Sunday, November 20, 2016

UberTRIP, Dari Dunia Untuk Bali



Kini, Aplikasi Uber Meluncurkan
Produk UberTRIP di Bali



Uber, hadir dari sebuah aplikasi yang berbasis digital 



Kemajuan dunia digital sudah tiddak bisa dibendung lagi. Dan, kini dunia digital menjadi lahan empuk untuk berbisnis. Banyak bermunculan usaha-usaha yang berbasis online dengan memanfaatkan kemajuan dunia digital. Dampaknya pun dimanfaatkan dengan baik untuk mengembangkan berbagai aplikasi yang bisa bermanfaat bagi masyarakat.
Kondisi transportasi publik hingga kini masih jauh dari kata layak. Oleh sebab itu, memanfaatkan dunia digital untuk mengurangi karut-marut dunia transportasi adalah sebuah solusi yang brilian. Kondisi inilah yang merangsang berbagai aplikasi yang muncul di Indonesia untuk menggerakan sebuah model transportasi yang bisa memanjakan masyarakat.
Sebuah permintaan (demand) dalam dunia transportasi yang aman, nyaman dan murah dimanfaatkan betul oleh sebuah pencipta aplikasi untuk mengumpulkan demand tersebut dan selanjutnya diolah sebaik mungkin dalam mengembangkan sebuah aplikasi digital. Oleh sebab itu, aplikasi UBER merupakan salah satu aplikasi digital yang diciptakan untuk mengumpulkan demand dan mengolahnya sebagai lahan bisnis yang prospektif. Karena, model transportasi yang bisa diandalkan masyarakat adalah sebuah keniscayaan.
Aplikasi Uber telah diterapkan di 4 kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Surabaya, Medan dan pulau Bali. Saya meyakini bahwa Uber akan bergerilya untuk melebarkan sayapnya agar aplikasi tersebut bisa diterapkan di seluruh Indonesia. Bukan hanya melebarkan sayap dari segi jangkauan wilayah, tetapi Uber Indonesia kini meluncurkan produk terbarunya khusus di pulau Dewata.
Untuk memperluas pemahaman masyarakat tentang seluk-beluk aplikasi Uber dan produk barunya, Uber Indonesia menggandeng para blogger dan media untuk berbagi informasi tentang kinerja Uber. Program tersebut diadakan di hotel Zia Seminyak Bali. Uber Indonesia menghadirkan narasumber, di antaranya Marketing Manager Uber mas Gia Adhika dan Operational Manager Uber wilayah Surabaya dan Bali mas Wellen.

  

Mas Gia Adhika, Marketing Manager Uber Indonesia sedang 
berbagi informasi tentang aplikasi Uber 



Para blogger sedang serius menyimak masukan 
dari narasumber

Mengolah Permintaan
Seperti dibahas sebelumnya bahwa Uber Indonesia bukanlah perusahaan transportasi (baca: taksi). Tetapi, Uber merupakan sebuah aplikasi yang memanfaatkan dunia digital untuk mengolah demand (permintaan) masyarakat tentang transportasi yang aman, nyaman dan murah. Persepsi masyarakat yang selama ini menyatakan bahwa Uber merupakan perusahaan taksi memang perlu diluruskan. Karena, armada Uber yang digunakan bukanlah milik Uber Indonesia.
Perlu diketahui bahwa aplikasi Uber bisa dipakai di 4 (empat) kota di Indonesia, 500 (lima ratus) kota di dunia dan 70 (tujuh puluh) negara di seluruh dunia. Hal yang mendasari perkembangan aplikasi begitu mewabah bak cendawan di musim hujan karena mempunyai keunggulan dalam networking atau jaringan.  
Sedangkan, di Indonesia sendiri bahwa aplikasi Uber telah  beroperasi sejak 2 tahun lalu. Sementara, di pulau Bali aplikasi Uber telah hadir sejak bulan Maret 2015. Oleh sebab itu, wilayah operasional aplikasi Uber dengan menggandeng para driver (mitra perusahaan) untuk menciptakan model transportasi yang diinginkan masyarakat hingga detik ini mencakup 4 kota yaitu: Jakarta, Surabaya, Medan dan Bali. Konsep aplikasi Uber pun begitu mudah diterapkan masyarakat dengan memanfaatkan dunia digital, yaitu: tekan tombol dan dapatkan perjalanan bersama Uber (Push a button and travel with Uber).


 Tekan tombol dan dapatkan perjalanan bersama Uber

Bahkan, misi yang diemban menurut sang pendiri Uber Mr. Travis adalah: menciptakan transportasi semudah air mengalir. Filosofi yang mengena buat masyarakat Indonesia, bukan? Mengapa? Karena, selama ini dunia transportasi kita begitu semrawut karena manajemen transportasi yang belum bisa memenuhi keinginan masyarakat.
Produk Uber yang telah dikembangkan di antaranya: 1) UberX; 2) UberPOOL: 3) UberMOTOR; dan 4) UberBLACK. Salah satu dari jenis produk tersebut adalah menggunakan kendaraan sepeda motor, yaitu: UberMOTOR. Yang lainnya menggunakan kendaraan roda empat.  


 Produk dari aplikasi Uber

Jika masyarakat pernah memanfaatkan aplikasi Uber dan menggunakan jasa UberMOTOR, transportasi berbasis aplikasi ini bisa kita gunakan sebagai solusi alternatif. Apalagi, karena kebutuhan akan transportasi di Bali yang semakin meningkat maka UberMOTOR telah dioperasikan di pulau Bali sejak Oktober 2016.
Biaya yang dikeluarkan dengan menggunakan jasa Uber pun sangat terjangkau, yaitu: biaya minimal sebesar 3000 ribu. Biaya per km dikenakan hanya 1500 rupiah. Sedangkan, jika kita melakukan cancel (pembatalan) pemesanan jika sudah deal akan dikenakan biaya pembatalan sebesar 3000 rupiah.



Uber yang hadir dengan kecepatan mobilsasi dan 
harga yang sangat terjangkau


Untuk produk UberPOOL telah hadir di Asia Tenggara khususnya di Kota Jakarta Indonesia mempunyai tujuan yang patut diacungi jempol. UberPOOL  hadir dengan tujuan untuk mengurangi pengunaan kendaraan pribadi yang semakin meningkat. Dengan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi akhirnya dapat mengurangi dampak lingkungan atau pencemaran udara yang dikeluarkan dari hasil polusi bahan bakar.
Kemudahannya, UberPOOL dapat diisi dengan maksimal 3 orang. Cara kerja produk dari aplikasi Uber ini adalah dengan mengumpulkan demand (permintaan) dengan jalur tujuan yang sama. Jika A, B dan C ingin ke sebuah tujuan X, maka aplikasi akan memberikan informasi bahwa A, B dan C akan melewati jalur yang sama yang dilewati oleh mitra perusahaan.
Dengan kata lain, UberPOOL akan bekerja seperti menjemput pengguna jasa satu persatu dan diantarkan ke tujuan dengan melewati satu jalur. Membaca dari aplikasi tersebut memberikan dampak tidak terlalu membutuhkan banyak kendaraan untuk melewati pada jalur yang berdekatan atau sama. Ini sebuah penerapan aplikasi yang bisa mengurangi dampak lingkungan karena penggunaan kendaraan pribadi.

Dari Dunia untuk Bali
Tidak ada yang meragukan lagi bahwa pulau Bali merupakan tujuan wisata dunia. Keanekaragaman wisatawan membutuhkan alat mobilisasi untuk mengunjungi berbagai tempat wisata yang menarik menurut keinginan mereka. Wisatawan mancanegara yang didominasi oleh Australia, Amerika, Eropa dan negara lainnya di Asia dan Afrika tentunya mempunyai kepentingan wisata yang berbeda-beda.


 Wisatawan mancanegara dari 71 negara di dunia 
mengunjungi pulau Bali

Bukan hanya itu, pulau Bali yang hampir dikunjungi oleh wisatawan dari 71 negara di dunia dengan menggunakan jasa aplikasi Uber merupakan peluang besar untuk mengembangkan produk UberTRIP. Dan, faktanya bahwa wisatawan yang datang ke Bali menggunakan mobil carteran atau paketan dari hotel tempat mereka menginap. Banyak juga, wisatawan yang menggunakan jasa aplikasi UberX untuk melakukan kunjungan wisata. Tentunya, jasa Uber tersebut digunakan untuk menjangkau semua tempat wisata yang diinginkan wisatawan.  
Yang menarik adalah penggunaan jasa UberX tersebut secara mayoritas bukan digunakan untuk transportasi atau mempercepat sampai ke tujuan tertentu tetapi digunakan untuk mengunjungi beberapa tempat wisata atau jalan-jalan yang durasi waktunya bisa berjam-jam. Dari hasil proses mengumpulkan demand wisatawan tersebut, Uber Indonesia menggagas produk baru khusus untuk pulau Bali yang bernama UberTRIP.  


 Uber Trip hadir khusus pulau Bali 

Senada dengan pernyataan dari Operasional Manager Uber Indonesia untuk kawasan Surabaya dan Bali menyatakan bahwa UberTRIP hadir di dunia khusus dioperasikan di pulau Dewata. Hebat bukan? Secara tidak langsung bahwa kehadiran produk UberTRIP sebagai implementasi dari aplikasi Uber memberikan kontribusi untuk meningkatkan citra pariwisata Bali di dunia internasional.



Saya bersama Operational Manager Uber wilayah Surabaya 
dan Bali mas Wellen, juga PR Uber Indonesia mbak Novi


UberTRIP bisa dipakai minimal selama 5 hingga 10 jam untuk melakukan wisata alias jalan-jalan dengan biaya kurang lebih 300 ribu per 5 jamnya. Jika ada pertambahan waktu maka ditambah 1000 rupiah per menit. Sedangkan, biaya pembatalan untuk sementara belum dikenakan oleh Uber Indonesia. Sedangkan, jika pengguna jasa Uber ingin menjadwalkan waktu perjalanan untuk 30 hari ke depan, maka bisa menggunakan fitur Schedule Rate.

 

UberTRIP hadir untuk melayani perjalanan dengan 
durasi 5 hingga 10 jam



Peluang Penghasilan
Kita memahami bahwa akselerasi bisnis melalui aplikasi Uber melesat jauh. Kondisi inilah yang belum mampu diterima dan diimbangi dengan semangat kompetisi sehat oleh perusahaan lainnya yang bersifat konvensional. Dan, manajemen Uber memahami betul fenomena tersebut. Namun, ada kalimat yang menarik dari manajemen Uber Indonesia yang disampaikan oleh Marketing Manager Mas Gia Adhika.
Uber hadir di Indonesia, khususnya di pulau Bali mempunyai tujuan yang baik yaitu: berusaha untuk  membantu mobilitas masyarakat Bali agar lebih nyaman dalam perjalanan. Dan, manajer Uber Indonesia khusus wilayah Bali mbak Karina memberikan pandangan bahwa Uber hadir di Bali bukan merupakan ancaman bagi perusahaan taksi yang masih bersifat konvensional. Justru, Uber hadir untuk memberikan solusi perjalanan masyarakat Bali agar lebih profesional. Dan tentunya berbiaya murah untuk semua kalangan masyarakat. 


 Mbak Karina, manajemen Uber Indonesia wilayah Bali

Bukan hanya itu, Uber juga memberikan peluang kepada mitra perusahaan atau driver yang ingin bergabung guna meningkatkan penghasilan. Bahkan dengan platform yang ditawarkan oleh Uber Indonesia memberikan pertanda bahwa manajemen Uber Indonesia berusaha untuk meningkatkan pariwisata Bali di mata dunia.
Sedangkan, untuk menjadi mitra perusahaan atau driver produk terbaru UberTRIP sangatlah mudah. Salah satunya, driver tersebut pernah menjadi driver UberX yang mempunyai predikat bagus dan mempunyai rating bintang 4,5 ke atas. Yang menjadi daya tarik untuk para driver Uber adalah manajemen Uber tidak melarang jika driver Uber menjadi driver di perusahaan aplikasi sejenisnya.
Uber Indonesia juga ingin menciptakan mitra prusahaan yang bekerja secara profesional demi kenyamanan pengguna jasa aplikasi Uber tersebut. Hal yang menarik adalah masalah tips yang diberikan oleh pengguna jasa untuk driver. Masalah tips dari pengguna jasa Uber yang dinyatakan oleh Mbak Novi selaku Public Relation (PR)  Uber Indonesia tidak diwajibkan tetapi untuk pembayaran tol dan parkir ditanggung oleh pengguna jasa.  
Hal lainnya yang patut disimak adalah kehadiran jasa aplikasi Uber merupakan ancaman serius bagi perusahaan transportasi lainnya, khususnya yang masih bersifat konvensional. Namun, manajemen Uber Indonesia menyadari betul bahwa kompetitor Uber bukanlah perusahaan aplikasi sejenisnya atau konvensional tetapi perusahaan berkompetisi dengan kepemilikan kendaraan pribadi demi mengurangi dampak lingkungan.


 Foto bersama manajemen Uber Indonesia dan para 
blogger serta media

Untuk lebih jelas tentang mitra perusahaan Uber, kita bisa melihat tayangan video berikut ini. 


Uber Driver Partner (Sumber: Uber Indonesia)

Jika ingin berinteraksi dengan Uber Indonesia, silahkan kunjungi website dan akun sosial media (medsos) Uber Indonesia di sini
Facebook: Uber Indonesia.
Twitter: Uber_IDN.
Instagram: uber_idn.


NB. Semua ilustrasi adalah dokumen pribadi






2 comments: