Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

My 7-Days Fruits Diary”, pengalaman seru mengonsumsi buah-buahan Sunpride selama 7 hari






Indonesia yang berada di kawasan tropis memberikan keanekaragaman hasil alam. Salah satu hasil alam yang merupakan anugerah Tuhan adalah berlimpahnya jenis buah-buhan di seluruh Nusantara. Kita bisa mendapatkan keanekaragaman buah-buahan dari Sabang sampai Merauke. Tetapi, melimpahnya buah asli nusantara tidak serta merta seluruh masyarakat Indonesia mencintai buah lokal yang ada. Ditambah lagi, membanjirnya buah impor membuat kondisi buah lokal menjadi dinomorduakan. Apalagi, kadangkala harga buah impor dari negara tertentu yang setara atau lebih murah dari buah lokal membuat buah impor semakin merajalela.
Kondisi membanjirnya buah impor membutuhkan kebijakan Pemerintah untuk menekan datangnya buah impor dan menggalakkan arus lalu lintas buah lokal di seluruh nusantara. Apalagi, dorongan yang besar Pemerintah terhadap perusahaan swasta yang  mengangkat nama baik kemajuan buah asli nusantara sangatlah diharapkan dan diapresiasi. Salah satu perusahaan yang mengangkat kemajuan buah asli nusantara adalah PT.Sewu Segar Nusantara yang beralamat di Jl. Telesonic Dalam (Jl. Raya Gatot Subroto Km. 8) Tangerang, Banten 15810 dengan nomor telp. +62 21 590 2937. Perusahaan yang sangat familiar dikenal dengan nama Brand SUNPRIDE  berkomitmen menyediakan buah-buah segar berkualitas dengan lebih dari 20 jenis yang 80%nya adalah buah lokal. Dengan motto “Fresh Everyday”, maka diharapkan kita bisa menikmati buah lokal dalam keadaan segar setiap harinya. Siapa lagi yang menikmati buah lokal milik Indonesia kalau bukan kita sendiri. Betul tidak?


www.sunpride.co.id



Bagaimana, jika kita mengkonsumsi buah Sunpride yang asli nusantara selama 7 hari berturut-turut? Tentu seru bukan? Saya pun mencoba untuk  mengkonsumsi buah tersebut dan menuangkan pengalamannya dalam tulisan ini. Aku pun merencanakan untuk mengkonsumsi 7 macam buah asli nusantara, yaitu: apel, melon, nanas, pisang, semangka, jeruk dan pepaya dalam waktu 7 hari.   

1. Hari Pertama (ke-1), 14 Agustus 2015 - Menikmati Buah Apel          
Nama buah apel dalam bahasa latin adalah Malus domestica yang merupakan keturunan dari Malus Sieversii asal Asia Tengah, dengan sebagian genom dari Malus sylvestris (apel hutan/apel liar). Namun, Indonesia pun mempunyai jenis apel yang khas seperti: apel Malang. Manfaat buah Apel sangat baik untuk kesehatan, seperti: membantu kerja usus halus, mengurangi resiko gangguan pernapasan, menyehatkan rongga mulut dan gigi, memberikan perlindungan pada tulang, mengkontrol gula darah, mencegah dan mengobati kanker, kesehatan otak, mencegah parkinson, menurunkan kolesterol, menurunkan kolesterol, menyehatkan jantung, mencegah batu empedu, mengatasi diare dan sembelit, detoksifikasi hati, mencegah katarak, meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia, dan mencegah wasir.
Banyak orang bilang bahwa buah Apel sering dinikmati pada pagi hari sebagai pengganti nasi. Dengan kesegaran dan kandungan apel,  seperti:  vitamin A, B, dan C sangat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Untuk yang sedang diet, mengkonsumsi buah apel sangat cocok untuk mengurangi berat badan. Apalagi bagi wanita yang selalu ingin tampil cantik, mengkonsumsi buah apel sangat cocok karena kandungan fosfor pada buah apel bermanfaat untuk menghilangkan komedo dan jerawat. Kandungan lain adalah fitokimia yang berfungsi sebagai antioksidan yang bisa melawan radikal bebas sehingga kulit lebih cantik dan sehat.
Saat pagi hari dan bertepatan dengan Hari Pramuka Indonesia 2015 sebelum kerja, kunikmati buah apel 2 biji dan tidak mengupas kulitnya terlebih dahulu. Tetapi, cukup mencuci bersih apel dan langsung menikmatinya atau dipotong-potong terlebih dahulu. Lumayan buat mengganjal perut dan pengganti nasi. Saya memahami bahwa di kulit apel mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh, seperti: vitamin, mineral, serat dan antioksidan. Makanya, kalau mengkonsumsi apel, saya cenderung  mengkonsumsinya tanpa dikuliti terlebih dahulu. Rasanya pas di mulut, kresss…seger tenan!




