Friday, September 6, 2013

Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Sinergitas Kelembagaan dalam Pengentasan Kemiskinan

Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Sinergitas Kelembagaan
 dalam Pengentasan Kemiskinan
Oleh: Casmudi

            Sejak masa reformasi bergulir, sistem perekonomian Indonesia tidak kunjung membaik. Akibatnya, daya beli masyarakat pun tetap rendah untuk pemenuhan kebutuhan ekonomi. Tingkat pengangguran menjadi tinggi karena imbas dari krisis ekonomi. Jika masalah ini didiamkan, angka kemiskinan akan terus bergerak  ke atas pada grafik perkembangan ekonomi. Sementara, perkembangan ekonomi yang bergerak menurun juga akan menyebabkan masalah kemiskinan masyarakat tidak akan pernah terselesaikan. Kita tahu bahwa kemiskinan merupakan hal yang paling mendesak untuk diatasi. Oleh karena itu, masalah kemiskinan perlu penanganan yang serius dan komprehensif dari semua pemangku kepentingan (stakeholders). Namun, sebagai pelopor utama adalah Pemerintah yang mempunyai kebijakan.
            Untuk mengatasi kemiskinan tersebut, Pemerintah  membuat berbagai program seperti Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI). Pelaksanaan program tersebut  yang paling mendesak adalah mengentaskan kemiskinan dalam upaya pemenuhan kebutuhan dasar warga negara secara layak, meningkatkan kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat miskin, penguatan kelembagaan sosial ekonomi masyarakat. Tindakan paling mendasar adalah strategi memberdayakan masyarakat untuk hidup mandiri atau membuka usaha yang mampu menyerap tenaga kerja. Salah satu peran Pemerintah dalam percepatan pengentasan kemiskinan, yaitu: membantu masyarakat dalam pengadaan modal usaha (pinjaman lunak) dengan suku bunga kecil dan jangka waktu pengembalian pinjaman bersifat tidak memberatkan.  Program tersebut adalah Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang akan diberlakukan seluruh Indonesia.         
            Dengan dikeluarkannya Inpres No. 6 tahun 2007 tanggal 8 Maret 2007 tentang Kebijakan Percepatan Sektor Riil dan Pemberdayaan UMKMK guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia dan MoU antara Departemen Teknis, Perbankan, dan Perusahaan Penjaminan yang ditandatangani pada tanggal 9 Oktober 2007, maka pelaksanaan program Kredit Usaha Rakyat (KUR) mempunyai landasan hukum yang  kuat. Akhirnya, Pemerintah meluncurkan program Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada tanggal 5 November 2007 secara resmi. Program ini merupakan keinginan Pemerintah untuk mendukung upaya pemberdayaan sektor riil dan Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Koperasi (UMKMK) serta sekaligus mengurangi jumlah masyarakat miskin,  penciptaan lapangan kerja melalui dukungan permodalan guna menunjang kegiatan ekonomi produktif masyarakat.  
            Kredit Usaha Rakyat (KUR) merupakan skema kredit (pembiayaan) modal kerja  atau investasi yang khusus diperuntukkan bagi Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Koperasi (UMKMK) di bidang usaha produktif yang usahanya layak (feasible) tetapi adanya keterbatasan dalam pemenuhan persyaratan yang ditetapkan perbankan (belum bankable). Bentuk Kredit Usaha Rakyat (KUR), seperti pemberian kredit (pembiayaan) dengan nilai di bawah 5 (lima) juta rupiah dengan pola penjaminan oleh Pemerintah dengan besarnya nilai penjaminan maksimal 70% dari plafon kredit yang diminta. Debitur (peminjam) Kredit Usaha Rakyat (KUR) dapat menikmati fasilitas KUR maksimal selama 3 tahun untuk modal kerja dan maksimal lima (5) tahun untuk investasi. Suku bunga pinjaman untuk usaha mikro maksimal sebesar atau setara 22% efektif per tahun dan suku bunga pinjaman ritel maksimal sebesar atau setara 14% efektif per tahun. Suku bunga yang ringan bagi masyarakat yang memulai usaha.
            Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) akan melibatkan tiga (3) lembaga penting yang bersinegi dan akan menjadi tolok ukur keberhasilan dalam pelaksanaanya. Pertama, Pemerintah, yaitu Bank Indonesia (BI) dan Departemen Teknis (Departemen Keuangan, Departemen Pertanian, Departemen Kehutanan, Departemen Kelautan dan Perikanan, Departemen Perindustrian, dan Kementerian Koperasi dan UKM). Pemerintah berfungsi membantu dan mendukung pelaksanaan pemberian berikut penjaminan kredit. Kedua, lembaga penjaminan yang berfungsi sebagai penjamin atas kredit dan pembiayaan yang disalurkan oleh perbankan. Ketiga, perbankan sebagai penerima jaminan berfungsi menyalurkan kredit kepada UMKM dan Koperasi. Sedangkan Kementerian Teknis mempunyai peranan penting dalam penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebagai berikut: 1. Mempersiapkan UMKMK yang melakukan usaha produktif yang bersifat individu, kelompok, atau kemitraan yang dapat dibiayai dengan Kredit Usaha Rakyat (KUR); 2. Menetapkan kebijakan dan prioritas bidang usaha yang akan menerima penjaminan Kredit Usaha Rakyat (KUR); 3. Melakukan pembinaan dan pendampingan UMKMK selama masa kredit (pembiayaan) atau ketika usulan kredit (pembiayaan) UMKMK ditolak oleh Bank Pelaksana; 4. Memfasilitasi hubungan antara UMKMK dengan pihak lainnya seperti perusahaan inti (offtaker) yang memberikan kontribusi dan dukungan untuk kelancaran usaha.
            Dalam penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR), Pemerintah menggandeng Bank Umum dan Bank Pemerintah Daerah (BPD) yang berada di seluruh Indonesia. Bank umum yang  bertindak sebagai penyalur yaitu: Bank BRI, Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BTN, Bank Syariah Mandiri dan Bank Bukopin. Sedangkan BPD penyalur antara lain: Bank Nagari, Bank DKI, Bank Jatim, Bank Jateng, BPD DIY, Bank Jabar Banten, Bank NTB, Bank Kalbar, Bank Kalteng, Bank Kalsel, Bank Sulut, Bank Maluku dan Bank Papua.
            Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) mendapat respon yang luar biasa dari masyarakat. Hal ini berakibat baik pada peran maksimal Bank Pelaksana. Secara keseluruhan, nilai Non Performing Loan (NPL) penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) oleh Bank Pelaksana ini masih dibawah 5% yaitu sebesar 4,1%. Bank BNI merupakan Bank Pelaksana dengan nilai NPL terbesar dalam penyaluran KUR yaitu sebesar 10,1% dan BRI Mikro dengan NPL terkecil yaitu 1,8%. Total keseluruhan Realisasi dan NPL Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bank Nasional (31 Mei 2013) sebesar  104,8 triliun dan debitur   berjumlah 8.542.142. Sedangkan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) oleh Bank Pemerintah Daerah (BPD) sampai bulan Mei 2013 ini telah mencapai Rp. 10,9 triliun dengan jumlah UMKMK sebesar 139.524. Rata-rata kredit yang diterima debitur sebesar Rp. 78,2 juta. Bank Jatim dan Bank Jabar Banten merupakan BPD yang menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) terbesar sekitar Rp. 3,5 triliun dan Rp. 2,5 triliun. Untuk di luar pulau Jawa, Bank Nagari dan Bank Kalbar merupakan Bank Pelaksana terbesar yang menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) masing-masing sebesar Rp. 1,1 triliun dan Rp. 295,450 miliar. Sampai bulan Mei 2013 NPL yang terbentuk dari penyalur ke debitur oleh BPD adalah sebesar 7,5%, sehingga diperlukan konsolidasi internal untuk memperbaiki tingkat NPL yang masih tinggi.
            Dilihat dari sisi sektor ekonomi, penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) oleh Bank Pelaksana masih dikuasai oleh sektor perdagangan. Penyaluran di sektor ini mencapai Rp. 65,691 triliun dengan jumlah debitur UMKMK sebesar 5,79 juta debitur. Sektor pertanian menjadi sektor kedua terbesar menyerap Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari Bank Pelaksana yaitu sebesar Rp. 18,9 triliun dengan jumlah debitur mencapai 1,26 juta. Total realisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) di sektor ekonomi (31 Mei 2013) berjumlah Rp. 115,7 triliun dengan jumlah debitur sebanyak 8.681.666. Sedangkan menurut sebaran wilayahnya, penyerapan Kredit Usaha Rakyat (KUR) masih terkonsentrasi di Pulau Jawa. Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur masing-masing sebesar Rp. 17,7 triliun dan Rp. 17,453 triliun. Jawa Tengah masih merupakan provinsi terbesar yang menyerap Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari Bank Pelaksana. Adanya BPD dapat mendongkrak penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) di luar pulau Jawa.
            Kredit Usaha Rakyat (KUR) mampu memberikan perkembangan pada Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM), Usaha Besar (UB) dan jumlah tenaga kerja yang diserap untuk mengurangi pengangguran dalam rangka mengentaskan kemiskinan. Sebagai bukti, jumlah UMKM pada tahun 2011 sebanyak 55.206.444, tahun 2012 sebanyak 56.534.592. Jadi perkembangan tahun 2011-2012 sebanyak 1.328.147  (naik 2,41%). Sedangkan jumlah Usaha Besar (UB)  pada tahun 2011  sebanyak 4.952,  tahun 2012  sebanyak 4.968. Perkembangan tahun  2011-2012  sebanyak 16 (naik 0,32%). Dalam bidang tenaga kerja yang mampu diserap oleh Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) pada tahun 2011 sebanyak 101.722.458 orang, tahun 2012 sebanyak 107.657.509 orang. Perkembangan jumlah tenaga kerja yang diserap dari tahun 2011-2012  sebanyak 5.935.051 orang (naik 5,83%). Sedangkan tenaga kerja yang diserap oleh Usaha Besar (UB) pada tahun 2011 sebanyak 2.891.224 orang, tahun 2012 sebanyak 3.150.645 orang. Perkembangan daya serap tenaga kerja di UB tahun  2011-2012   sebanyak 259.422 orang (naik 8,97%). Jadi, total jumlah tenaga kerja yang mampu diserap oleh UMKM dan UB pada tahun  2012 sebanyak 6.194.473 orang (melepaskan atribut pengangguran). Melihat fakta di atas, dapat memberikan gambaran bahwa  UMKM mampu berkembang baik dan menyerap tenaga kerja yang dominan dari seluruh usaha yang ada di Indonesia. UMKM mampu memberikan kontribusi dalam Produk Domestik Bruto sebesar 34,73 %. Kontribusi ini sepertinya akan segera menyusul kontribusi UB yang saat ini telah berada pada angka 42,06 %.
            Kebijakan Pemerintah dengan dikeluarkannya UU Nomor 20/2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan menengah dan yang paling baru UU Nomor 01/2013 tentang Lembaga Keuangan Mikro semakin nyata peran Kredit Usaha Rakyat (KUR) dalam mengentaskan kemiskinan. Pada tahun 2006 sekitar 39,3 juta atau 17,75% masyarakat Indonesia hidup di bawah garis kemiskinan dan pada tahun 2008 setelah program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dikeluarkan turun menjadi 34,96 juta atau 15,42%. Pengentasan kemiskinan lambat laun akan dirasakan seluruh Indonesia.

