Tuesday, November 26, 2013

“GREEN BUILDING”, KEPEDULIAN SINAR MAS LAND TERHADAP LINGKUNGAN



“GREEN BUILDING”, KEPEDULIAN  SINAR
MAS LAND TERHADAP LINGKUNGAN






       Bulan Oktober 2013 lalu, saya terbang dari Denpasar ke Jakarta untuk urusan pendidikan selama seminggu. Perjalanan naik bus way dari Kota-Blok M melewati Jalan M.H. Thamrin. Ada pemandangan menarik ketika melewati Jalan M.H. Thamrin tersebut. Saya masih teringat ada gedung bernama Plaza BII dan Wisma BII. Kok gak ada ya?, pikir saya. Yang ada adalah “Sinar Mas Land Plaza”. Usut punya usut, ternyata Plaza BII dan Wisma BII dimerger menjadi Gedung “Sinar Mas Land Plaza” yang dibangun oleh Sinar Mas Land. Gedung  terkesan hijau di tengah hiruk- pikuknya Kota  Jakarta.  Sinar Mas Land merupakan anak perusahaan dari Sinar Mas Group milik Taipan Eka Cipta Widjaja yang dipercayakan kepada cucunya CEO Michael Widjaja. Sinar Mas Land merupakan perusahaan yang bergerak dalam pengembangan properti dan real estate, merger dari dua perusahaan besar, yaitu:  Bumi Serpong Damai Tbk. dan Duta Pertiwi Tbk.


       Gedung-gedung yang dibangun oleh Sinar Mas Land, seperti : 1) Residential projects (Balikpapan Baru, Banjar Wijaya, Grand City-Balikpapan, Legenda Wisata, Li Shui Jin Du-Chengdu), 2) Commercial and industrial projects    (BSD Techno Park, Greenland International Industrial City (GIIC) Deltamas, Karawang International Industrial City (KIIC), Orchard Towers-Singapore, Plaza BII, Wisma BCA-BSD City, Wisma BII Medan), 3) Retail and trade centre projects (ITC Mangga Dua,    DP Mall Semarang, Harco Mas Mangga Dua, ITC BSD, dan 4) Hotel, resort and golf course projects  (Damai Indah Golf-BSD, Damai Indah Golf-PIK, Grand Hyatt,    Kota Bunga, Le Grandeur Balikpapan, Le Grandeur Jakarta, Le Grandeur Palm Resort-Johor).
        Gedung Sinar Mas Land Plaza yang menerapkan konsep “green building” merupakan kepedulian dari Sinar Mas Land terhadap lingkungan. Hal ini memberikan nilai tambah untuk mendapatkan berbagai penghargaan, baik nasional maupun internasional, seperti: 1) Tahun 2013, Asia Pacific Property Award 2013-2014 untuk Cluster Primavera di Foresta, BSD City, dan 2) Tahun 2013, Asia Pacific Property Award 2013 untuk Sinar Mas Land Plaza Office.  Tahun 2012, Sinar Mas Land juga mendapatkan penghargaan internasional karena teknologi ramah lingkungan adalah  Gedung Sinar Mas Land Plaza, BSD City dan Kampus Institut Teknologi & Sains Bandung (ITSB), Kota Deltamas, Cikarang. Penghargaan berasal dari Hong Kong Green Building Award 2012 pertengahan Juni 2012. 



       Sinar Mas Land memperhatikan kriteria-kriteria gedung yang baik,  meliputi overview (solusi mengatasi tantangan alam desain, kualitas (arsitektur, finishing, fungsi, pencahayaan, serta aspek keselamatan), keamanan, dan sustainability (fitur pendukung, metode penggunaan teknologi inovasi, pengukuran efisiensi energi, eco friendly termasuk lampu, climate control, water recycling, conservation). Teknologi ramah  lingkungan yang diterapkan Gerdung Sinar Mas Land Plaza seperti: Penerangan Jalan Umum (PJU) sekitar gedung menggunakan tenaga surya dan lampu LED hemat energi, area lobi tidak memakai Air Conditioning (AC), tetapi memanfaatkan aliran udara dari luar. Gedung ini juga dikelilingi taman hijau nan asri. Hal ini mematahkan anggapan orang, bahwa bisnis properti berskala besar seringkali identik dengan stigma negatif tindakan yang mengancam kelestarian alam, mulai dari tidak menghiraukan daerah resapan air, menggunduli lahan hijau, hingga penggunaan berbagai alat berat yang merusak tanaman dan lahan subur. Di Gedung Sinar Mas Land Plaza-lah, lingkungan lebih penting dari segalanya. Go Green Building!

Kunjungi www.sinarmasland.com







          


1 comment: