Friday, January 13, 2017

Hidup Sehat



Hidup Sehat Itu Mudah Kok!


 Biar nggak “kurang piknik”, tamasya dulu agar badan sehat
(Sumber: dokumen pribadi)


Ada pepatah dalam hidup sehat, Mensana in corpore sano. Di dalam badan yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Begitulah adanya, bahwa dengan mempunyai badan yang sehat kita mempunyai jiwa yang kuat untuk melakukan hal-hal terbaik.
Namun, untuk menjadi badan sehat perlu dilakukan dengan kemauan yang tinggi. Kita memahami bahwa hidup sehat menjadi dambaan setiap orang. Berbagai cara pun dilakukan untuk membuat badan tetap sehat. Bukan hanya sehat, badan yang bugar membuat aktifitas yang kita lakukan sangat menyenangkan.
Banyak anggapan bahwa badan yang sehat ada pada badan yang kurus dan seksi. Tidak, badan yang sehat adalah kondisi badan yang terhindar dari berbagai macam penyakit. Dan, kondisi tersebut ada pada orang yang melakukan pola hidup sehat.
Berbagai cara yang dilakukan orang agar mendapatkan badan dalam kondisi sehat. Dari mengkonsumsi makanan yang sehat hingga rajin berolahraga. Tentunya, hal tersebut dilakukan demi mendapatkan badan yang sehat setiap hari.
Saya pun tidak ketinggalan seperti orang-orang di luaran sana. Saya mempunyai cara hidup sehat ala saya. Alhamdulillah, sampai detik ini dan mudah-mudahan jangan sampai terjadi, saya selalu diberi kesehatan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. Apa yang saya lakukan agar hidup tetap sehat?
1.   Memperbanyak tersenyum, bila perlu tertawalah. Hidup ini hanya sekali. Hidup yang saya jalani selalu dilakukan dengan santai “laksana air”. Mengalir saja. Saya memahami benar bahwa hidup sehat berawal dari pikiran. Beban apapun yang saya hadapi selalu dilakukan dengan senyum. Bahkan, saya berusaha untuk bisa tertawa setiap hari. Bagaimana caranya? Bisa mencari hiburan atau tontonan yang bisa menghibur dan membuat tertawa seperti komedi, kartun dan lain-lain.


 Jangan lupa tersenyum kalau dekat dengan cewek cantik. Apalagi, kalau ada yang lucu tertawalah sepuasnya. (Sumber: dokumen pribadi)

2.   Jangan sampai kurang tidur. Saya merasakan sekali jika kurang tidur membuat kondisi badan menjadi “drop” karena tekanan darah menjadi rendah. Kondisi tersebut saya ketahui ketika saya hendak melakukan donor darah. Jika kondisi badan  kurang tidur maka niat untuk donor darah menjadi gatot (gagal total). Karena tekanan darah di bawah normal (110).  Itulah sebabnya, saya berusaha untuk meningkatkan kualitas tidurnya agar badan lebih segar keesokan harinya. 
3.   Makan makanan yang sehat. Makan tidak harus yang mahal dan berkelas. Untuk menjadi badan yang sehat adalah perlunya mengkonsumsi makanan yang sehat. Saya berusaha untuk menghindari makanan “jeroan” dan mengurangi makanan berlemak. Tidak ketinggalan, saya juga rajin mengkonsumsi buah-buahan.


 Ini pisangku. Mana pisangmu? (Sumber: dokumen pribadi)

4.   Bertamasya alias piknik. Jangan sampai kita dianggap “kuper” alias kurang pergaulan karena kurang piknik. Ya, dengan bertamasya bisa membuat pikiran kita lebih santai dari hiruk-pikuk pekerjaan rutin. “Yuk, kita piknik  agar badan tidak tegang. Yuk, kita piknik agar badan jadi sehat”. Dalam setiap kesempatan, saya berusaha tamasya menjelajah setiap sudut pulau Bali. Saya juga berusaha untuk membawa anak saya agar bisa memahami tentang alam. Bukan hanya sehat yang didapat, tetapi bertambahnya rasa syukur atas ciptaan Tuhan menjadi kita lebih menikmati hidup.

 Bertamasya ke Danau Batur Kintamani Bali 
(Sumber: dokumen pribadi)



Tidak lupa, saya mengajak anak saya untuk bertamasya
(Sumber: dokumen pribadi)

5.   Berusaha menghindari minuman kopi. Kopi memang enak dengan sejuta rasa dan pesona. Dari kopi Bali hingga Aceh benar-benar menggoda. Apalagi, bagi para pencinta kopi “akut”, meninggalkan kebiasaan kopi laksana ditinggal pacar dan tidak pernah kembali. Tetapi, rasa nikmat yang ada di minuman kopi mengandung zat yang tidak cocok untuk tubuh seperti kafein dan lain-lain. Saya merasakan bahwa kopi bisa mengganggu kerja jantung dan menghambat saluran kencing. Oleh sebab itu, saya berusaha sebisa mungkin untuk menghindari dari kopi. Sebagai tandingannya, saya rajin minum air putih sesuai dengan takaran yang disyaratkan dalam kesehatan. 


Saya berusaha untuk menghindari kopi  
(Sumber: dokumen pribadi)

6.  Berolahraga dengan rajin. Saya tidak terbiasa datang ke tempat fitness. Cara olahraga yang bisa membuat badan sehat ala saya adalah berlari dan berenang. Bahkan, berenang merupakan olahraga kesukaan saya. Banyak anggapan orang bahwa dengan berenang bisa membuat olah pernafasan kita menjadi lebih kuat.

 Renang sudah lama menjadi hobi saya, membuat 
badan lebih sehat dan bugar (Sumber: dokumen pribadi)

Jadi, hidup sehat itu mudah kok. Mulailah dari sekarang, karena sehat adalah pilihan. Terlebih lagi, sehat itu tidak ada di toko-toko. Siapa yang mampu membuat badan kita sehat. Ya, kita sendiri. Anda senang sehat, hiduplah dengan sehat sejak dini.

Artikel ini juga tayang di sini.


No comments:

Post a Comment