Saturday, May 3, 2014

CANON PIXMA INK EFFICIENT E400, 3 IN 1 PRINTER YANG MENCETAK LEBIH BANYAK DAN HARGA TERJANGKAU




CANON PIXMA INK EFFICIENT E400, 3 IN 1 PRINTER

YANG MENCETAK LEBIH BANYAK

DAN HARGA TERJANGKAU


Oleh Casmudi, S.AP


           Keberadaan printer sekarang ini bukanlah menjadi kebutuhan sekunder atau tersier lagi. Di berbagai kantor atau usaha yang mencetak berbagai dokumen, seperti percetakan, jasa pembuatan makalah dan pengetikan, kehadiran printer sangatlah urgent. Jangan kaget, kalau pemakaian printer sudah menjadi kebutuhan primer. Namun kehadiran berbagai merk printer yang hadir di pasaran sering membuat bingung konsumen untuk memilih printer mana yang terbaik. Apalagi pekerjaan sampingan saya yang menerima jasa pengetikan dan pembuatan makalah benar-benar membutuhkan printer yang mempunyai banyak kelebihan.



           Dari berbagai merk printer yang hadir di pasaran Indonesia,  mungkin merk Canon merupakan produk yang tidak asing lagi di kalangan masyarakat. Sangat dikenal dan digandrungi. Banyak alasan, mengapa merk canon lebih diunggulkan dibandingkan dengan merk lainnya, seperti: 1) Canon memiliki kecepatan print yang baik, mampu mencetak diatas 1 lembar dalam waktu kurang dari 1 menit.  Hal ini sangat cocok bagi anda yang ingin mencetak dalam jumlah banyak seperti kantor dan tugas pelajaran atau kuliah, 2) Kualitas cetak yang baik, untuk mode standar saja Canon menampilkan hasil yang bagus bila menggunakan mode foto hasilnya jauh lebih sempurna, 3) Memiliki banyak pengaturan kecepatan, kualitas, terang gelap dan penggunaan kertas.  Canon memberikan banyak kebebasan bagi penggunanya untuk melakukan pengaturan tersebut, 4) Bila terjadi kesalahan ada beberapa yang dapat ditangani langsung tanpa harus membawanya ke bengkel service, 5) Mudah dipasang sistem tinta infus (CISS), 6) Memiliki banyak jenis/variant yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan,  7) Untuk type printer dengan ink tank, masa pakainya dapat lebih lama dibandingkan dengan sistem catridge, 8) Sangat awet jika pemakaian tinta hitam lebih dominan dibanding warna, 9) Harga relatif murah, dan 10) Sangat cocok buat perkantoran dan pelajar atau mahasiswa.
            Meskipun pada kenyataannya, dalam membeli printer yang terbaik memang sangatlah relatif. Hal ini dikarenakan, ada yang memilih dari segi kecepatan cetaknya, ketahanan produk atau kualitas hasil cetakan. Bahkan ada yang membeli karena faktor hematnya tinta yang dipakai dalam mencetak. Namun,  seiring perkembangan teknologi, banyak pihak yang menginginkan fungsi operasional dokumen lainnya, seperti scan dan copy dokumen bisa dibenamkan dalam satu perangkat printer. Dengan adanya keinginan tersebut, Canon mengembangkan pasar untuk printer yang mampu berfungsi 3 in 1, yaitu: printer, scan dan copy.

Canon PIXMA Ink Efficient E400 Memberikan Solusi

            Jika kita browsing situs perusahaan Canon, kita akan disuguhi berbagai produk dan dan varian printer yang ditawarkan. Semuanya terlihat sangat elegan. Apalagi untuk seri PIXMA sangat menarik untuk memilikinya. Banyak pilihan seri PIXMA yang ditawarkan dan mampu  menggoda konsumen.   




