Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

OPPO R7s, Smartphone Android dengan Performa Kelas Tinggi

OPPO R7s, Smartphone Android
dengan Performa Kelas Tinggi 








            Persaingan market gadget semakin luar biasa. Setiap vendor tidak henti-hentinya memanjakan konsumen dengan piranti canggih yang disematkan pada alat komunikasi. Kabar baik mengenai perilisan Smartphone Oppo R7s akhirnya benar-benar terealisasikan, setelah resmi diperkenalkan pada ajang GITEX 2015 di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA). 



Peresmian Oppo R7s pada pada ajang GITEX 2015 di Dubai,
Uni Emirat Arab (UEA) (hargatop.com)


            Kali ini, pabrikan Oppo kembali meluncurkan smartphone android terbarunya dari versi lawas Oppo R7 dan juga Oppo R7 Plus yang mengusung desain mewah dan stylish yang bertajuk Oppo R7s. Smartphone tersebut nampaknya bakal dipersiapkan untuk kelas premium dengan hadirnya sejumlah fitur yang diunggulkan. Apalagi, smartphone Oppo R7s sebagai gadget baru yang paling pas untuk tahun baru 2016 mendatang.
Sebagai informasi, smartphone Oppo R7s dibanderol dengan harga sekitar Rp 5 jutaan berdasarkan kualitas spesifikasi dari masing-masing bagian. Jika dibandingkan dengan banderol harga seri Oppo R7 lainnya, sebenarnya banderol harga yang dimiliki oleh seri R7s berada di tengah-tengah. Perlu diketahui bahwa seri Oppo R7 dan juga R7 Plus dibanderol dengan harga sekitar Rp 6 jutaan. Sementara, seri Oppo R7 Lite dibanderol dengan harga sekitar Rp 4 jutaan. 


#########  Desain  ##########

Melihat desainnya, Oppo R7s dilengkapi bodi yang full metal premium berjenis Alumunium Alloy yang membuatnya tampak terlihat mewah dan elegan. Dengan mengusung material full metal yang dibuat unbody dengan dimensi berukuran panjang 151.8 mm, lebar 75.4 mm, tebal 7 mm, dan berat sekitar 155 gram, Oppo R7s didesain dengan bodi sangat tipis dan memiliki berat cukup ringan.
 Meskipun lebih tebal dibandingkan seri Oppo R7 Lite, namun Oppo R7s tampak anggun  dengan balutan metal di seluruh tubuhnya. Oppo R7s dibekali layar berteknologi Amoled Display, dan kembali mengusung layar 2.5D dengan sisi bezel layar yang terlihat melengkung. 


 Desain Oppo R7s yang sangat elegan dan mewah 
(begawei.com)


##########  Layar  ###########

             Dari sisi tampilan layar, smartphone Oppo R7s memiliki dukungan layar sentuh (touch screen) berukuran 5.5 inci dan teknologi Super AMOLED LCD kapasitif 16M colors yang mengusung resolusi full HD 1080p atau 1920 x 1080 piksel yang mampu menghasilkan kualitas layar yang apik dan padat berkat kerapatan layar yang dimilikinya mencapai 367 piksel per inci.
Sayangnya resolusi smartphone Oppo R7s belum Quad HD, melainkan Full HD (1080 x 1920) dengan kerapatan layar 401 ppi (~401  ppi pixel density). Tetapi, tidak usah khawatir karena kualitas layar Oppo R7s tetap terlihat fantastis. Apalagi, pada layar telah dilengkapi panel layar 2.5 arc edge screen yang membuatnya memiliki bezel layar sangat tipis, yaitu: dengan ketebalan 2.2 mm. Selain itu layar terluar R7s juga dilindungi lapisan anti gores bertipe Corning Gorilla Glass 3. Yang menarik adalah adanya perpaduan antara body full metal dan layar lengkung berteknologi 2.5D, membuat Smartphone Oppo R7s tampil lebih menarik dibandingkan smartphone sekelasnya. Semakin mengagumkan bukan?