2. Hari kedua (ke-2), 15 Agustus 2015 – Buah Melon
Semua orang pasti kenal buah melon bukan? Buah yang memiliki nama latin Cucumis Melo L. dan merupakan buah yang memiliki cita rasa manis dan segar karena kaya akan air ini menyimpan beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Melon mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, magnesium, mangan, tembaga, seng, besi, kobalt, kromium, dan karotenoid.
Apalagi di kampung istriku, kota Ngawi (Jawa Timur) yang terkenal sebagai sentra penghasil buah melon membuat saya demen banget mengkonsumsi buah ini. Rasa manis yang dicampur dengan kandungan air sangat cocok jika dinikmati pada siang hari. Apalagi, saat kita dahaga pada siang hari dengan mengkonsumsi buah melon menjadi pilihan terbaik. Srupuuttttt …. Ces …cesss …. Biasanya aku mengkonsumsi buah melon dengan membuang kulitnya terlebih dahulu dan memotongnya kecil-kecil. Tidak bisa kebayang jika melon dipotong kecil-kecil dan diberi cairan susu dicampur es buah. Meleleh … aduhhhh … jadi ngiler tuh.
Sehabis makan siang, aku pun menikmati buah melon ini sebagai dessert (makanan penutup). Kandungan  vitamin C dan kandungan antioksidan flavonoid, seperti: beta-karoten, lutein, zea-xanthin dan cryptoxanthin berfungsi untuk melindungi sel-sel dan struktur lainnya dalam tubuh dari radikal bebas. Kemampuan ini dapat memberi perlindungan terhadap usus besar, prostat, payudara, endometrium, paru-paru, dan kanker pankreas. Namun tidak hanya untuk penyakit berbahaya manfaat antioksidan ini juga baik untuk bagian tubuh lainnya dan untuk kecantikan.

 



3. Hari Ketiga (ke-3), 16 Agustus 2015 – Buah Nanas
Buah Nanas dengan nama latin adalah Ananas comosus merupakan tumbuhan tropis yang berasal dari Brasil, Bolivia, dan Paraguay. Tak hanya menyegarkan, buah yang mempunyai rasa manis dan agak asam saat disantap. Buah nanas juga banyak mengandung vitamin A dan C sebagai antioksidan. Kandungan lain adalah kalsium, fosfor, magnesium, besi, natrium, kalium, dekstrosa, sukrosa, dan enzim bromelain. Selain itu, nanas juga kaya akan serat (kabarimbo.com).
Menurut laman sehatinfo.com bahwa buah nanas sangat bermanfaat untuk memperlancar pencernaan, mengatasi flu dan demam, menjaga kesehatan gigi, mengobati peradangan kulit, menghaluskan kulit, mengatasi kembung pada perut, mengobati asam urat, menyuburkan rambut, meredakan radang tenggorokan, meningkatkan kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah, menurunkan berat badan, mengatasi ketombe, dan meningkatkan kualitas sperma.  Wah, fungsi yang terakhir pasti menarik untuk laki-laki. Aku paling senang mengkonsumsi buah nanas setelah dipotong kecil-kecil. Apalagi, jika dalam keadaan dingin. Untuk menghilangkan sedikit rasa asam, aku membuat cairan penikmat rasa yang terbuat dari campuran garam, gula merah, cabe, kacang tanah dan terasi secukupnya. Dibuat rujakan, rasanya sungguh nikmat. Ooppsss … netes nih. Rasanya benar-benar maknyusss!