Perusahaan  Canon melalui PT. Datascrip yang bertindak sebagai authorized distributor Canon di Indonesia meluncurkan produk terbaru berupa printer Canon PIXMA Ink Efficient E400.  Menurut Marketing Executive Consumer System Product Division Canon PT. Datascrip, Susanto, menegaskan bahwa Canon PIXMA Ink Efficient E400  ditargetkan untuk kalangan pelajar atau mahasiswa  dan corporate.
           Printer Canon Pixma Ink Efficient E400 di-launching untuk menjawab keraguan dari berbagai pihak. Dimana, keraguan tersebut dalam hal mencetak dokumen dalam jumlah banyak karena takut tinta cepat habis. Oleh sebab itu, Canon memberikan solusi dengan menghadirkan  perangkat cetak all-in-one terbarunya yaitu Canon PIXMA Ink Efficient E400. 
          Canon juga mengklaim, bahwa Printer Canon Pixma Ink Efficient E400  lebih efisien dalam penggunaan tinta, baik untuk mencetak dokumen atau foto serta mampu memberikan kualitas cetak terbaik dan efisien dalam penggunaan tinta. Hal ini dikarenakan mampu mencetak lebih banyak, sehingga mampu menghemat pengeluaran. Apalagi harganya yang sangat terjangkau, yaitu dengan harga Rp. 875.000. Sedangkan kartrid yang digunakan untuk seri ini, yaitu PG-47 (hitam) dengan harga Rp. 95.000 dan CL-47 (warna) dengan harga Rp. 175.000. Sangat cocok untuk kalangan pelajar atau mahasiswa dan corporate yang sering membuat berbagai dokumen agar mampu mencetak lebih banyak. 

           Meskipun Canon PIXMA Ink Efficient E400 dipasarkan dengan harga yang lebih terjangkau. Tetapi, kelebihannya tidak dipandang sebelah mata. Dikarenakan, printer ini memiliki fungsi sebagai printer, copy, dan scan. Produk ini juga mampu mencetak hingga 400 halaman dokumen berbasis teks hitam dan 300 halaman berbasis teks warna. Sedangkan kecepatan cetaknya mencapai 8 ipm (images per minute) pada dokumen hitam dan 4 ipm pada dokumen warna. 


 


Yang lebih memanjakan konsumen (baca: pengguna) adalah  kemudahan yang ditandai dengan digunakannya teknologi Fast Front agar penggantian kartrid atau pengisian kertas dapat langsung dilakukan dari depan tanpa harus membuka printer. Nah, untuk mengetahui lebih jelas tentang kehadiran  Printer Canon PIXMA Ink Efficient E400, maka kita bisa memahami lebih detil dari spesifikasinya, sebagai berikut:

Spesifikasi Canon PIXMA Ink Efficient E400
Printer
Maximum Printing Resolution
4800 (horizontal) x 600 (vertical) dpi
Print Head / Ink
Type:
FINE Cartridge
Number of Nozzles:
Total 1,280 nozzles
Ink Droplet Size:
2pl
Ink Tank:
PG-47, CL-57
Print Speed
Based on ISO / IEC 24734.

Document: Col
ESAT / Simplex
approx. 4.0ipm
Document: B / W
ESAT / Simplex
approx. 8.0ipm
Printable Width
Up to 203.2mm (8inch)
Printable Area
Bordered Printing
Top margin: 3mm, Bottom margin: 16.7mm,
Left / Right margin: each 3.4mm (LTR / LGL: Left: 6.4mm, Right: 6.3mm)
Recommended Printing Area
Top margin: 31.6mm / Bottom margin: 29.2mm
Paper Size
A4, A5, B5, LTR, LGL, 4 x 6", 5 x 7", Envelopes (DL, COM10), Custom size (width 101.6mm - 215.9mm, length 152.4mm - 676mm)
Paper Handling - Rear Tray: E400 (Maximum Number)
Plain Paper
A4, A5, B5, LTR=60, LGL=10
Photo Paper Plus Glossy II (PP-201)
4 x 6"=20
Glossy Photo Paper "Everyday Use" (GP-601)
4 x 6"=20
Envelope
European DL / US Com. #10=5
Paper Weight
Rear Tray
Plain Paper: 64-105 g/m2, Canon specialty paper: max paper weight: approx. 275 g/m2
(Photo Paper Plus Glossy II
(PP-201))
Ink End Sensor
Dot count
Print Head Alignment
Manual
Scan
  
Scanner Type
Flatbed
Scanning Method
CIS (Contact Image Sensor)
Optical Resolution
600 x 1200dpi
Selectable Resolution
25 - 19200dpi
Scanning Bit Depth (Input / Output)
Grayscale:
16bits / 8bits
Colour:
48bits / 24bits (RGB each 16bits / 8bits )
Line Scanning Speed
Grayscale:
1.2ms/line (300dpi)
Colour:
3.5ms/line (300dpi)
Scanning Speed
Reflective: A4 Colour / 300dpi
Approx. 14secs.
Maximum Document Size
Flatbed:
A4 / LTR (216 x 297mm)
Copy

Maximum Document Size
A4 / LTR (216 x 297mm)
Compatible Media
Size:
A4, LTR
Type:
Plain Paper
Image Quality
Plain Paper:
Fast, Standard
Copy Speed Based on ISO / IEC 24735 and ISO / IEC 29183 standard.