Referensi:
http://komite-kur.com/article-84-sebaran-penyaluran-kredit-usaha-rakyat-periode-nove mber-2007-mei-2013.asp
http://www.bappenas.go.id/print/2437/pengembangan-program-pengentasan-kemiskin an-/

74 comments:

  1. Halo , saya Mrs Jennifer John , pemberi pinjaman pinjaman swasta yang
    memberi hidup waktu peluang pinjaman .
    Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi hutang-hutang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman modal untuk meningkatkan bisnis Anda ?
    Anda telah ditolak oleh
    bank dan lembaga keuangan lainnya ?
    Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek ?
    mencari lagi karena kita di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu . Kami Pinjaman dana kepada individu
    yang membutuhkan bantuan keuangan , yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang
    . untuk membayar tagihan , berinvestasi pada bisnis pada tingkat 2 % Saya ingin menggunakan media ini untuk menginformasikan bahwa kami memberikan bantuan handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan kontak loan.So kami hari ini melalui email :
    jenniferjohn536@gmail.com

    Data PEMINJAM 'S

     1 ) Nama Lengkap : .......................................................
     2 ) Negara: ...........................................................
     3 ) Alamat : ..........................................................
     4 ) Negara : ..............................................................
     5 ) Seks : ................................................................
     6 ) Status Pernikahan : .................................................
     7 ) Pekerjaan : .....................................................
     8 ) Nomor Telepon : ................................................
     9 ) Saat ini posisi di tempat kerja : .....................
     10 ) Pendapatan Bulanan : .............................................
     11 ) Jumlah Pinjaman Dibutuhkan : .....................................
     12 ) Durasi Pinjaman : ................................................
     13 ) Tujuan Pinjaman : ............................................
     14 ) Agama : ........................................................
     15 ) Apakah Anda sudah menerapkan sebelum .................................

     Terima kasih ,
    Mrs Jennifer .

    ReplyDelete
  2. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak? Hubungi kami sekarang melalui e-mail: am.credito@blumail.org

    ReplyDelete
  3. Halo,
    Hal ini untuk menginformasikan kepada masyarakat umum bahwa Nyonya Cynthia Johnson, pemberi pinjaman pinjaman pribadi telah membuka kesempatan keuangan untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan. Kami memberikan pinjaman dengan suku bunga 2% kepada individu, perusahaan dan perusahaan di bawah syarat dan kondisi yang jelas dan dimengerti. hubungi kami hari ini melalui e-mail di: (cynthiajohnson154@gmail.com)

    ReplyDelete
  4. Apakah Anda membutuhkan pinjaman? Apakah Anda ingin menjadi stabil secara finansial? Atau apakah Anda ingin memperluas bisnis Anda? Kami menawarkan pinjaman perusahaan, kredit mobil, pinjaman bisnis, dan pinjaman pribadi pada tingkat bunga yang sangat berkurang dari 3% dengan durasi nyaman yang bisa dinegosiasikan. Penawaran ini terbuka untuk semua yang akan mampu membayar kembali pada waktunya. Mohon kembali kepada kami jika tertarik dengan email ini; fannyloanfirminter@gmail.com

    MENGISI FORMULIR DI BAWAH

    Penuh Nama ...
    Kontak Alamat ...
    Umur ...
    Nomor Telepon ...
    Status Pernikahan ...
    Sex ...
    Pekerjaan ...
    posisi ...
    pendapatan bulanan ...
    Jumlah Pinjaman ...
    Tujuan untuk pinjaman ...
    durasi ...
    Negara ...

    Terima kasih dan Tuhan memberkati
    Mrs Fanny Andrew
    email; fannyloanfirminter@gmail.com

    ReplyDelete
  5. Apakah Anda memerlukan pinjaman? Apakah Anda ingin menjadi finansial stabil? Atau apakah Anda ingin mengembangkan bisnis Anda? Kami menawarkan kredit korporasi, kredit mobil, pinjaman Bisnis, dan Pribadi pinjaman pada tingkat bunga yang sangat berkurang dari 3% dengan durasi nyaman yang dapat dinegosiasikan. Hal ini menawarkan ini terbuka untuk semua orang yang akan mampu membayar kembali tepat waktu. Silakan datang kembali kepada kami jika Anda tertarik dengan email ini; cutfishloanfirm@hotmail.com

    MENGISI FORMULIR DI BAWAH INI

    Nama lengkap...
    Hubungi alamat...
    Usia feodalisme
    Nomor telepon...
    Status perkawinan...
    Jenis kelamin...
    Pekerjaan...
    posisi...
    penghasilan bulanan dari...
    Jumlah pinjaman...
    Tujuan untuk pinjaman...
    Durasi...
    Negara...

    Terima kasih dan Tuhan memberkati
    Tn. Richard Cutfish

    ReplyDelete
  6. Hati-hati di sini. Tidak ada yang dapat membantu Anda di sini atau bahkan menyarankan bagaimana Anda bebas untuk mendapatkan bantuan keuangan. Setiap jawaban dari pemberi pinjaman kredit atas pertanyaan Anda, Anda harus mengabaikan, karena Mereka Apakah Penipuan ... penipuan yang nyata ... saya adalah korban yang saya robek Ribuan dolar ... baik terima kasih Tuhan untuk saudara Kristen yang dimaksud saya untuk sebuah organisasi pinjaman yang dibentuk oleh beberapa Ibu Clara, claraloans@financier.com.
    Mereka membuat hidup saya yang berharga dan memberikannya makna. Ketika adik memberiku semata-mata untuk Untuk kontak lebih lanjut, saya menghubungi dia. Mereka menyetujui pinjaman sebesar $ 75.000,00 USD dan dalam 48 jam setelah bertemu semata-mata untuk orang lanjut Untuk melawan persyaratan, pinjaman saya disimpan di rekening bank saya tanpa agunan. Saya akan menyesal Total hidupku, Karena pada titik waktu saya hanya bercerai ayah dari anak saya, dan anak saya (Ridwan) dihadapkan dengan situasi hidup dan mati. Jangan ragu untuk menghubungi via Email: Claraloans@financier.com. Untuk pertanyaan lebih lanjut. hubungi saya via: Yunitanurudeen@gmail.com

    ReplyDelete
  7. Apakah Anda berpikir untuk mendapatkan bantuan keuangan, Apakah Anda membutuhkan serius pinjaman mendesak, Apakah anda berpikir untuk memulai bisnis Anda sendiri, Anda berada dalam utang, ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda karena kami memberikan pinjaman pribadi, pinjaman bisnis, dan perusahaan pinjaman, dan segala macam pinjaman pada tingkat bunga 2% .HURRAY !!! tahun ini masih sangat segar dan lembut sehingga kami memiliki banyak untuk mencapai, dan kami di ST JOHN KATOLIK KREDIT PERUSAHAAN, kami menjamin semua klien berharga kami bahwa mereka akan mendapatkan semua kredit masing-masing dan masuk ke tahun baru dengan senyum di wajah mereka. Untuk informasi lebih lanjut hubungi kami sekarang melalui email {} [stjohncatholicloanfirm@gmail.com
    Peminjam INFORMASI:
    Nama Lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Hubungan Seks: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Durasi Pinjaman: ____________
    Tujuan pinjaman: _____________
    Nomor Cell Phone: ________
    mrs sarah
    Konsultan umum

    ReplyDelete
  8. Moshi Moshi,
    Saya Ibu Mcviker, pinjaman kredit pemberi pinjaman swasta diberikan kesempatan seumur hidup. Butuh pinjaman mendesak untuk membayar utangnya atau butuh pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Butuh pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih, karena kita berada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu dan perusahaan coporate yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi dalam bisnis pada tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami menawarkan bantuan penerima yang handal akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Kemudian hubungi kami hari ini melalui email ke: mcvickerjoyce@gmail.com

    ReplyDelete
  9. Moshi Moshi
    Saya Mrs Laura Rodriguez CEO Laura Pinjaman Perusahaan, A pemberi pinjaman kredit pribadi yang terdaftar dan sah. Kami memberikan jasa keuangan (PINJAMAN) dan kami memberikan pinjaman pada tingkat bunga rendah dari 2% ke keuangan cacat, individu, perusahaan, industri, perusahaan dan orang-orang dalam masyarakat. Dan juga mensponsori Anda untuk melepaskan bakat Anda dan mencapai tujuan Anda, kami memberikan pinjaman mulai dari $ 2000 dan di atas ... Kami siap memenuhi kebutuhan Anda, dan bagaimana Anda bisa mendapatkan pinjaman ini secara online dan akses account online. Hubungi kami melalui Email: lauraloancompany@gmail.com

    ReplyDelete


  10. Saya Ibu Augustina Nassurudin Wibawa, dan karena situasi keras di Indonesia, hal menjadi sangat sulit bahwa saya tidak punya uang untuk bahkan memiliki tiga kali makan. Saya diarahkan ke beberapa online Lender Pinjaman yang mengklaim mereka adalah pemberi pinjaman pinjaman sah dan bahkan bersumpah dengan kehidupan mereka dan keluarga tapi setelah semua ini, saya masih tidak menerima pinjaman saya. Saya ditipu dari 22.000 USD sampai seorang pendeta dari Amerika Serikat bernama pastor iblazer mengarahkan saya kepada Ibu Sarah, CEO Sarah Wong Pinjaman Home, pada awalnya saya fely enggan dan bersumpah aku tidak akan pernah menjadi korban lagi tapi mengejutkan terbesar saya , saya menerima pinjaman saya setelah 28 jam dan satu-satunya Fee saya dikenakan adalah biaya transfer Pinjaman saya. Anda dapat menulis ke Sarah Wong Pinjaman Rumah Melalui sarahmantiwonhloanhome@gmail.com. Teman-teman saya, itu begitu nyata bahkan di antara orang-orang jahat, Tuhan masih dikirim Mrs. Sarah sebagai pembantu saya Semua berkat nya ann Mei. Untuk mahkota itu semua, saya mendapat semua uang saya saya telah defraude dari karena mereka membantu saya melacak pencuri melalui thier departemen waspada penipuan.
    Tuhan memberkati kaya dan keluarganya.