4. Hari Keempat (ke-4), 17 Agustus 2015 – Buah Pisang Cavendish
Buah Pisang Cavendish dengan nama latin Musa spp. merupakan komoditas buah tropis yang paling populer di dunia, di Indonesia, atau biasa dikenal dengan sebutan Pisang Ambon Putih. Pisang Cavendish banyak dikembangbiakan menggunakan metode kultur jaringan. Daging buah dari pisang ini putih kekuningan, rasanya manis agak asam, dan lunak. Kulit buah agak tebal berwarna hijau kekuningan sampai kuning dengan permukaan halus (wikipedia.org).
Manfaat mengkonsumsi buah pisang bagi kesehatan di antaranya: memanjakan lidah kita tanpa rasa khawatir akan membuyarkan/merusak diet, secara alami bebas lemak dan kolesterol, memiliki kandungan kalium yang tinggi, mengandung jumlah vitamin C yang banyak, sumber vitamin B-6 (pyridoxine), sumber zat mangan, mengandung sekitar 3 gram serat yang dapat membantu kita merasa kenyang lebih lama, turut membantu menjaga proses pencernaan tetap lancer, menyediakan sejumlah kecil vitamin dan mineral lainnya seperti vitamin A, vitamin E, zat besi, magnesium, fosfor, folat, karoten, kolin dan mengandung sejumlah asam amino serta     sumber energi karena mengandung karbohidrat.
Pisang jenis ini kunikmati saat merayakan Hari Kemerdekaan di Jakarta dalam rangka menghadiri Community Gathering Kompasiana yang diadakan di Discovery Hotel & Convention Ancol. Sangat membantu untuk mengisi perut saat melakukan perjalanan udara dari Bali ke Jakarta. Buah ini enak sekali kunikmati di saat waktu masih menunjukan pukul 03.00 pagi, dalam perjalanan dan setelah sampai di hotel. Rasanya benar-benar enak banget. Empuk di lidah dan sebagai pengganti nasi karena selama perjalanan udara belum menyentuh nasi sama sekali. Waduh, kok bisa. Pagi hari istriku belum belum sempat masak, si pesawat tidak mendapat jatah makanan, dan turun dari pesawat menuju hotel tidak sempat mampir ke warung makan. Sempatnya kapan coba! Makanya, menikmati buah pisang menjadi pilihan yang harus kujalani.  Tapi, buah pisang tersebut sungguh membantuku dari rasa lapar. 




 5. Hari Kelima (ke-5), 18 Agustus 2015 - Buah Semangka
Semangka atau tembikai dengan nama latin Citrullus lanatus dari suku ketimun-ketimunan atau Cucurbitaceae merupakan tanaman merambat yang berasal dari daerah setengah gurun di  Afrika  selatan masih sekerabat dengan labu-labuan (Cucurbitaceae), melon (Cucumis melo) dan ketimun (Cucumis sativus). Semangka biasa dipanen buahnya untuk dimakan segar atau dibuat jus. Sedangkan, biji semangka yang dikeringkan dan disangrai juga dapat dimakan isinya (kotiledon) sebagai kuaci.  Menurut laman Manfaat.co.id menegaskan bahwa manfaat buah semangka seperti: semangka anti penuaan dini, menjaga kelembapan kulit, mengurangi sebum (minyak) pada wajah, meremajakan kulit, memelihara kesehatan ginjal, pencegahan sariawan, mengurangi resiko hipertensi dan stroke, anti inflamasi dan antioksidan, otot nyeri, obat kuat yang alami.
            Setelah melakukan perjalanan jauh Bali-Jakarta PP, tentunya badan merasa cape dan letih. Oleh sebab itu, saatnya membutuhkan kesegaran badan dari buah-buahan. Sekitar pukul 17.00 sore hari sampai di tempat tinggal, dan menyempatkan untuk belanja buah semangka. Buah semangka menjadi pilihan untuk memulihkan rasa cape setelah melakukan perjalanan jauh tersebut. Setelah dipotong kecil-kecil berbentuk segitiga, aku sangat menikmatinya. Rasa manis dan kandungan air yang banyak menjadikan rasa dahagaku menjadi hilang. Berasa seperti harimau yang keluar dari kandang.  Sungguh menikmatinya, sampai lupa makan nasi. Padahal semangka paling enak dinikmati setelah makan. Tetapi, karena ingin memulihkan tenaga dan menghilangkan rasa haus karena kandungan airnya maka tidak apalah. Walaupun pada kenyataannya sehabis makan juga mengkonsumsi buah semangka juga. Rasanya kenyang seperti penuh dengan air minum. Tetapi, rasa segarnya tidak tergantikan karena rasa dingin setelah disimpan di dalam kulkas. Maknyessss!

