Monday, November 14, 2016

Acer Switch Alpha 12



Acer Switch Alpha 12, Notebook 2-in-1 dengan 
Prosesor Intel Core dan Tanpa Kipas
Pertama di Dunia  


 Acer Switch Alpha 12 siap menggebrak pasar Indonesia
(Sumber: www.gadgetplus.id)


Persaingan perangkat teknologi yang dilipat (laptop) kian seru. Berbagai perusahaan di dunia melakukan terobosan untuk mengeluarkan produk terbarunya yang bisa diterima oleh pasar. Berbagai fitur menarik pun dibenamkan pada perangkat teknologi tersebut. Trik dan strategi pemasaran pun ditebarkan untuk menggaet hati konsumen dan menjatuhkan pilihannya. 
Tidak ketinggalan dengan perusahaan ACER yang mengeluarkan produk terbarunya, Acer Switch Alpha 12. Sebuah produk notebook terbaru yang menarik decak kagum konsumen. Fitur-fitur teknologi terkini menjadi daya tarik konsumen untuk memilikinya. Produk tersebut pertama kali diperkenalkan dalam sebuah acara di New York, Amerika Serikat, April 2015. Selanjutnya, Acer Switch Alpha 12 kini mulai masuk ke pasaran Indonesia. Dan, Indonesia merupakan pangsa pasar yang mengiurkan untuk mengenalkan produk terbarunya.
Selama ini, konsumen dimanjakan dengan perangkat teknologi berbentuk tablet yang mudah diakses dengan layar sentuh. Namun, kadangkala konsumen juga menginginkan pengoperasiannya seperti notebook/laptop yang tidak merepotkan aktifitasnya. Itulah sebabnya, Acer Indonesia jeli membaca pasar yang sedang ngetrend, di mana notebook/laptop bisa berubah wujud menjadi sebuah tablet yang mudah diakses dengan layar sentuh dan dibawa ke mana-mana.
Tren inilah yang memicu dikeluarkannya produk Notebook 2-in1 alias Notebook Hybrid. khususnya di Indonesia. Apalagi, pasar notebook 2-in-1 sangatlah menjanjikan. Kondisi inilah yang membuat banyak vendor untuk terjun mengeluarkan produk notebook 2-in-1. Namun, untuk kelas premium, kelihatannya produk Acer akan memberikan tantangan berdarah-darah bagi para kompetitor.
Acer Switch Alpha 12 menjadi saingan berat kompetitor lainnya. Apalagi, menurut Herbet Ang, President Director Acer Indonesia yang menyatakan, Acer Indonesia dengan bangga meluncurkan rangkaian produk-produk terbarunya dari beragam kategori untuk semua kebutuhan pasar di Indonesia. Hal ini semakin menegaskan bahwa Acer ingin terus melanjutkan agresivitas di pasar Indonesia dengan inovasi teknologi yang variatif sesuai apa yang dibutuhkan oleh para konsumen”.

Kecanggihan Acer Switch Alpha 12
Lantas, apa yang menarik konsumen untuk memiliki Notebook 2-in-1 Acer Switch Alpha 12 tersebut?. Dari segi desain, notebook tersebut  berdesain tipis, ringan, dan fleksibel dengan berbagai keunggulan. Dengan inovasi terbaru dari Acer Switch Alpha 12, maka konsumen akan kepincut untuk memilikinya. Acer Swtich Alpha 12 dirancang fleksibel yang dapat berubah sesuai kebutuhan, baik bisa menjadi laptop atau hanya sekadar tablet. Di mana, struktur utamanya sudah terdiri dari tablet, kickstand, dan keyboard docking.
Kickstand ini bisa digunakan sebagai penyangga ketika perangkat ini dioperasikan sebagai laptop yang terdapat pada tabletnya.  Sudut kickstand yang tertempel di tablet tersebut bisa dimiringkan hingga 165 derajat dan mudah dilipat. Ketika kita membuka bagian kickstand tersebut kita akan melihat slot micro-SD yang tertutup sebelumnya. Benar-benar fleksibel, kita bisa menggunakannya dalam bentuk tablet atau laptop.  Apalagi, jika dilakukan untuk berbagai presentasi. Sangat ciamik!

 Bagian kickstand yang menyembunyikan slot micro-SD (Sumber: Kompas.com)


 Kickstand dilihat dari belakang (Sumber: www.trustedreviews.com)



Kickstand dilihat dari samping (Sumber: www.trustedreviews.com)

Saat Acer Switch Alpha 12 kita pakai dalam bentuk tablet atau laptop, maka kedua bagian perangkat tersebut terhubung dengan adanya engsel magnetik. Engsel magnetik inilah yang membuat Acer Switch Alpha 12 bisa dilepas-pasang. Keyboard docking yang menempel dengan engsel magnetik tersebut bisa dilipat seperti aksesori cover pada perangkat tablet. Ini, sangat pas sekali ketika saya bawa melakukan travelling untuk menjadi bahan tulisan. Ketika, saya mengamati sebuah fenomena atau keindahan alam bisa langsung dituangkan dalam tulisan saat itu juga. Ketik praktis pakai tabletnya atau dengan memakai kickstand. Perangkat ini bisa beralih rupa, menjadi tablet atau notebook. Suka-suka kita, #SwitchableMe! Begitu mudah!

Keyboard yang bisa dilepas-pasang dengan mudah (kiri). Stylus Pen digunakan untuk menulis dan menggambar di layar. Aksesori pena penunjuk ini bisa disimpan di sabuk karet kecil di samping keyboard saat sedang tidak dipakai (Sumber: Kompas.com)

Menariknya, keyboard memiliki tombol-tombol full-size dan fitur backlight untuk membantu pengetikan di kondisi kurang cahaya. Jangan khawatir, keyboard docking yang terkoneksi melalui engsel magnetik memungkinkan perangkat ini untuk dikonversikan menjadi laptop atau tablet lebih mudah. Docking keyboard pada  Acer Switch Alpha 12 dibuat jadi ketika dilipat sangat nyaman dibawanya.

  

Unit keyboard memiliki tombol-tombol full-size dan touchpad di bagian bawah (Sumber: Kompas.com)

Keunggulan yang Memukau
Lalu, apa yang menjadi keunggulan dari Acer Switch Alpha 12 ini? Kemajuan teknologi yang belum ada di produk notebook lainnya adalah Acer Switch Alpha 12 tidak menggunakan kipas pendingin (fanless). Lho, apakah tidak terjadi overheating? Menurut Dimas Setyo, Presales Manager Product Acer Indonesia, menjelaskan bahwa notebook hybrid tersebut telah didukung dengan sistem pendingin yang berupa “cairan ajaib”  atau liquid cooling yang bebas debu dan bising. Dengan adanya cip prosesor tanpa kipas yang menjadikan fitur unggulan produk Acer tersebut. Bahkan, Notebook tersebut diklaim sebagai laptop 2-in-1 dengan sistem pendingin tanpa kipas pertama di dunia.
Dengan mengadopsi teknologi LiquidLoop menjadikan Acer Switch Alpha 12 mempunyai sistem pendingin yang bisa menstabilkan suhu mesin laptop tanpa kipas. Penggunaan cairan pendingin tersebut tidak menimbulkan suara bising sehingga pengguna bisa nyaman tanpa diganggu suara mesin laptop. Tanpa fitur kipas membuat Acer Switch Alpha 12 tidak memerlukan ventilasi.
Keuntungan tanpa kipas adalah notebook tersebut menjadi bebas debu karena tidak ada sirkulasi udara yang keluar masuk. Sirkulasi inilah yang biasanya menjadi penyebab debu bisa menempel pada mesin laptop. Selanjutnya, nihilnya debu pada notebook menyebabkan efisiensi energi. Karena, jika notebook tertutup debu dapat membuat sistem menjadi kelebihan panas dan rusak.

 Tanpa kipas, membuat Acer Switch Alpha 12 tidak mudah overheating dan tidak terpapar debu (Sumber: www.acerid.com)

Produk Acer tersebut telah menanamkan spesifikasi kelas atas pada perangkat berdimensi 292,1 x 201 x 15 mm dan bobot 1,25 kg ini. Acer Switch Alpha 12 memiliki ketebalan 15,85 mm. Namun jika dihitung dari berat tablet saja, produk ini  hanya memiliki ketebalan 9,5 mm dan berat 900 gram.



Dimas Setyo, Presales Manager Product Acer Indonesia
(Sumber: Liputan6.com)

Acer Switch Alpha 12 diluncurkan dalam 2 varian yang disesuaikan dengan prosesor yang ada di dalamnya. Prosesor yang dibenamkan benar-benar kelas atas, yaitu:  prosesor Intel Core i5 dan i7. Dan, sistem operasinya sudah berjalan dengan OS Windows 10. Menurut Diyanah, Head of Consumer Product Acer Indonesia, mengungkapkan bahwa kedua versi Acer Switch Alpha 12 tersebut memiliki spesifikasi berbeda.
Untuk Acer Switch Alpha 12 edisi prosesor i5 memiliki RAM 4GB dan memori internal 256 GB SSD. Sedangkan, untuk Acer Switch Alpha 12 dengan prosesor Intel Core i7 menggunakan RAM 8GB dan memori internal 512 GB SSD. Dan, sebagai informasi bahwa kolaborasi antara prosesor Intel Core i dan sistem pendingin LiquidLoop menjadikan laptop ini sebagai laptop 2-in-1 dengan sistem pendingin tanpa kipas terkuat di dunia.

 Bapak Dimas Setyo, Presales Manager Product Acer Indonesia dan Ibu Diyanah, Head of Consumer Product Acer Indonesia (Sumber: gadgetplus.id)

Jika melihat dari ukuran layar yang berukuran 12 inci dengan panel teknologi IPS (In Plane Switching) dan resolusi QHD (Quarter High Definition) multi touch beresolusi 2160 x 1440 piksel maka layar telihat luas. Apalagi layar tersebut telah didukung mode pengoperasian layar sentuh. Display sebesar 12 inci tersebut serasa memiliki area pandang yang lebih luas sehingga cocok dipakai untuk bekerja dengan spreadsheet.
Saya pribadi kalau sudah di depan layar laptop suka berlama-lama karena mengerjakan tugas tulisan atau blog. Apalagi, jika dikejar deadline maka tugas tersebut harus kelar sebelum waktu deadline tiba. Namun, kadangkala pancaran sinar dari laptop membuat mata saya agak sakit dan kering. Sepertinya radiasi cahaya dari laptop sangat berpengaruh terhadap kesehatan mata.
Namun, kehadiran Acer Switch Alpha 12 bisa membantu bagi pengguna yang suka berlama-lama memandangi layar perangkat yang dilipat. Untungnya, produk Acer tersebut telah dilengkapi dengan fitur Acer BlueLight Shield. Teknologi ini sangat bermanfaat untuk melindungi mata pengguna dari emisi cahaya biru dari layar laptop yang merupakan penyebab mata lelah dan kering. Sehingga, kita bisa tenang berlama-lama di depan laptop.



Layar yang tidak membuat mata sakit (Sumber: www.acerid.com)


Masalah konektivitas yang ada di Acer Switch Alpha 12, vendor Acer
telah melengkapinya dengan beberapa fitur konektivitas berupa 802.11 AC dan Bluetooth v4. Produk ini juga telah melengkapi perangkatnya dengan standar USB terbaru, USB 3.1 Type-C. Perlu diketahui bahwa jika dibandingkan dengan versi sebelumnya, maka USB 3.1 Type C memiliki beberapa kelebihan di antaranya USB memiliki port bolak balik yang praktis dan tidak ribet. Jika kita ingin transfer data, kita tidak perlu membutuhkan waktu agak lama. Namun, transfer data semakin cepat karena mencapai 5 Gbps.

 USB yang memiliki port bolak-balik jadi lebih praktis
(Sumber: www.acerid.com)



USB Port menjadi lebih mudah karena posisinya bolak-balik
(Sumber: www.trustedreviews.com)

Saya sering sekali membawa laptop ke luar rumah, karena tugas-tugas menulis agar dapat dilakukan di mana saja. Namun, hasil kerja bisa membuat mata mengkerut. Ketika hasil ketikan belum sempat tersimpan, sementara daya tahan baterai habis secara mendadak dan tanpa terkontrol maka pekerjaan yang telah dilakukan terasa sia-sia. Padahal baru sekitar satu jam dipakai. Apalagi, jika baterainya sering ngedrop. Waduh!
Kehadiran Acer Switch Alpha 12 telah dilengkapi baterai berkapasitas 4.870mAh. Kapasitas tersebut  diklaim bisa bertahan hingga 8 jam. Wow! Waktu yang sangat cukup untuk mengerjakan berbagai proyek menulis atau tugas-tugas lainnya. Apalagi, yang suka melihat film, maka waktu 8 jam bisa menghabiskan kurang lebih 5 film Full HD secara nonstop.
Fasilitas lain yang bisa kita dapatkan ketika menggunakan Acer Switch Alpha 12 adalah dilengkapinya Stylus Pen (256 tingkat kekuatan tekanan) yang terletak menempel dan terikat di samping keyboard. Bukan hanya untuk menulis dan menggambar di permukaan layar sentuh, tetapi Stylus Pen juga bisa berfungsi untuk mendeteksi sensor tekanan pada layar secara lebih presisi.  

Aksesori stylus pen milik Acer Switch Alpha 12 berukuran besar mirip ballpoint sungguhan (Sumber: Kompas.com)

Ngomong-ngomong, berapa sih harga notebook ketika diluncurkan di pasaran? Kata pepatah, “ada rupa ada harga”. Kualitas premium tentu berbeda dengan harga produk lainnya.  Seperti telah diuraikan di atas bahwa Acer Switch Alpha 12 mempunyai dua varian berbeda tergantung dengan prosesornya.
Untuk varian yang menggunakan prosesor Intel Core i5 6200U dengan memory RAM 4 GB dan storage SSD 256 GB dibanderol dengan harga Rp. 13.799.000,-. Sedangkan, varian yang  menggunakan prosesor Intel Core i7 6500U dengan memory RAM 8GB dan storage SSD 512 GB dibanderol dengan harga Rp.19.999.000,-. Kita bisa membelinya secara offline atau online melalui Blibli.com.
Adapun spesifikasi Acer Switch Alpha 12 secara lengkap, kita bisa melihat penjelasan di bawah ini:

Spesifikasi

Tipe Prosesor                           Intel Core i5 6200U
Intel Core i7 6500U

Memori Standar                        RAM 4 GB
RAM 8 GB
Tipe Grafis                              Intel HD graphics 520
Ukuran Layar                          12 Inch
Resolusi Layar                         2160 x 1440 Piksel
Tipe Layar                               LED-backligt TFT LCD with 
                                                integrated 10-finger touch

Audio                                        Terintegrasi
Speaker                                   Terintegrasi
Kapasitas Penyimpanan         256 GB SSD
512 GB SSD
Networking                              Terintegrasi
Wireless Network Type            Terintegrasi
Wireless Network Protocol        Wifi 802.11a/b/g/n/ac

Wireless Bluetooth                   Terintegrasi
Keyboard                                 Keyboard Standar
Ragam Input                           
Device                                      Touchpad
Card Reader Provided              Micro SD card reader

Antarmuka/Interface               1x USB 3.1
1x USB 3.0

Sistem Operasi                      Microsoft Windows 10
Daya Tahan Baterai                 Hingga 8 jam

Dimensi (PTL)                
Dimensi Kemasan                   0,16″ x 11,5″ x 7,9″
Berat                                       1,25 Kg

Lain-lain    
Camera                                    Depan         : 2 MP
Belakang    : 5 MP


Jika, ingin tahu lebih jelas tentang Acer Switch Alpha 12, kita bisa melihat tayangan video dalam dua edisi, fitur keunggulan dan tutorial dalam bahasa Inggris berikut ini. Tayangan video yang pertama adalah berubah fitur keunggulannya dan tayangan kedua berupa tutorial edisi Bahasa Inggris. 

Acer | Switch Alpha 12 Detachable PC (Sumber: Acer)


Acer Switch Alpha 12 2-in-1 Windows tablet review (Sumber: Liliputing)

Sekarang, bagaimana pendapat anda? Anda ingin memilikinya?


Referensi:
Dr. Acer. 2016. 22 Juli. Switch Alpha 12: Notebook Hybrid Intel Core Pertama Tanpa Kipas. Diambil dari http://www.acerid.com/2016/07/switch-alpha-12-notebook-intel-core-pertama-tanpa-kipas/
Radityo. 2016. 18 Oktober. Harga dan Spesifikasi Acer Switch Alpha 12 di Indonesia. Diambil dari https://ngonoo.com/2016/10/183323/harga-dan-spesifikasi-acer-switch-alpha-12-di-indonesia/
Raflein, Adytia. 2016. 13 Agustus. Acer Switch Alpha 12 Resmi Hadir di Indonesia, Berapa Harganya?. Diambil dari http://gadgetplus.id/acer-switch-alpha-12-resmi-hadir-di-indonesia-berapa-harganya/
Reza, Jeko Iqbal. 2016. 11 Agustus. Menjajal Acer Switch Alpha 12, Laptop dengan 'Cairan Ajaib'. Diambil dari http://tekno.liputan6.com/read/2575068/menjajal-acer-switch-alpha-12-laptop-dengan-cairan-ajaib
Yuliastuti,  Desy. 2016. 23 Juni. Acer Switch Alpha 12, Notebook Sekaligus Tablet Tipis dan Fleksibel Tanpa Kipas. Diambil dari https://gadgetren.com/2016/06/23/acer-switch-alpha-12-harga-spesifikasi-tanpa-kipas/
Yusuf, Oik. 2016. 14 Agustus. Lebih Dekat dengan "Laptop Tanpa Kipas" Acer Switch Alpha 12. Diambil dari http://tekno.kompas.com/read/2016/08/14/20050017/Lebih.Dekat.dengan.Laptop.Tanpa.Kipas.Acer.Switch.Alpha.12


http://www.acerid.com/switchableme/

No comments:

Post a Comment