    ReplyDelete
  11. Apakah Anda pernah mencari bantuan keuangan mendesak? Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk membayar tagihan dan utang yang ada? Anda mencari bisnis rumah dan pinjaman pribadi, hubungi kami sekarang dengan info di bawah ini.

    Nama Anda:
    negara:
    Jumlah Pinjaman:
    lama waktu:
    pekerjaan:
    Tujuan dari pinjaman?
    Nomor Telepon:

    Catatan: Semua tanggapan harus maju Hubungi kami sekarang melalui: anitacharlesloancompany@gmail.com Terima kasih sudah datang.

    ReplyDelete
  12. BERLAKU UNTUK KREDIT ANDA

    Apakah Anda seorang pengusaha atau wanita? Apakah Anda stres keuangan? Anda perlu uang untuk memulai bisnis Anda sendiri? Apakah Anda memiliki pendapatan rendah dan sulit untuk mendapatkan pinjaman dari bank lokal dan lembaga keuangan lainnya? Jawabannya ada di sini, MichelleN Haward Kantor Pinjaman adalah jawaban untuk menawarkan semua jenis pinjaman kepada masyarakat atau siapa pun di Nees bantuan keuangan. Kami memberikan pinjaman sebesar 2% suku bunga untuk individu, perusahaan dan perusahaan di bawah kondisi yang jelas dan mudah. hubungi kami hari ini via e-mail di michellenhawardloans@gmail.com

    Catatan: Semua pemohon harus di atas 18 tahun

    ReplyDelete
  13. apakah Anda dalam setiap jenis masalah keuangan dan Anda perlu pinjaman mendesak untuk memecahkan masalah, maka Anda dapat menghubungi kami melalui email: harryjonesfinance@hotmail.com

    nama lengkap:
    jumlah pinjaman yang dibutuhkan:
    negara:
    negara:

    ReplyDelete
  14. Moshi Moshi,
      Aku Mr Richard Fredrick pemberi pinjaman swasta.
    Kehidupan pinjaman yang kebetulan.
    Anda tidak perlu meminjam uang segera menghapus hutang Anda, atau Anda perlu
    meminjamkan.
    Untuk meningkatkan bisnis itu?
    Ini ditolak
    Bank dan entitas keuangan lainnya.
    Perlu Konsolidasi pinjaman atau hipotek?
    Cari lagi karena kami berada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda hal.
    Kami baru-baru meminjam partai.
    Butuh bantuan keuangan, kredit buruk atau membutuhkan uang.
    Penggantian investasi bisnis di 2%. Saya ingin
    digunakan.
    Sedang untuk memberitahu Anda bahwa kita di sini untuk membantu. Handal dan Manfaat dan
    Loan.So Anda dipersilakan untuk menghubungi kami hari ini melalui email.

    fredrickrichardloans@gmail.com
    Peminjam Data

      1) Nama Lengkap: ...............
      2) Negara: ....................
      3) Alamat: .........................
      4) Negara: .............................. ....
      5) Sex: .................
      6) Status: .................
      7) Pekerjaan: .............................. .........
      8) telepon Telefónne: .......................
      9) Hadir Posisi Lokasi: .....................
      10) Pendapatan Bulanan: ........................
      11) Jumlah Pinjaman yang dibutuhkan: .........................
      12) Pinjaman ............... ...
      13) Tujuan Pinjaman ..............
      14) Agama: .........................
      15) Apakah Anda menerapkan befor ...................

      terima kasih
    Fredrick, PAN Richard.

    ReplyDelete
  15. Halo nama saya nofia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu orang-orang saya, berapa banyak perusahaan pinjaman Mrs Diana yang baik adalah, saya melihat-lihat untuk pinjaman di perusahaan pinjaman yang berbeda, saya telah menghabiskan banyak, sedikit uang yang saya telah mengapa mencari pinjaman, saya tetap membayar hal yang berbeda, pada saat saya diterapkan dalam Dianarobertloanfirm, Nyonya Diana mengatakan kepada saya bagaimana saya akan mendapatkan pinjaman di perusahaannya, maka saya mengikuti instruksi nya, saya pikir Tuhan untuk setiap hal, saya telah menghabiskan 56 juta di tangan pendarat palsu lainnya, tapi saya pikir Tuhan untuk ibu Diana, Allah akan terus memberkati Anda dan keluarga Anda, silahkan jika Anda membutuhkan pinjaman mendesak, lari ke ibu Diana, dia akan memberikan Anda, pinjaman Anda dengan keluar membayar untuk PAJAK atau ASURANSI, Hubungi dia melalui ini melalui email: dianarobertloanfirm@gmail.com atau dianarobertloanfirm@accountant.com, Anda dapat menghubungi saya dengan email ini: untuk informasi lebih lanjut: email: nofiayani@gmail.com

    ReplyDelete
  16. banyak cinta.Halo, nama saya Sofiat Muhammad, seorang korban penipuan di tangan pemberi pinjaman, saya telah penipuan semua paling Rp25,000,000 karena saya butuh modal besar Rp70.000.000 ribu, saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi, saya bisnis hancur dalam proses saya kehilangan anak saya .. saya tidak bisa berdiri again..all hal ini terjadi Desember 2014, tidak semua sampai saya mearnt seorang teman yang memperkenalkan saya kepada ibu yang baik ibu Belinda yang akhirnya membantu saya mengamankan pinjaman di perusahaannya, ibu yang baik saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih, Semoga Tuhan terus memberkati Anda, saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk menyarankan sesama Indonesia, bahwa ada banyak scammers luar sana, jika Anda membutuhkan pinjaman dan pinjaman yang dijamin hanya cepat mendaftar melalui Ibu Belinda melalui email . aid.financial@financier.com atau belindalamarloanltd@gmail.com, Anda dapat menghubungi saya melalui email ini; sofiatmuhammad10@gmail.com untuk informasi yang perlu Anda ketahui. silahkan dia satu-satunya orang yang dapat diandalkan dan dapat dipercaya. Tidak ada pajak. Tidak ada asuransi untuk membayar.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  17. Apakah Anda mencari pinjaman bisnis, pinjaman pribadi, pinjaman rumah, mobil
    Pinjaman, pinjaman mahasiswa, pinjaman konsolidasi utang, pinjaman tanpa jaminan, usaha
    modal, dll .. Atau apakah Anda menolak pinjaman oleh bank atau keuangan
    lembaga untuk satu atau lebih reasons.You di tempat yang tepat untuk
    solusi pinjaman Anda! Saya pemberi pinjaman pribadi, saya memberikan pinjaman kepada
    perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau
    2%. Bunga. Silahkan hubungi kami melalui email daverichardsloanfirm@gmail.com

    ReplyDelete
  18. Halo, saya Mrs susan, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda memerlukan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih karena kita di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan uang kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, berinvestasi pada bisnis pada tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui email di: daverichardsloanfirm@gmail.com

    ReplyDelete
  19. Apakah Anda mencari pinjaman? Atau apakah Anda menolak pinjaman oleh bank? Di mana Anda menolak pinjaman dari setiap perusahaan pinjaman untuk beberapa alasan? Kami adalah Pemberi Pinjaman Kredit tepat di internet saat ini! Obi Esther Kantor Pinjaman memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 2% tanpa colerteral hanya dalam satu hari.
    Silahkan hubungi kami di email kami hari ini jika Anda perlu urget pinjaman. email: obi.loanfirm@gmail.com

    ReplyDelete
  20. saya perlu pinjaman mendesak sekarang / 2015

    ReplyDelete
  21. Halo sesama Indonesia, saya ingin Anda untuk membantu saya berterima kasih kepada Tuhan karena telah menyelamatkan hidup saya melalui bantuan Mrs. Obi Esther. Saya sangat sakit di rumah sakit dengan demam typhod, dan saya tidak bisa membayar tagihan rumah sakit saya karena saya tidak memiliki Bill Rumah Sakit, jadi saya mengambil pinjaman di internet dan mereka meminta saya untuk membayar biaya, pajak, asuransi, dll , dan setelah pembayaran saya tidak mendapatkan pinjaman saya, mereka tertipu saya dan menipu saya, ini terjadi pada saya di 6 pemberi pinjaman pinjaman yang berbeda di sini di internet, saya kemudian tahu bahwa mereka adalah scammers dan penipuan. Kondisi saya menjadi sangat penting dan saya berada di titik mati sebelum perawat di rumah sakit mengatakan kepada saya tentang di mana ia mengambil pinjaman dan itu nyata dan asli, dia memperkenalkan saya kepada Ibu Obi Esther, di mana saya mengajukan pinjaman dari Rp500.000.000 dengan tingkat 2% (2 persen), dan pinjaman itu disetujui tanpa agunan, saya hanya mendaftar dengan mereka becasue mereka mengatakan istilah perusahaan dan kondisi bahwa semua pelanggan harus mendaftar sebelum obtanining pinjaman, dan setelah pendaftaran saya punya saya Pinjaman 2 jam setelah mereka mengkonfirmasi pendaftaran saya. Pinjaman dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa stres. Saya ingin memberitahu semua orang untuk membantu saya berterima kasih kepada Ibu Obi Esther untuk membantu saya dengan pinjaman yang menyelamatkan hidup saya. Silakan jika Anda sedang mencari untuk pinjaman di internet, Anda harus sangat berhati-hati, dan saya ingin saran Anda bahwa mereka begitu banyak curang dan scammers di sini di internet. Aku akan nasihat Anda bahwa jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik menerapkan mana saya diterapkan yang asli dan nyata hanya dengan registrasi saja dan tidak ada jaminan. hubungi Ibu Obi Esther jika Anda membutuhkan pinjaman asli dan benar tanpa scammed atau ditipu, email-nya adalah obi.loanfirm@gmail.com dan Anda juga dapat menghubungi saya di email saya di ivhaandriani@gmail.com Tuhan memberkati Anda semua

