan yang bersifat membangun. PLNwww.pln.co.id harus membenahi dirinya dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mempunyai akuntabilitas, rasa tanggung jawab yang tinggi dan mengutamakan transparansi dalam melayani masyarakat. Tidak adanya kongkalikong dalam Pengadaan Barang dan Jasa dan pelayanan publik dalam bidang kelistrikan sangatlah mungkin bagi PLNwww.pln.co.id dalam mewujudkan Good Corporate Governance (GCG).  Sudah selayaknya PLNwww.pln.co.id memiliki kewajiban menerapkan Good Corporate Governance (GCG) sesuai apa yang diamanatkan didalam Peraturan Mentri Negara BUMN Nomor Per-01/MBU/2011 tentang Penerapan Good Corporate Governance (GCG) pada BUMN. PLNwww.pln.co.id menyadari, bahwa Good Corporate Governance (GCG) merupakan kebutuhan dalam menjalankan kegiatan bisnis Perusahaan dalam rangka menjaga pertumbuhan usaha secara berkelanjutan, meningkatkan nilai perusahaan dan sebagai upaya agar Perusahaan mampu bertahan dalam persaingan.  Akhirnya, jika PLNwww.pln.co.id menjadi PLN Bersihwww.plnbersih.com sama halnya PLNwww.pln.co.id telah membuktikan dirinya menjadi perusahaan BUMN dalam menciptkan  Good Corporate Governance (GCG).  

Sumber referensi:







Casmudi. (2013). Reformasi Birokrasi Pelayanan PDAM Kota Denpasar. Jakarta: Universitas Terbuka (UT).
 




 
          

3 comments:

  1. Replies
    1. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  2. Terima kasih juga pak. Semoga Bapak juga begitu adanya. Terima kasih banyak lho atas apresiasinya. Salam hangat.

    ReplyDelete