 Layar sentuh (touch screen) 5.5 inci dengan 
teknologiSuper AMOLED LCD kapasitif 
16M colors (begawei.com)


##########  Kamera  ###########

 Smartphone Oppo R7s telah dibekali kamera depan dengan kekuatan 8 Megapixel, dan kamera belakang 13 Megapixel sama seperti seri Oppo R7 yang lain. Kita bisa berfoto selfie dengan kualitas gambar di atas rata-rata. Hal ini dikarenakan kamera depan yang beresolusi 8 Megapixel telah dilengkapi dengan fitur beautify dan teknologi pemrosesan gambar PureImage 2.0+.
Sedangkan, kamera utama (belakang) Oppo R7s telah dibekali dengan fitur-fitur fotografi menarik lainnya, seperti: Geo-tagging, Touch focus, Face Detection, LED flash dan Digital Zoom. Oppo R7s juga menghadirkan aperture sebesar F/2.2 pada kamera bagian belakang, dan F/2.4 pada kamera bagian depan, sehingga kita bebas berfoto selfie memakai kamera depan, meskipun saat malam hari. Sedangkan, jika kamera digunakan untuk merekam maka Oppo R7s memberikan kekuatan pada resolusi video 1080p@30fps.
Smartphone ini mempunyai kamera berkualitas dengan teknologi autofocus super cepat (phase detection autofocus) yang mampu membidik objek dalam hitungan kurang dari 1 detik. Pemakaian teknologi tersebut akan dioptimalkan oleh kamera beresolusi tinggi yang dipasangkan pada bagian depan dan belakang. Di mana, keduanya mampu menghasilkan foto dengan hasil menakjubkan, dan memiliki warna lebih natural dibandingkan kamera smartphone sekelasnya.


Kamera yang menghasilkan gambar menakjubkan
dan natural (begawei.com)


##########  Konektivitas  ###########

Pada sektor konektivitas, smartphone Oppo R7s cukup lengkap, meskipun tak sebaik smartphone premium yang mengusung fitur NFC dan IR Blaster, karena kedua fitur tersebut absen pada Oppo R7s. Fitur konektivitas yang bisa kita temui pada Oppo R7s, seperti: Bluetooth V4.0, GPS, port MicroUSB 2.0, FM Radio, audio jack 3,5mm dan dukungan fitur USB-OTG. Oppo R7s telah dilengkapi 2 slot kartu Sim untuk mengakses jaringan.
Selanjutnya untuk konektivitas internet, Oppo R7s mengandalkan Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/a dan jaringan 3G HSDPA serta 4G LTE yang mampu berlari pada kecepatan 150/50 mbps secara stabil. Hal ini berarti melalui jaringan 4G pada Oppo R7s, kita bisa menikmati kecepatan download hingga mencapai 150 Mbps dan upload hingga 50 Mbps. Oppo R7s di sektor konektivitas ini juga telah dilengkapi dengan teknologi navigasi A-GPS dan juga GLONASS yang akan membantu kebutuhan pemetaan penggunanya.
Namun, sayangnya kita tak bisa meamnfaatkan teknologi pemindai sidik jari (Fingerprint Sensor) yang sebelumnya telah dimiliki Oppo R7 Plus. Hilangnya fitur keamanan super canggih tersebut, tentunya membuat kita sedikit kecewa, terutama bagi sobat yang mengedepankan privacy dan memiliki banyak data penting yang tersimpan di dalam smartphone.



 Jaringan 4G LTE yang mampu berlari pada kecepatan 
150/50 mbps (smeaker.com)



###########  Prosesor  ###########

            Tidak perlu khawatir dengan dengan smartphone Oppo R7s karena memiliki performa tinggi karena didukung oleh dapur pacu yang  ditenagai processor delapan inti (Octa Core) 1.5 Ghz 64-Bit dengan Chipset Qualcomm MSM8939 Snapdragon 615 dan Ram berkapasitas 4GB. Smartphone Oppo R7s merupakan Hp Android Oppo pertama yang mengusung Ram 4GB, jadi terasa lebih special dibandingkan seri-seri sebelumnya yang maksimal hanya mengandalkan Ram 3GB atau Ram 2GB.
             Processor buatan Qualcomm tersebut akan dipacu pada 2 cluster processor yang masing-masing intinya memiliki kecepatan (Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 & quad-core 1.0 GHz Cortex-A53), sehingga membuat performanya lebih maksimal, sangat cepat, dan tetap efesien daya baterai saat menjalankan semua aplikasi, baik yang berukuran kecil maupun berukuran besar. Masalah grafis, smartphone Oppo R7s telah mempercayakan pada GPU Adreno 405 yang mampu menghasilkan kinerja gaming halus dan kemampuan multitasking lebih mulus.   
 Untuk mendukung peforma pada sisi hardware, smartphone Oppo R7s tentunya meningkatkan kualitas sisi software dengan memakai sistem operasi ColorOS 2.1 terbaru berbasis Android Lollipop 5.1.1. yang mampu berlari lebih cepat dan lebih mulus ketika kita berpindah dari satu aplikasi ke apilikasi yang lain. Yang menarik adalah sistem operasi ColorOS 2.1 menawarkan tampilan antarmuka lebih cantik dan dapat mengatur setiap icon aplikasi secara otomatis. Serta dilengkapi fitur thema yang siap mempercantik tampilan user inteface icon dan lock screen untuk menghilangkan kebosanan tampilan.