    ReplyDelete
  22. Halo semua, saya Mrs. Helen, seorang agen dari Jeanne Kimberly Firm Pinjaman.
    Kami memberikan pinjaman untuk orang yang tertarik dalam mendapatkan pinjaman.
    Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk memulai bisnis atau bisnis Anda mendukung, atau Anda membutuhkan pinjaman untuk membeli rumah atau mobil Apa saja Landed Property, Apakah Anda Ingin Untuk melunasi utang Anda apapun dan Jumlah, kami di Jeanne Kimberly Kredit perusahaan yang solusi kargo Anda.
    Pengorbanan kita adalah tingkat bunga hanya 2% dan maksimal durasi 20 tahun.
    Menulis kepada kami hari ini dan mengajukan pinjaman tak terbatas dan tanpa jaminan Anda.
    jeannekimloanfirm@gmail.com

    ReplyDelete
  23. Alamat Nasional Kantor - Swindon
    Nationwide Building Society
    Nationwide Rumah
    Pipers Way Swindon
    Inggris
    SN27 1KS
    GPS / Kode Pos Geografis Hanya: SN6 1FA

    Sir / Madam,

    Penawaran nasional aman dan tidak aman pinjaman pribadi kepada pelanggan untuk tujuan apapun memulai bisnis baru, perorangan dan bisnis. Pinjaman kami juga diasuransikan untuk keamanan maksimum dan itu adalah transfer online. pinjaman sebesar 10,000.00 Euro untuk 20.000.000,00 euro dengan bunga 1.5%, pinjaman dilunasi dalam jangka waktu antara 1 dan 20 tahun, pinjaman yang tersedia untuk tujuan apapun mengisi ruang untuk mencari nama lengkap: ____________ Alamat: _____________ Jumlah Pinjaman: ____________ Jangka waktu pinjaman: ___________ Telepon: __________. Informasi lebih lanjut tentang pinjaman Nationwide akan dikirim kepada Anda setelah kami menerima aplikasi pinjaman Anda. Nationwide Building Society menganut Kode Lending.

    Aplikasi pinjaman Anda sangat dihargai.

    Jude Mark
    staf Akuntan
    ______________________________ ____
    Email: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com

    ReplyDelete
  24. Halo Setiap Satu, nama saya Dwiokta Septiani dari Indonesia, aku cepat-cepat ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan seluruh Indonesia yang mencari pinjaman di internet sangat berhati-hati untuk tidak jatuh di tangan scammers dan fraudstars, ada banyak pemberi pinjaman kredit palsu di sini di internet dan beberapa dari mereka adalah asli, saya ingin meluncur kesaksian tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman dan pinjaman genue nyata yang telah mengubah hidup saya dari rumput rahmat, setelah saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman kredit di sini di internt, saya kehilangan banyak uang untuk membayar biaya pendaftaran, isurance, pajak, dan setelah pembayaran saya masih tidak mendapatkan pinjaman saya. Setelah berbulan-bulan mencoba untuk mendapatkan pinjaman di internet dan nomor scammed kali uang tanpa mendapatkan pinjaman dari perusahaan mereka sehingga saya menjadi begitu putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari genue pemberi pinjaman kredit online yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk menghubungi seorang teman saya yang baru-baru mendapat pinjaman online, kita membahas kesimpulan kita tentang masalah dan dia bercerita tentang seorang wanita yang disebut Mrs Anita Charles yang merupakan CEO dari Anita Charles Pinjaman Perusahaan. Jadi saya diterapkan untuk jumlah pinjaman (Rp430,000,000) dengan tingkat bunga rendah dari 2%, Tidak mengurus usia saya, karena saya mengatakan kepadanya apa yang saya ingin menggunakan uang tersebut untuk membangun usaha dan pinjaman saya disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua persiapan yang dibuat tentang pengalihan pinjaman dan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah pendaftaran pinjaman, itu disimpan ke bank dan mimpi datang melalui saya. Jadi saya ingin saran yang membutuhkan pinjaman genue dengan cepat menghubungi dia sekarang email di anitacharlesloancompany@gmail.com. dia tidak tahu bahwa aku melakukan hal ini. Saya berdoa agar Tuhan akan memberkatinya untuk hal-hal baik yang dia telah lakukan dalam hidup saya. Anda juga dapat menghubungi saya di septianidwiokta@gmail.com untuk info lebih lanjut.

    ReplyDelete
  25. KABAR BAIK !!! KABAR BAIK !!! KABAR GEMBIRA !!!
    Nama saya Purti Hamzah, tinggal di Indonesia, saya seorang Muslim yang taat Saya ingin menggunakan
    media ini untuk mengingatkan semua orang mencari pinjaman untuk berhati-hati tentang scammer karena mereka bulan everywhere.Few lalu saya finansial turun, dan karena kebutuhan saya, putus asa dan kemiskinan, saya telah scammed oleh beberapa perusahaan pinjaman yang disebut online. Aku kehilangan harapan tidak sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Chloe Morris yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari $ 57.000 dalam 24 jam tanpa tekanan, pada awalnya itu seperti mimpi bagi saya sampai saya melihat waspada angsuran pertama saya 2 jam setelah saya diterapkan. Saya mendorong sesama Indonesia yang membutuhkan pinjaman untuk menyenangkan menghubungi Ibu Chloe melalui: chloemorrisloan@gmail.com atau chloemorrisonloan@financier.com
    Hati-hati! Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui: purtihamzah@gmail.com

    ReplyDelete
  26. BERLAKU UNTUK KREDIT ANDA
    Apakah Anda seorang pengusaha atau wanita? Apakah Anda stres keuangan? Anda perlu uang untuk memulai bisnis Anda sendiri? Apakah Anda memiliki pendapatan rendah dan sulit untuk mendapatkan pinjaman dari bank lokal dan lembaga keuangan lainnya? Jawabannya ada di sini, MichelleN Haward Kantor Pinjaman adalah jawaban untuk menawarkan semua jenis pinjaman kepada masyarakat atau siapa pun yang membutuhkan bantuan keuangan untuk mendanai proyek apapun. Kami memberikan pinjaman sebesar 2% suku bunga untuk individu, perusahaan dan perusahaan di bawah kondisi yang jelas dan mudah. hubungi kami hari ini via e-mail di michellenhawardloans@gmail.com

    Catatan: Semua pemohon harus di atas 18 tahun

    ReplyDelete
  27. Buen Día,
    Yo soy un inversor privado. Proporcionar garantizados y no garantizados préstamo de garantía
    Hombres y mujeres de negocios en las transacciones comerciales, coche
    compra, préstamo de adquisición de vivienda y otros préstamos personales, etc damos
    préstamo a largo plazo de cinco a cincuenta años como máximo con una tasa de interés del 3% en este caso
    También puede averiguar cuánto necesita para que usted envíe
    términos y condiciones si están realmente interesados en obtener un préstamo
    nosotros, en contacto con nosotros por correo electrónico; poetjonesfinancialservices@gmail.com
    Mr.Allen Smith

    ReplyDelete
  28. Hello Am Mrs, Morgan debra Am pemberi pinjaman pinjaman yang sah dan dapat diandalkan memberikan pinjaman
    pada syarat dan ketentuan yang jelas dan dimengerti pada tingkat bunga 2%. dari
    $ 12.000 untuk $ 7.000.000 USD, Euro dan Pounds Hanya. Saya memberikan Kredit Usaha,
    Pinjaman Pribadi, Pinjaman Mahasiswa, Kredit Mobil Dan Pinjaman Untuk Bayar Off Bills. jika Anda
    membutuhkan pinjaman apa yang harus Anda lakukan adalah bagi Anda untuk menghubungi saya secara langsung
    di: morgan debra 1986@gmail.com
    Semoga Tuhan Memberkati.
    Salam,
    Mrs Morgan debra
    Email: morgandebra1986@gmail.com
    Catatan: Semua balasan harus kirim ke: morgandebra1986@gmail.com

    ReplyDelete
  29. Saya ingin menggunakan media ini untuk bersaksi tentang perbuatan baik dari Ibu Kimberly Jeanne Kimberly Perusahaan Kredit.
    Saya tidak pernah berpikir saya akan dalam hidup kita saya bertemu seseorang seperti Ibu Kimberly Dia adalah permata yang langka. Saya Linda Maria dan saya meluangkan waktu saya untuk bersaksi tentang Mrs. Kimberly karena dia akhirnya menawarkan apa tidak ada orang lain bisa.
    Aku masuk ke utang yang sangat besar dengan debitur dan Bank dan kita mencari pinjaman dari perusahaan pinjaman yang berbeda tetapi semua datang ke sia-sia. sebaliknya mereka membuat saya menjadi lebih banyak utang dan berakhir meninggalkan saya pecah sampai saya datang di kontak dengan Ibu Kimberly Dia menawarkan pinjaman meskipun pada awalnya saya takut itu akan berakhir seperti pinjaman perusahaan lain saya telah menemukan tapi dia tidak seperti mereka. Sekarang saya akhirnya menetap utang saya dan memulai bisnis baru dengan uang yang tersisa dari pinjaman.
    Hubungi Ibu Kimberly melalui salah satu email berikut.
    jeannekimloanfirm@gmail.com atau Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya untuk informasi lebih lanjut lindamary197@gmail.com

    ReplyDelete
  30. Kami disetujui pemerintah dan pemberi pinjaman kredit bersertifikat Perusahaan kami tidak menawarkan pinjaman mulai dari pribadi untuk pinjaman industri untuk orang tertarik atau perusahaan yang mencari bantuan keuangan pada tingkat bunga dinegosiasikan 2% kesempatan untuk membersihkan dept Anda., Mulai atau meningkatkan bisnis Anda dengan pinjaman dari pinjaman perusahaan kami diberikan dalam Pounds (£), dollar ($) dan Euro. Jadi mengajukan pinjaman saat ini orang yang tertarik harus menghubungi kami untuk informasi lebih lanjut. Mengisi informasi data peminjam. Hubungi kami sekarang melalui: diamondfinanceinsurancecompany@gmail.com

    PEMINJAM DATA'S
    (1) Nama Lengkap:
    (2) Negara:
    (3) Alamat:
    (4) Kota:
    (5) Sex:
    (6) Status Pernikahan:
    (7) Bekerja:
    (8) Nomor Ponsel:
    (9) Penghasilan Bulanan:
    (10) Jumlah Pinjaman Dibutuhkan:
    (11) Jangka waktu pinjaman:
    (12) Tujuan Pinjaman:

    Terima kasih atas pengertian Anda karena kami berharap untuk mendengar dari Anda segera.