 



6. Hari Keenam (Ke-6), 19 Juli 2015 – Buah Jeruk
Jeruk keprok degan nama latin Citrus reticulate  sangat bermanfaat bagi kesehatan. Bahkan, kulitnya ternyata dapat mencegah pertumbuhan sel kanker. Menurut laman artikelkesehatan99.com menyatakan bahwa manfaat jeruk adalah: mencegah kanker, menjaga kesehatan pernapasan, mencegah kerusakan sel-sel dari radikal bebas, meningkatkan imunitas, menjaga kesehatan sistem pencernaan, mempertahankan keseimbangan gula darah penderita diabetes, menurunkan tekanan darah dan mencegah osteoporosis, dan sebagai anti-inflamasi.
Kunikmati buah jeruk tersebut saat setelah makan siang sekitar jam 13.30. Aku terbiasa menikmati buah jeruk tidak cukup satu biji. Karena rasa manis yang sungguh mengesankan,  tak terasa bisa menghabiskan 3 biji. Lapar atau doyan, begitu kalimat yang sering keluar dari mulut istriku. Habis enak dan menyegarkan sih! Apalagi kalau habis disimpan dalam kulkas. Waduh … rasa manisnya menjalar dari lidah langsung ke ubun-ubun. Aku merasa mengkonsumsi jeruk juga untuk mencegah dari penyakit bibir kering atau sariawan karena kandungan vitamin C. Dan paling senang, saat membuka kulitnya, aroma jeruknya yang khas langsung tercium.




7. Hari Ketujuh (ke-7), 20 Juli 2015 - Buah Pepaya
Ini hari terakhir aku menikmati tantangan untuk mengkonsumsi kesegaran dan kelezatan buah-buahan lokal khas nusantara. Buah terakhir yang aku konsumsi pada hari ke-7 adalah buah pepaya. Buah pepaya memiliki nama latin Carica Papaya merupakan buah yang berasal dari Meksiko. Buah ini sangat mudah didapatkan karena cukup mudah ditanam di wilayah yang beriklim tropis. Kandungan nutrisi yang ada didalamnya sangat bermanfaat bagi tubuh jika kita konsumsi. Nutrisi-nutrisi penting seperti vitamin C, vitamin B, vitamin A, fosfor dan zat besi bermanfaat bagi tubuh dalam menjaga kesehatan penikmatnya. Manfaat buah pepaya bagi kesehatan, di antaranya: anti inflamasi, menguatkan sistem imun, menyehatkan tulang, baik untuk penderita diabetes, mencegah penyakit jantung, pencernaan, mencegah degenerasi makula, mempercepat penyembuhan luka, pencegahan asma, mengurangi berat badan (manfaat.co.id).
Buah pepaya kunikmati saat pagi hari sekitar 06.00 setelah dikupas terlebih dahulu kulitnya dan dipotong kecil-kecil memanjang dengan maksud untuk mendapatkan kesegaran dan melancarkan BAB (Buang Air Besar). Setelah masuk di perut, selang beberapa menit perut rasanya seperti (maaf) buang angin saja. Setengah jam kemudian proses BAB pun tanpa hambatan.  Kesegaran kudapat, kelancaran pencernaan pun lancar. Pantas, mengkonsumsi secara rutin bisa mengurangi berat badan. Habis, bawaannya pengin BAB terus.

 


Dari pengalaman selama 7 hari mengkonsumsi buah memberikan gambaran bahwa kesegaran dan kelezatan buah lokal sudah tidak bisa diragukan lagi. Beragam manfaat dan nutrisi buah lokal khas nusantara telah aku peroleh. Kesehatan badan pun telah aku peroleh. Jangan kaget, jika seorang fruitaholic akan menjadi badan tetap sehat dan segar. Alhamdulillah, aku diberi karunia oleh Allah SWT tetap sehat dan bugar. Sebuah, anugerah yang tidak ternilai harganya. Semoga mengkonsumsi buah-buahan khas nusantara tetap berlanjut seumur hidupku.

*Semua foto adalah koleksi pribadi



“Artikel ini diikutsertakan dalam rangka Lomba Blog Sunpride dengan tema: “My 7-Days Fruits Diary”, pengalaman seru mengonsumsi buah-buahan Sunpride selama 7 hari”


Tag:  



2 comments for "My 7-Days Fruits Diary”, pengalaman seru mengonsumsi buah-buahan Sunpride selama 7 hari"

hendra August 21, 2015 at 7:23 AM Delete Comment
Hebat pak blog bapak tentang My 7-Days Fruits Diarynya Pasti menang lagi dah bapak ... he he he he
Salam super SEO

Thanks
CASMUDI August 21, 2015 at 12:46 PM Delete Comment
Terima kasih mampir dan doanya pak Gede. Salam hangat