Chipset Qualcomm MSM8939 Snapdragon 615
mendukung Oppo R7s kelas tinggi
(rootzwiki.com)


##########   Memori   ##########

            Ketika melihat sektor memori, maka smartphone Oppo R7s sudah dilengkapi media penyimpanan sebesar 32GB. Kapasitas tersebut bisa diperluas dengan menambah  slot memori eksternal yang bisa digunakan untuk menambah kapasitas penyimpanannya. Slot external memory pada smartphone Oppo R7s ini bisa menampung microSD card hingga kapasitas 128 GB.
            Oleh karena itu, dengan memori internal 32 GB dan dukungan microSD mencapai 128GB, maka semua file, seperti: foto, video, musik, dan konten hiburan lainnya bisa tersimpan dengan mudah. Sayangnya penempatan slot microSD Oppo R7s berada pada satu tempat dengan slot kartu Sim kedua. Oleh sebab itu, kita harus merelakan salah satu Sim card apabila ingin memasukan kartu microSD.



2 slot Sim card pada Oppo R7s (yangcanggih.com)


###########  Baterai  ###########

            Smartphone Oppo R7s telah dibekali dengan baterai jenis Non-removable Lithium-Ion yang memiliki kapasitas 4.100 mAh. Dengan demikian, kapasitas baterai pada smartphone Oppo R7s akan sama dengan baterai pada seri Oppo R7 Plus. Dengan kapasitasnya yang ekstra besar, baterai pada smartphone tersebut mampu bertahan hidup selama seharian penuh.
            Smartphone Oppo R7s sengaja dibekali dengan baterai berkapasitas besar karena memiliki komponen hardware yang berkualitas dan memerlukan pasokan daya yang cukup besar. Konsumsi daya paling besar pada Oppo R7s terdapat pada bagian layarnya yang merupakan layar jenis AMOLED 5.5 inci.
            Meskipun baterainya berkapasitas besar, kita tidak perlu khawatir saat mengisi kembali. Hal ini disebabkan karena smartphone Oppo R7s telah dilengkapi dengan fitur pengisian cepat VOOC Flash Charge. Kita tidak membutuhkan waktu terlalu lama saat mengisinya. Pasalnya, teknologi VOOC Flash Charge mampu menghasilkan daya baterai dari nol persen sampai 75 persen dalam waktu 30 menit. Selanjutnya, dengan mengisi smartphone Oppo R7s selama 5 menit, maka bisa menghasilkan waktu bicara mencapai 2 Jam.


Teknologi VOOC Flash Charge OPPO R7s 
(community.oppo.com)


            Dari pembahasan di atas, maka kita bisa menyimpulkan bahwa spesifikasi Smartphone Oppo R7s mampu menghasilkan performa kelas tinggi. Untuk lebih jelasnya, maka kita bisa melihat spesifikasinya secara lengkap seperti yang ada di sini, sebagai berikut:

                                           Spesifikasi Smartphone Oppo R7s             

Kartu Sim                                                               Dual Sim
Ukuran (P x L x T)                                                  151.8 x 75.4 x 7 mm
Berat                                                                       155 g
Tipe Layar                                                              AMOLED capacitive touchscreen,
                                                                                16M colors
Ukuran Layar                                                         5.5 inches, 1080 x 1920 pixels
                                                                                (~401  ppi pixel density) +
                                                                                Corning Gorilla Glass 3
Memori                                                                   Internal  32 GB, microSD, up to
                                                                                128 GB (uses SIM 2 slot)
Ram                                                                        4 GB
Sistem Operasi                                                     Android OS, v5.1 (Lollipop)
Processor                                                              Qualcomm MSM8939 Snapdragon
                                                                                615, Quad-core 1.5 GHz
                                                                                Cortex-A53 & quad-core 1.0
                                                                                GHz Cortex-A53
GPU                                                                        Adreno 405
Kecepatan Internet                                               HSPA, LTE Cat4 150/50 Mbps
Konektivitas                                                          Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, WiFi
                                                                               Direct, hotspot, Bluetooth
                                                                               v4.0,  Port microUSB v2.0,
                                                                               USB Host
Navigasi                                                                A-GPS, GLONASS
Kamera Belakang                                                13 MP, 4128 x 3096 pixels, phase
                                                                               detection autofocus, LED
                                                                               flash, Video 1080p@30fps
Kamera Depan                                                    8 MP
Baterai                                                                  Non-removable Li-Po 4.100 mAh
Fitur Andalan                                                        VOOC Flash Charging, Color OS
                                                                               2.1  
                                                                       

##  Alasan Mendapatkan OPPO R7s  ##

            Tentunya, setelah membaca dan memahami pembahasan tentang Smartphone Oppo R7s di atas, kita pun ingin memiliki HP Android tersebut. Ada 7 (tujuh) alasan yang mendasari kita untuk mendapatkan keunggulan yang dimiliki oleh HP Android Oppo R7s tersebut, yaitu:
1.    Desain bodi tipis dengan balutan material full metal yang terlihat premium akan memberikan kesan mewah.
2.    Dilengkapi dual SIM dan mendukung konektivitas jaringan 4G LTE  serta terdapat fasilitas bluetooth v4.0 A2DP yang membuat kita tidak perlu khawatir dalam melakukan surfing internet.
3.    Menggunakan teknologi layar HD AMOLED Capacitive touchscreen dan memiliki layar berteknologi 2.5D dengan bentang 5.5 inci dan resolusi Full HD 1920 x 1080 pixels 410 ppi dan dilengkapi proteksi layar Corning Gorilla Glass 3 yang membuat layar tidak ga,mpang retak alias pecah.
4.    Kamera 13 MP dan 8 MP sangat menakjubkan untuk menangkap objek dan berfoto selfi ria.
5.    Dibekali dapur pacu Ram 4GB serta CPU Octa Core 64 Bit, Chipset Qualcomm Snapdragon 615 dan Processor Octa-core 1,5 GHz,  OS Android Lollipop v5.1 dan Gpu Adreno 405 serta sistem navigasi A-GPS dan GLONNAS. Dapur pacu tersebut membuat HP Android memiliki performa tinggi dalam setiap menggunakan aplikasi yang ada. 
6.    Memori internal 32 GB dan slot memori eksternal 128 GB membuat kemudahan kita dalam menyimpan berbagai file.
7.    Baterai besar 4100 mAh dan dilengkapi fitur pengisian baterai cepat sangat membantu untuk mensuplai daya berbagai fitur selama seharian. 

            Agar lebih top markotop dan percaya diri kita untuk menggunakan Oppo R7s, maka kita bisa melihat tayangan spesifikasi Smartphone tersebut di link berikut:



dan bisa lihat di link berikut:



            Seperti peribahasa bilang, “tak ada gading yang tak retak”, Smartphone Oppo R7s juga masih memiliki kekurangan, seperti:
1.    Baterai masih bersifat non-removable (tidak bisa dilepas).
2.    Slort kartu sim 2 dan microSD ditempatkan pada satu tempat yang sama.
3.    Tidak ada sensor sidik jari.
Tetapi, perlu diingat bahwa kekurangan tersebut tidak mengurangi performa kelas tinggi yang diusung oleh Smartphone Oppo R7s seperti yang telah diulas di sini. Yuk, kita berburu smartphone Oppo R7s ….


Referensi:


Tag:


http://bit.ly/R7sBlogContest

2 comments for "OPPO R7s, Smartphone Android dengan Performa Kelas Tinggi "

daeng faiz December 26, 2015 at 9:08 PM Delete Comment
Wah reviewnya sangat sistematis, good job.

Kunjungi blog ku jg yah di sini

CASMUDI December 27, 2015 at 10:44 AM Delete Comment
Terima kasih mas Khairul Faiz telah mampir di artikelku. Siap meluncur.