    E-Mail: diamondfinanceinsurancecompany@gmail.com

    ReplyDelete
  31. Halo, saya bernama MORAIDA LUNA. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan karena putus asa, saya telah penipuan oleh beberapa lender online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Amanda yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari € 53.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena itu saya berjanji saya akan berbagi kabar baik sehingga orang dapat dengan mudah mendapatkan pinjaman tanpa stres. Jadi jika Anda membutuhkan setiap pinjaman apapun, menghubunginya via email nya: amandaloan@qualityservice.com atau amandarichardssonloanfirm@gmail.com.
    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya moraidaluna@gmail.com.
    Sekarang, semua saya lakukan adalah mencoba untuk bertemu dengan pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekeningnya setiap bulan.

    ReplyDelete
  32. Halo, Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk membayar tagihan Anda dengan bunga terjangkau hanya 2% dan menghilangkan utang Anda? Apakah Anda pernah mencari pemberi pinjaman kredit legit? Butuh pinjaman atau kredit usaha mendesak? Apakah Anda akan ditolak pinjaman dari bank atau lembaga keuangan? Silahkan hubungi kami di karladamsloanfirm@outlook.com

    1: Nama Lengkap:
    2: Negara:
    3: Nomor Telepon:
    4: Jumlah Pinjaman yang dibutuhkan:
    5: PINJAMAN JANGKA WAKTU:
    6: Pinjaman Durasi:


    hubungi kami sekarang Mr. Karl Adams karladamsloanfirm@outlook.com

    ReplyDelete
  33. Halo, nama saya PUSPITA Damanik. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa lender online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Mrs Belinda yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari RP 700.000.000 (700 JUTA Rp) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena aku berjanji padanya bahwa aku akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apapun, silahkan hubungi dia melalui emailnya: belindalamarloanltd@gmail.com atau aid.financial@financier.com
    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya puspitadamanik21@gmail.com.
    Sekarang, semua yang saya lakukan adalah mencoba untuk bertemu dengan pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    ReplyDelete
  34. Halo, nama saya Aceng, saya berhutang di bank, saya telah pergi ke banyak lender tetapi saya tidak bisa mendapatkan pinjaman, mereka tertipu saya dan berselingkuh saya banyak hal, mengapa saya katakan ini karena saya telah melihat banyak posting yang orang mengatakan bahwa mereka dapatkan dari begitu begitu perusahaan pinjaman itu semua kebohongan, saya menyarankan kepada Anda adalah bahwa satu-satunya perusahaan pinjaman yang dapat memberikan pinjaman Dianarobertloanfirm, adalah satu-satunya perusahaan yang saya dapat menyarankan Anda untuk pergi. mereka begitu banyak lender palsu di internet bahwa kami akan menipu Anda dan menipu pada Anda. jadi saya menyarankan Anda bahwa jika Anda mencari pinjaman hanya berlaku di perusahaan pinjaman nya, Anda dapat menghubungi dia melalui ini melalui email: dianarobertloanfirm@gmail.com dan dianarobertloanfirm@accountant.com. dan jika Anda membutuhkan lebih banyak saran dari saya, di sini adalah email saya: ekaaceng@gmail.com.

    ReplyDelete
  35. Halo, nama saya Aceng, saya berhutang di bank, saya telah pergi ke banyak lender tetapi saya tidak bisa mendapatkan pinjaman, mereka tertipu saya dan berselingkuh saya banyak hal, mengapa saya katakan ini karena saya telah melihat banyak posting yang orang mengatakan bahwa mereka dapatkan dari begitu begitu perusahaan pinjaman itu semua kebohongan, saya menyarankan kepada Anda adalah bahwa satu-satunya perusahaan pinjaman yang dapat memberikan pinjaman Dianarobertloanfirm, adalah satu-satunya perusahaan yang saya dapat menyarankan Anda untuk pergi. mereka begitu banyak lender palsu di internet bahwa kami akan menipu Anda dan menipu pada Anda. jadi saya menyarankan Anda bahwa jika Anda mencari pinjaman hanya berlaku di perusahaan pinjaman nya, Anda dapat menghubungi dia melalui ini melalui email: dianarobertloanfirm@gmail.com dan dianarobertloanfirm@accountant.com. dan jika Anda membutuhkan lebih banyak saran dari saya, di sini adalah email saya: ekaaceng@gmail.com.

    ReplyDelete
  36. Halo, nama saya Rasheeda Muhammad. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Mrs Amanda, yang menawarkan jumlah pinjaman dari 650 juta dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat hanya 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa pinjaman saya diterapkan untuk dipindahkan ke rekening saya tanpa penundaan. Saya berjanji saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email-nya: amandarichardssonloanfirm@gmail.com atau amandaloan@qualityservice.com
    Anda juga dapat menghubungi saya di rasheedamuhammad10@gmail.com email saya.
    Semua saya lakukan sekarang adalah untuk bertemu dengan angsuran bulanan saya.

    ReplyDelete
  37. Saya di sini untuk bersaksi tentang bagaimana saya ditawari pinjaman tanpa jaminan untuk hanya 2%.
    Nama saya Farida Agus Setiawati dan saya kesaksian hidup dari kabar baik dari Amanda Badan Kredit.
    Dengar, tidak ada pemberi pinjaman di sini adalah bersedia untuk membantu Anda, bukan mereka hanya di sini untuk merobek Anda uang Anda sulit diperoleh. Suami saya dan saya mencari pinjaman dari lender online yang berbeda tetapi pada akhirnya, kami ditipu dan merobek uang kita dengan pinjaman perusahaan yang berbeda secara online.
    Kami bahkan meminjam uang untuk membayar ini pemberi pinjaman online tapi pada akhirnya, kita punya apa-apa.
    Saya dan suami saya berada di utang dan kami tidak punya satu untuk lari ke bantuan, bisnis keluarga kami hancur dan kami tidak dapat untuk mendapatkan uang untuk memenuhi biaya sehari-hari sampai kami diperkenalkan kepada Ibu Amanda yang membantu kami dengan menawarkan kita tidak aman pinjaman.
    Hubungi Ibu Amanda hari ini untuk pinjaman Anda dan melupakan siapa pun di sini yang menjanjikan Anda pinjaman karena pada kedua ujung, Anda tidak akan mendapatkan pinjaman apapun dari mereka.
    Untuk informasi lebih lanjut tentang bagaimana untuk mencapai Mrs Amanda atau mengikuti prosedur pinjamannya, Write me melalui email saya, faridaaguss@gmail.com dan kunfarida@outlook.com.
    Atau Anda dapat mengirim email ke Mrs Amanda di amandaloan@qualityservice.com, amandarichardson686@gmail.com dan amandaloanfirm@cash4u.com

    ReplyDelete
  38. Halo,
    Hal ini untuk memberitahukan kepada masyarakat umum bahwa Nyonya Perouis Ovia, pemberi pinjaman pinjaman swasta memiliki membuka peluang keuangan untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan. Kami memberikan pinjaman dengan bunga 2% kepada individu, perusahaan dan perusahaan di bawah syarat dan kondisi yang jelas dan dimengerti. hubungi kami hari ini melalui e-mail di: (perouisovia@gmail.com)

    ReplyDelete
  39. Halo, aku Mrs.Clarence, Seorang pemberi pinjaman pinjaman pribadi mengorbankan kesempatan masa depan. Apakah Anda membutuhkan pinjaman cepat untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? Cari lebih karena kami di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami memberikan pinjaman kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis di tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang handal dan penerima manfaat dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini via e-mail di: clarencedianaloans @ gmail.com

    ReplyDelete
  40. Kami disetujui pemerintah dan pemberi pinjaman kredit bersertifikat Perusahaan kami tidak menawarkan pinjaman mulai dari pribadi untuk pinjaman industri untuk orang yang tertarik atau perusahaan yang mencari bantuan keuangan pada tingkat bunga dinegosiasikan 2% kesempatan untuk membersihkan dept Anda., Mulai atau meningkatkan bisnis Anda dengan pinjaman dari pinjaman perusahaan kami diberikan di Pounds (£), dollar ($) dan Euro. Jadi mengajukan pinjaman sekarang orang yang tertarik harus menghubungi kami untuk informasi lebih lanjut. Mengisi informasi data peminjam. Hubungi kami sekarang melalui: jenniferdawsonloanfirm@gmail.com

    PEMINJAM DATA'S
    (1) Nama Lengkap:
    (2) Negara:
    (3) Alamat:
    (4) Kota:
    (5) Sex:
    (6) Status Pernikahan:
    (7) Bekerja:
    (8) Nomor Ponsel:
    (9) Penghasilan Bulanan:
    (10) Jumlah Pinjaman Dibutuhkan:
    (11) Jangka waktu pinjaman:
    (12) Tujuan Pinjaman:

    Terima kasih atas pengertian Anda karena kami berharap untuk mendengar dari Anda segera.

    E-Mail: jenniferdawsonloanfirm@gmail.com

    ReplyDelete
  41. Halo untuk Anda semua !! Saya tidak hanya di sini untuk bersaksi, saya di sini untuk langsung semua pencari pinjaman untuk Wanita Allah. Saya seorang Muslim yang telah sekali mengaku bahwa beberapa orang Kristen dilahirkan dengan hati yang baik, dan Mrs Ohanna Israel, Afrika, Wanita Menikah dengan seorang Manusia Indonesia adalah Lender Pinjaman sah.
    Saya penerima dua kali, dan saya akan menyenangkan mohon Anda semua untuk menghentikan semua transaksi pinjaman sekarang dan mencapai Mrs. Ohanna melalui dirinya Email Ohannaisraeloanfirm@gmail.com.
    Pada awalnya saya diajarkan itu hanya seorang pencuri biasa karena mereka semua berada di Internet tetapi untuk mengejutkan terbesar saya, mimpi saya menjadi kenyataan.
    Saya Ibu Hellen Wibawa, pemilik swasta rumah Beras ware, semua berkat Bu Ohanna, semoga Allah memberkati dia kaya dan keluarganya.
    Hubungi saya untuk alasan yang sangat penting dan tidak untuk bertanya apakah saya mengatakan kebenaran. Saya tidak di sini untuk mengoceh atau bercerita, saya tidak akan menggunakan waktu berharga saya untuk datang ke internet dan membuat diriku sendiri saya.
    getyoureasyloan@gmail.com Semoga Allah bersama Anda semua.

    ReplyDelete
  42. Dengar, tidak ada pemberi pinjaman di sini adalah bersedia untuk membantu Anda, bukan mereka hanya di sini untuk merobek Anda uang Anda sulit diperoleh. Suami saya dan saya mencari pinjaman dari lender online yang berbeda tetapi pada akhirnya, kami ditipu dan merobek uang kita dengan pinjaman perusahaan yang berbeda secara online.
    Kami bahkan meminjam uang untuk membayar ini pemberi pinjaman online tapi pada akhirnya, kita punya apa-apa.
    Saya dan suami saya berada di utang dan kami tidak punya satu untuk lari ke bantuan, bisnis keluarga kami hancur dan kami tidak dapat untuk mendapatkan uang untuk memenuhi biaya sehari-hari sampai kami diperkenalkan kepada Ibu Amanda yang membantu kami dengan menawarkan kita tidak aman pinjaman.
    Untuk informasi lebih lanjut tentang bagaimana untuk mencapai Mrs Amanda atau mengikuti prosedur pinjamannya, Hubungi saya melalui email saya, faridaaguss@gmail.com dan kunfarida@outlook.com.
    Atau Anda dapat mengirim email ke Mrs Amanda di amandaloan@qualityservice.com, amandarichardson686@gmail.com dan amandaloanfirm@cash4u.com

    ReplyDelete
  43. Apakah Anda lelah mencari kredit? Anda terus-menerus ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Kabar baik di sini! Kami menawarkan pinjaman berkisar antara R $ 7,000.00 USD 40,000,000.00 min Max. Pertama, setiap membatalkan pay-per-sedikit pun hanya memberikan pinjaman tanpa bunga 2%. Bersertifikat dan memakai diandalkan. Bukti Anda akan meyakinkan Anda. e-mail korporat: Theresaloancompany@gmail.co
    Telepon: +23407068741910
    Perusahaan 345 Baker Street London, Inggris RG21 6YT. Memberikan kami informasi berikut: Nama Lengkap ............... Negara: Jenis kelamin ...........: ............ . Nomor telepon ......... ..... Diperlukan Jumlah: Panjang .............: ............... . ......... Pendapatan Bulanan: * Personal Loan (Tanpa Jaminan) * Pinjaman Bisnis: ................. Kami menawarkan jenis berikut pinjaman yang disetujui (tidak aman ) * Konsolidasi Pinjaman * Student Loan * Mortgage Investasi dan banyak lagi. Semua tanggapan harus dikirim ke Perusahaan Email:. Saya theresaloancompany@Gmail.com
    Telepon: +23407068741910
    Perusahaan 345 Baker Street London, Inggris RG21 6YT

    ReplyDelete
  44. Apakah Anda membutuhkan pinjaman? Apakah Anda seorang pebisnis atau wanita dan Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda ?? Apakah Anda membutuhkan modal untuk memulai bisnis? Apapun masalah pinjaman Anda mungkin, di sini datang membantu Anda karena kami menawarkan pinjaman kepada individu dan perusahaan pada tingkat bunga rendah dan terjangkau.
    Hubungi kami hari ini di (carrenbenfirm@gmail.com atau carrenbenfirm@outlook.com) untuk mendapatkan pinjaman Anda hari ini.

    ReplyDelete
  45. Halo teman-teman, tolong dengarkan aku. Itu benar. Kredit persatuan Islam benar-benar memberikan pinjaman. Saya telah menegaskan bahwa diri sendiri. Saya baru saja mendapat pinjaman dari mereka kemarin. Aku melihat kesaksian dari banyak orang bersaksi tentang bagaimana mereka mendapat pinjaman dari mereka. Pada awalnya saya pikir mereka di mana semua bohong. Tapi beberapa hari yang lalu, saya memutuskan untuk mencobanya dan saya sangat terkejut bahwa saya mendapat pinjaman saya juga. Sangat bahagia sekarang. Dear teman-teman, saya dapat memberitahu Anda bahwa mereka begitu berbeda dari para pemberi pinjaman palsu di sini. Saya ingin meyakinkan anda bahwa jika anda membutuhkan pinjaman yang dijamin mendesak, serikat kredit Islam adalah tempat terbaik untuk pergi. email mereka sekarang di (frb228815@gmail.com) dan lihat sendiri. Hanya mengikuti mereka instruksi dan anda akan mendapatkan pinjaman.. jangan afriad baik. Aku berjanji, anda akan kembali ke sini sendirian dan aku juga bersaksi tentang mereka suka padaku.

    ReplyDelete
  46. saya lewatkan Nouivee Sandra dalam organisasi kami, kami menawarkan pinjaman pada tingkat bunga rendah dari 2% untuk membantu meningkatkan kebutuhan bisnis Anda, keluarga atau status keuangan Anda ..
    Anda dapat menghubungi kami di BOX EMAIL kami untuk memproses kebutuhan pinjaman youur
    nouvieesandandra@gmail.com

    NB: KAMI DISINI UNTUK MEMBANTU ANDA FINANSIAL DAN MEMBUAT ANDA STABIL
    hubungi agen via gmail untuk menerapkan

    ReplyDelete
  47. Apakah Anda lelah mencari kredit? Anda terus-menerus ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Kabar baik di sini! Kami menawarkan pinjaman berkisar antara R $ 7,000.00 USD 40,000,000.00 min Max. Pertama, setiap membatalkan pay-per-sedikit pun hanya memberikan pinjaman tanpa bunga 2%. Bersertifikat dan memakai diandalkan. Bukti Anda akan meyakinkan Anda. e-mail korporat: Theresaloancompany@gmail.co
    Nomor telepon:
    Perusahaan 345 Baker Street London, Inggris RG21 6YT. Memberikan kami informasi berikut: Nama Lengkap ............... Negara: Jenis kelamin ...........: ............ . Nomor telepon ......... ..... Diperlukan Jumlah: Panjang .............: ............... . ......... Pendapatan Bulanan: * Personal Loan (Tanpa Jaminan) * Pinjaman Bisnis: ................. Kami menawarkan jenis berikut pinjaman yang disetujui (tidak aman ) * Konsolidasi Pinjaman * Student Loan * Mortgage Investasi dan banyak lagi. Semua tanggapan harus dikirim ke Perusahaan Email:. Saya theresaloancompany@Gmail.com
    Nomor telepon:
    Perusahaan 345 Baker Street London, Inggris RG21 6YT

    ReplyDelete
  48. Hi Saya Mr Jerry Thompson dari kreditur
    Pinjaman pribadi, dan saya di sini untuk membuat impian Anda menjadi kenyataan
    mendapatkan pinjaman, menjadi kenyataan. Apakah Anda membutuhkan pinjaman
    mendesak? Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk melunasi utang Anda?
    Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk ekspansi
    Bisnis Anda atau memulai bisnis Anda sendiri, kami
    di sini untuk Anda dengan tingkat bunga rendah
    2% dan Anda bisa mendapatkan kredit sebesar $ 1.000 hingga $
    100.000, 000.00 dan jumlah pinjaman maksimum. sampai
    jadi sekarang, berusia 50 tahun, silahkan hubungi kami di
    surat jerrythompson189@gmail.com atau kunjungi website kami di
    http://jerrythompson189.wix.com/jerrythompsonloan.

    ReplyDelete
  49. Halo,

    Apakah Anda membutuhkan bantuan keuangan? Jadi jika Anda berada dalam kesulitan keuangan, gejolak keuangan, dan Anda perlu uang untuk memulai bisnis Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk melunasi hutang atau membayar tagihan Anda. Mohon email kami di whitevaneeloanfirm@gmail.com

    Mohon mengisi formulir di bawah ini sebagai langkah pertama untuk memperoleh pinjaman dari kami.

    RINCIAN KREDIT APLIKASI:

    Nama: .................

    Email: .....................

    Ponsel: ..............

    Residential Alamat: .......

    Kota: ......................

    State / Province: ............

    Negara: ...................

    Fax: ................

    Umur: .............

    Jenis Kelamin: ....................

    Status Pernikahan:

    pekerjaan:

    Pendapatan bulanan:

    Berikutnya Kin:

    Keluarga Alamat: .......

    Jumlah pinjaman yang dibutuhkan: ........

    Panjang Loan (15 tahun maksimum): .............

    Tujuan pinjaman: ..........

    Setelah kita mendapatkan email dari aplikasi Anda online atau melalui rincian, kami akan mengirimkan syarat dan ketentuan pinjaman.

    salam dan hormat kami

    JOYCE PUTIH Vanee

    CEO PUTIH Vanee PINJAMAN PERUSAHAAN

    ReplyDelete
  50. Nama saya Dian Palmer S., Saya seorang pemberi pinjaman Uang terdaftar yang
    diizinkan untuk memberikan pinjaman Jaminan kepada individu dan perusahaan Bisnis
    dan juga untuk setiap tubuh yang membutuhkan bantuan keuangan di sini di United State dan di seluruh dunia.
    Apapun kebutuhan pinjaman Anda, jangka panjang atau pinjaman jangka pendek, pribadi
    atau hipotek, kami siap untuk berbicara dengan Anda tentang bagaimana kami dapat memenuhi Anda
    kebutuhan, dan bagaimana Anda bisa mendapatkan pinjaman ini melalui transfer bank atau kasir cek
    telah mengirimkan kepada Anda. Biarkan kami membantu Anda mengatur pembiayaan dan juga mendapatkan pinjaman sangat sah
    kami menawarkan baik pinjaman aman dan tidak aman.

    Durasi Pinjaman: maksimum 6-15yrs
    Jumlah Lendinf: $ 3000 $ 42Million

    Silahkan hubungi kami hari ini dengan mengirimkan email ke email berikut
    addresss.
    EMAIL: zatemfinservice@gmail.com

    Untuk Pertanyaan / klarifikasi silakan email;
    helpdesk@zatemfinancial.com atau Kunjungi: www.Zatemfinancial.com

    Dan juga mengirimkan rincian yang dibutuhkan di bawah ini:
    Jumlah Dibutuhkan:
    Durasi pembayaran yang akan sesuai dengan rencana Anda:
    CATATAN: semua balasan HARUS DIKIRIM KE ALAMAT INI EMAIL:
    zatemfinservice@gmail.com
    Saya menunggu respon Anda

    Salam
    Dian Palmer S.
    Mission, Texas
    956-513-0033
    ZATEM JASA PINJAMAN KEUANGAN

    ReplyDelete
  51. Saya Fatimawati, saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS.Who yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah QUALITYLOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir 32 juta di tangan pemberi pinjaman palsu. Tapi qualityloan memberi saya mimpi saya kembali. Ini adalah alamat email yang sebenarnya mereka: qualityloanfirm@asia.com. Email pribadi saya sendiri: fatimatu.said99@gmail.com. Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda inginkan. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan untuk saran saya. hati-hati

    ReplyDelete
  52. Halo, nama saya PUSPITA Damanik. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa lender online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Belinda yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari RP 700.000.000 (700 JUTA Rp) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena aku berjanji padanya bahwa aku akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apapun, silahkan hubungi dia melalui emailnya: belindalamarloanltd@gmail.com atau aid.financial@financier.com
    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya puspitadamanik21@gmail.com.
    Sekarang, semua yang saya lakukan adalah mencoba untuk bertemu dengan pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    ReplyDelete
  53. Halo, saya Rasheeda Muhammad dari Indonesia, dan saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk memperingatkan semua orang di sini untuk berhati-hati dari semua pemberi pinjaman pinjaman yang menimbulkan menjadi nyata. Mereka semua penipuan dan palsu dan niat mereka adalah untuk merobek Anda dari uang Anda sulit diperoleh. Saya telah menjadi korban pinjaman perusahaan ini tetapi tidak ada yang mampu memberikan pinjaman saya mencari sampai saya datang di Ibu Amanda Amanda Badan Kredit. Dia menawarkan saya pinjaman pada tingkat bunga yang terjangkau dari 2% dengan hanya beberapa formalitas dan persyaratan.
    Setelah saya bertemu dengan persyaratan dan kondisi perusahaan, pinjaman saya disetujui dan saya sangat mengejutkan, itu ditransfer ke rekening bank saya dalam waktu kurang dari 24 jam.
    Anda dapat menghubungi Ibu Amanda melalui emailnya amandaloan@qualityservice.com dan Anda juga dapat menghubungi saya di rasheedamuhammad10@gmail.com saya email saya hanya bersaksi Ibu Amanda akan baik dan bantuan yang diberikan kepada dia saya dan keluarga saya dan saya juga ingin Anda menjadi penerima manfaat dari tawaran pinjaman nya.

    ReplyDelete
  54. Halo, nama saya PUSPITA Damanik. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa lender online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Belinda yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari RP 700.000.000 (700 JUTA Rp) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena aku berjanji padanya bahwa aku akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apapun, silahkan hubungi dia melalui emailnya: belindalamarloanltd@gmail.com atau aid.financial@financier.com
    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya puspitadamanik21@gmail.com.
    Sekarang, semua yang saya lakukan adalah mencoba untuk bertemu dengan pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    ReplyDelete
  55. Kesaksian tentang bagaimana saya ditawari pinjaman tanpa agunan hanya 2% bunga.
    Nama saya Erna Wati, saya tinggal di sini di Indonesia dan saya saksi hidup dari kabar baik tentang Anita Lason Badan Kredit.
    Silahkan saya ingin Anda mendengarkan saya sangat hati-hati, diinformasikan bahwa tidak ada pemberi pinjaman di sini adalah bersedia untuk membantu Anda, bukan mereka hanya di sini untuk merobek Anda uang Anda sulit diperoleh. Suami saya dan saya sedang mencari pinjaman dari lender online yang berbeda tetapi pada akhirnya, kami ditipu dan merobek uang kita dengan perusahaan pinjaman yang berbeda bahkan online.We meminjam uang untuk membayar ini pemberi pinjaman online tapi pada akhirnya, kita punya apa-apa dan scammed dan ditipu.
    Suami saya dan saya berada di utang dan kami tidak punya satu untuk menjalankan untuk membantu, bisnis keluarga kami hancur dan kami tidak mampu untuk mendapatkan uang untuk memenuhi biaya sehari-hari mereka sampai kami diperkenalkan kepada Ibu Anita yang membantu kami dengan kami menawarkan tanpa jaminan pinjaman sebesar Rp 650.000.000 {ENAM RATUS LIMA PULUH JUTA RUPIAH INDONESIA} dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena aku berjanji bahwa dia saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres.
    Silahkan Hubungi Ibu Anita hari ini untuk pinjaman Anda dan melupakan orang di sini yang menjanjikan Anda pinjaman karena pada kedua ujungnya, Anda tidak akan mendapatkan pinjaman mereka bukan ditipu selamanya. Saya mencintai negara saya dan saya harus mencegah kita dari telah scammed oleh pemberi pinjaman jahat pada internet.So jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email dia di anitalasonloanltd@gmail.com
    Untuk informasi lebih lanjut tentang bagaimana untuk mencapai Ibu Anita atau mengikuti prosedur pinjaman, Write saya melalui email saya, ernawati4929@gmail.com.

    ReplyDelete
  56. Buat semua masyarakat Indonesia jangan mudah percaya dengan semua komentar dari orang pada website ini yang mengatakan sudah mendapatkan pinjaman uang dari lender asing. Saya sudah menjadi korban penipuan oleh lender asing yang bernama Belinda Lamar dengan dibantu oleh Pupita Damanik, Rasidat Wulandari dan Sofiat Muhammad. Saya bisa memberikan bukti nyata mengenai penipuan yang dilakukan oleh mereka semuanya, jadi jangan mudah percaya dengan semua lender asing. Anda bisa menghubungi email saya: antonds10@gmail.com. Waspada dan berhati-hatilah dengan tipu daya semua lender asing yang selalu memberikan pernyataan yang tidak benar. Hati2 terhadap orang yang bernama Emmanuel Ruth, Amanda Richardson, Belinda Lamar, Anita Ladon, Stanley John Gabriel Vonk.

    ReplyDelete
  57. Perhatikan kredit,

     Selamat Datang Ecobank PLC Pasokan INC., Sebagai bagian dari paket kesejahteraan untuk menawarkan bisnis dan pinjaman pribadi dengan suku bunga 2% tanpa pemeriksaan kredit. Hal ini akan memungkinkan orang untuk mencapai mereka. tujuan. Pembiayaan mereka yang tertarik harus bebas untuk email kami di: ecobank457@gmail.com.


    * Pinjaman Pribadi (Tanpa Jaminan)
    * Kredit Usaha (Tanpa Jaminan)
    * Pinjaman Konsolidasi Utang
    * Meningkatkan rumah Anda

    Aplikasi:

    1) Nama:
    2) Judul (Mr, Ms, (MS).
    3) Nama:
    4) Alamat:
    5) Alamat:
    6) Negara:
    7) menyatakan:
    8) Telepon:
    9) HP:
    10) Pekerjaan:
    11) jumlah yang diperlukan sebagai pinjaman.
    12) durasi pinjaman.
    13) tujuan pinjaman.
    14) Anda harus menerapkan pertama.

     Semua tanggapan harus dikirim ke: E-mail: tarif Pinjaman dari 2% tanpa jaminan lebih jauh ini akan membantu orang mencapai mereka. tujuan. Pembiayaan mereka yang tertarik harus bebas untuk email kami di: ecobank457@gmail.com. Ketika kita mendapatkan permintaan, maka kami akan memproses aplikasi pinjaman Anda.
     Persetujuan

    Salam dan hormat kami
     Ecobank PLC
    Penyiar radio

    ReplyDelete
  58. Слушай, не кредитор здесь не желает, чтобы помочь вам, а они только здесь, чтобы сорвать тебя свои с трудом заработанные деньги. Мой муж и я искали кредитов от различных кредиторов в Интернете, но в конце концов, мы были обмануты и разорвал наши деньги различными кредитных компаний в Интернете.
    Мы даже заняли деньги, чтобы оплатить эти онлайн кредиторов, но в конце концов, мы не получили ничего.
    Я и мой муж был в долгах, и мы никого не было, чтобы запустить за помощью, наш семейный бизнес рухнул, и мы были не в состоянии получить деньги, чтобы удовлетворить наши ежедневные расходы, пока мы не были введены миссис Аманды, который помог нам, предлагая нам необеспеченных кредит.
    Для получения более подробной информации о том, как добраться до миссис Аманда или следовать ей процедуры кредитования, свяжитесь со мной через любой из моей электронной почты, faridaaguss@gmail.com
    Или вы можете отправить письмо миссис Аманды на amandaloan@qualityservice.com и Аманда кредит firm@cash4u.com

    ReplyDelete
  59. Aku harus bersaksi tentang perbuatan baik dari Ibu Amanda Amanda Badan Kredit. Saya Husnah dan saya mengambil waktu saya keluar untuk bersaksi Ibu Amanda karena dia akhirnya menawarkan apa yang tidak ada orang lain bisa.
    Saya dan suami saya masuk ke utang yang sangat besar dengan debitur dan Bank dan kami mencari pinjaman dari perusahaan pinjaman yang berbeda tetapi semua datang ke sia-sia. sebaliknya mereka membawa kita ke dalam lebih banyak utang dan berakhir meninggalkan kami bangkrut sampai saya datang di kontak dengan Ibu Amanda, Dia menawarkan saya pinjaman meskipun pada awalnya saya takut itu akan berakhir seperti setiap perusahaan pinjaman lain saya datang di tapi dia tidak seperti mereka. Sekarang kita telah akhirnya menetap utang kami dan memulai bisnis baru dengan uang yang tersisa dari pinjaman.
    Hubungi Ibu Amanda melalui salah satu email berikut. amandaloan@qualityservice.com atau amandaloanfirm@cash4u.com atau Anda dapat menghubungi saya melalui email saya untuk arahan lebih lanjut ikmahusnah@gmail.com

    ReplyDelete
  60. Halo, saya bernama MORAIDA LUNA. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan karena putus asa, saya telah penipuan oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Mrs Amanda yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan 53.000 euro pada kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena itu saya berjanji saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda membutuhkan setiap pinjaman apapun, menghubunginya via email nya: amandaloan@qualityservice.com atau amandaloanfirm@cash4u.com
    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya moraidaluna@gmail.com.
    Sekarang, semua saya lakukan adalah mencoba untuk bertemu dengan pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekeningnya bulanan.

    ReplyDelete
  61. Halo, nama saya Chrisna DAMAYANTI. Saya seorang penerima BELINDA PINJAMAN PERUSAHAAN dan saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana terutama di sini di internet. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, robek dari uang yang diperoleh keras dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa lender secara online untuk mencari pemberi pinjaman yang benar dan jujur. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebutIibu Belinda yang meminjamkan kepada saya sebuah pinjaman tanpa jaminan dari Rp 330.000.000 (tiga ratus tiga puluh JUTA RUPIAH INDONESIAH) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan Tingkat bunga hanya 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan ditransfer langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan. Karena aku berjanji kepadanya bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadilah yakinlah dan yakin bahwa ini adalah sangat nyata karena saya memiliki semua bukti pengolahan pinjaman ini termasuk kartu id, bukti pembayaran dan semua karya kertas. Saya percaya Ibu Belinda dengan sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan ini membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: Belindalamarloanfirm@gmail.com atau aid.financial@financier.com.
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di chrisnayanti12@gmail.com jika Anda menemukan kesulitan atau ingin prosedur untuk mendapatkan pinjaman dan bebas ..
    Sekarang, semua yang saya lakukan adalah mencoba untuk bertemu dengan pembayaran bulanan pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke perusahaan rekening bulanan seperti yang diarahkan.

    ReplyDelete
  62. Markus Achmad, saya di sini untuk memberikan kesaksian tentang bagaimana saya mendapat pinjaman dari Amanda Firm Kredit. Aku melihat sebuah iklan di internet oleh Ikmaludin Husnah bersaksi tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari Ibu Amanda, saya menghubungi Ikmaludin Husnah melalui emailnya ikmahusnah@gmail.com dan dia menjelaskan semuanya di rinci kepada saya. Saya diarahkan ke Ibu Amanda dan saya menghubungi dia melalui amandaloan@qualityservice.com dan amandaloanfirm@cash4u.com.
    markusachmad@gmail.com adalah email saya, Anda dapat menghubungi saya melalui email ini untuk pertanyaan.

    ReplyDelete
  63. Nama saya Dewi Rumapea, saya dari Indonesia, saya dengan cepat ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan seluruh Indonesia yang mencari pinjaman di internet sangat berhati-hati untuk tidak jatuh di tangan scammers dan fraudstars, ada banyak kredit palsu lender di sini di internet dan beberapa dari mereka adalah asli, saya pernah tertipu dan ditipu di sini online sebelum seorang teman yang mendapat pinjaman baru menghubungkan saya dengan seorang wanita bernama Ibu Glory yang merupakan CEO dari Glory Badan Kredit. Jadi saya diterapkan untuk jumlah pinjaman 500 juta dengan tingkat bunga rendah dari 2%, tidak ada jaminan, karena saya mengatakan kepadanya apa yang saya ingin menggunakan uang itu untuk membangun bisnis dan pinjaman saya disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua persiapan yang dilakukan pada transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah pendaftaran pinjaman, itu mimpi datang melalui, jumlah pinjaman saya 500 juta dikreditkan di rekening bank saya hanya dalam selang waktu dua jam. Jadi saya ingin saran mereka sedang mencari untuk pinjaman di sini secara online harus berlaku untuk perusahaan asli, cepat hubungi sekarang email: di gloryloanfirm@mail.com. dia tidak tahu bahwa aku melakukan ini. Saya berdoa agar Tuhan memberkati dia untuk hal-hal baik yang telah dilakukan dalam hidup saya. Anda juga dapat menghubungi saya di dewiputeri9@gmail.com untuk info lebih lanjut.

    ReplyDelete
  64. PENAWARAN PINJAMAN UNTUK SEMUA (DAFTAR SEKARANG)

    Apakah Anda seorang pengusaha atau wanita? Apakah Anda di stres keuangan? Anda perlu Uang untuk memulai bisnis Anda sendiri? Apakah Anda memiliki pendapatan rendah dan merasa sulit untuk mendapatkan pinjaman dari bank lokal dan lembaga keuangan lainnya? Jawabannya ada di sini, Angela Davids Badan Kredit adalah jawabannya. Kami menawarkan;

    a) pinjaman pribadi, ekspansi bisnis.
    b) Business Start-up dan pendidikan.
    c) konsolidasi utang.
    d) pinjaman Keras Uang.

    Namun, metode kami menawarkan kemungkinan untuk menunjukkan jumlah pinjaman yang dibutuhkan dan juga durasi Anda mampu untuk menyelesaikan pembayaran pinjaman dengan tingkat bunga 2%. Ini memberi Anda kesempatan nyata untuk mengumpulkan uang yang Anda butuhkan. Kandidat yang tertarik harus menghubungi kami melalui: angeladavidsloan@gmail.com

    ReplyDelete
  65. Halo, nama saya GORDIA dan saya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan satu perusahaan dan pinjaman besar pemberi pinjaman bernama Mrs. Belinda {CEO Eksekutif BELINDA PINJAMAN PERUSAHAAN}. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa lender di sini secara online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke Ibu Belinda dari BELINDA PINJAMAN PERUSAHAAN yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan Rp 500.000.000 kepada saya dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya juga berjanji saya akan berbagi dan menyebarkan berita baik sehingga setiap orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres, penundaan atau telah scammed. silahkan, jika Anda intrested atau membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email: belindalamarloanfirm@gmail.com atau aid.financial@financier.com
    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya gordialuna@gmail.com.
    Sekarang, semua yang saya lakukan adalah mencoba untuk bertemu dengan pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    ReplyDelete
  66. KABAR BAIK !!! KABAR BAIK !!! KABAR BAIK !!!
    Saya nama feyilfatma, tinggal di Indonesia, saya adalah seorang Muslim yang taat Saya ingin menggunakan
    Media ini untuk mengingatkan semua orang mencari pinjaman untuk berhati-hati tentang scammers karena bulan everywhere.Few lalu saya finansial turun, dan karena kebutuhan saya, putus asa dan kemiskinan, saya telah scammed oleh beberapa perusahaan bernama pinjaman online. Aku tidak kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Mrs theresa yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari $ 57.000 dalam 24 jam tanpa tekanan, pada awalnya itu seperti mimpi bagi saya sampai aku melihat angsuran pertama saya peringatan 2 jam setelah saya diterapkan. Saya mendorong sesama Indonesia yang membutuhkan pinjaman untuk silahkan hubungi Ms. Theresa melalui: theresaloancompany@gmail.com
    Hati-hati! Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui: feyzilfatma@gmail.com

    ReplyDelete
  67. Halo,
    Apakah Anda secara finansial turun? mendapatkan pinjaman sekarang dan bisnis Anda menghidupkan kembali, Kami adalah pemberi pinjaman dapat diandalkan dan kami memulai program pinjaman ini untuk memberantas kemiskinan dan menciptakan kesempatan bagi yang kurang istimewa untuk memungkinkan mereka membangun sendiri dan menghidupkan kembali bisnis mereka. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kami melalui email: (gloryloanfirm@gmail.com). mengisi formulir Informasi Debitur berikut:

    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Durasi Pinjaman: ____________
    Tujuan pinjaman: _____________
    Nomor ponsel: ________

    silahkan mengajukan permohonan perusahaan yang sah.

    ReplyDelete
  68. Apakah Anda berpikir untuk mendapatkan bantuan keuangan, apakah Anda serius membutuhkan pinjaman mendesak, apakah Anda berpikir untuk memulai bisnis Anda sendiri, Anda berada di utang, ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda karena kami memberikan pinjaman pribadi, pinjaman usaha, dan kredit korporasi, dan segala macam pinjaman pada tingkat bunga 2% .HURRAY !!! Ini hampir sampai ke akhir tahun ini dan kami berada di Lucy Badan Kredit, kami menjamin semua klien berharga kami bahwa mereka akan mendapatkan semua pinjaman individu dengan senyum di wajah mereka.
    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email {} Lucysmithloanfirm@gmail.com

    Informasi Peminjam:

    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Pinjaman Durasi: ____________
    Pinjaman bunga: _____________
    Nomor ponsel: ________

    Lucysmithloanfirm
    (Lucysmithloanfirm@gmail.com)

    ReplyDelete
  69. Kesaksian !!! Kesaksian !!! kesaksian !!!
    Nama saya Endah Faridah, saya tinggal di jakarta Indonesia, saya seorang Muslim yang taat Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu semua orang mencari pinjaman untuk berhati-hati tentang scammers karena mereka setiap tempat, beberapa bulan yang lalu aku finansial turun, dan karena kebutuhan saya, putus asa dan kemiskinan, saya telah scammed oleh beberapa perusahaan bernama pemberi pinjaman online. Saya kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman dia sangat handal disebut ibu Lucy Smith yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari $ 150,988USD dalam 24 jam tanpa tekanan, pada awalnya itu seperti mimpi bagi saya sampai saya melihat peringatan angsuran pertama dari saya 2 jam setelah saya diterapkan. Saya mendorong sesama Indonesia yang membutuhkan pinjaman untuk silahkan hubungi Ibu Lucy Smith melalui: lucysmithloanfirm@gmail.com
    Awas! Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui: faridahendah007@gmail.com

    ReplyDelete
  70. Halo, saya Mrs Sarah Emmanuel, saya bekerja dengan sebuah perusahaan pinjaman pinjaman pribadi. Kami ke pinjaman kredit, kami memberikan pinjaman kesempatan seumur hidup bagi Anda untuk membayar tagihan, utang pribadi Anda dan membangun bisnis Anda sendiri. Kami memberikan pinjaman kepada individu, bentuk organisasi dan perusahaan pada tingkat start-up dari 2%. Jadi hubungi kami hari ini via email:
    (Sarahemmanuel@gmail.com)

    ReplyDelete
  71. Halo, aku mr Recardo, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih karena kami berada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis pada tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui email di: Recardoroland.loanfirm@gmail.com

    ReplyDelete
  72. Dubril Bandan Kredit, menawarkan pinjaman aman dan tidak aman untuk individu, pembentukan pribadi dan umum tanpa agunan.
    tingkat bunga kami adalah pada tingkat yang terjangkau dari 2% dan kami proses pinjaman / pengadaan adalah yang terbaik yang pernah Anda dapat mendapatkan.
    Kami menawarkan setiap jumlah pinjaman dan untuk alasan yang masuk akal.
    Hubungi kami hari ini untuk pinjaman Anda melalui,
    Email: dubrilloanfirm@gmail.com
    Skype: dubrilloanfirm1

    ReplyDelete
  73. Saya lian she tinggal di Rejosari 008/005, Baleharjo, Wonosari, Gunungkidul, Yogyakarta, senang anounce kepada dunia bahwa saya mendapat nilai pinjaman saya sebesar Rp 380.000.000 juta dari (anthony.yulianalenders@gmail.comi) setelah beeing scammer Rp 15.juta oleh beberapa kreditur palsu, silahkan bagi anda yang mencari untuk pinjaman harus sangat berhati-hati karena ada pemberi pinjaman palsu di mana-mana, terima kasih mungkin allah memberkati Anda semua, emial saya adalah (lianshe4@gmail.com)

    ReplyDelete