Document: Colour:
sFCOT / Simplex:
approx. 30secs.
Document: Colour:
sESAT / Simplex:
Approx. 1.8ipm
Multiple Copy
Black / Colour
1 - 21 pages
System Requirements
Windows:
(Please visit www.canon-asia.com to check OS compatibility and to download the latest driver updates.)
Windows 8 / Windows 7 / Windows XP / Windows Vista
Macintosh:
Mac OS X v10.6.8 and later
General Specifications

Interface
USB 2.0 Hi-Speed
Operating Environment
Temperature: 15 - 30°C; Humidity: 10 - 80% RH (no dew condensation)
Storage Environment
Temperature: 0 - 40°C; Humidity: 5 - 95% RH (no dew condensation)
Acoustic Noise (PC Print)
Photo (4" x 6")
approx. 46.0dB(A)
Power
AC 100 - 240V, 50 / 60Hz
Power Consumption
Standby (scanning lamp is off) USB connection to PC
Approx. 1.0W
OFF:
Approx. 0.4W
Copying
USB connection to PC
Approx. 9W
Environment
Regulation:
RoHS (EU, China), WEEE (EU)
Eco-Label:
Energy Star
Dimension (W x D x H)

approx. 426 x 306 x 145mm
Weight

approx. 3.5kg





            Sumber: Canon.co.id


         Dari tabel spesifikasi di atas , tertera jelas bahwa Canon PIXMA Ink Efficient E400 mempunyai kelebihan multifungsi. Bukan hanya kemampuan print yang bisa diunggulkan, tetapi kemampuan scan dan copy-nya pun mempunyai banyak kelebihan. Dalam fungsi scan-nya, resolusi optiknya 600 x 1200 dpi.  Produk ini bisa melakukan scan dengan kecepatan 14 detik untuk kertas A4 warna dengan kedalaman 300dpi.
        Fungsi copy-nya pun tidak diragukan lagi.   Canon PIXMA Ink Efficient E400 mampu meng-copy dokumen warna dengan kecepatan 30 detik pada kertas A4. Dan yang penting adalah konsumsi listrik yang rendah dapat menghemat pengeluaran. Apalagi dengan dimensi 426 x 306 x 145mm dan berat produk 3,5 kg, sangatlah mudah untuk dibawa.  
Kelebihan Lain Canon PIXMA Ink Efficient E400
          Menurut Canon Division Director PT Datascrip, Merry Harun mengatakan, “PIXMA E400 dan E560 merupakan printer baru pelengkap di seri PIXMA Ink Efficient, yang memiliki kapasitas mencetak lebih banyak. Selain itu, biaya operasionalnya juga rendah dan ekonomis dibandingkan dengan jenis printer laser konvensional. Printer hebat tetapi tetap hemat”.




           Kelebihan lain Canon Pixma Ink Efficient E400 juga mendukung penghematan daya lewat fitur Auto Power ON/OFF yang ada di dalamnya. Sehingga ramah lingkungan dengan konsumsi energi yang lebih sedikit. Kehadiran fitur ini membuat printer akan otomatis masuk ke kondisi sleep ketika sedang tidak digunakan. Kemudian, akan langsung bekerja begitu ada perintah. Hal inilah yang menyebabkan printer ini menjadi hemat energi dan tentunya hemat biaya pengeluaran.



           Printer ini juga didukung oleh aplikasi My Image Garden. Aplikasi ini dimanfaatkan untuk membuat kolase atau kalender berisi koleksi foto Anda. Foto-foto tersebut juga bisa dibuat jadi lebih menarik dengan Fun Filter Effects seperti fish eye atau miniatur. Anda juga dapat mengorganisir koleksi foto dengan mudah melalui teknologi Image Assortment dan Face Recognition, yang akan memilah dan mengumpulkannya ke dalam satu folder. My Image Garden juga terintegrasi dengan Full HD Movie Print, dimana pengguna dapat mencetak salah satu frame yang diambil dari bidikan Canon EOS, PowerShot, IXUS atau pun camcorder Legria.




          Akhirnya, dengan berbagai kelebihan yang telah di-eksplor di atas, tidak ada keraguan lagi untuk memanfaatkan kehebatan, hematnya pengeluaran dan mencetak lebih banyak dokumen dari Canon Pixma Ink Efficient E400. Yuk!

Referensi:

http://fansmania.wordpress.com/2012/12/18/pilih-printer-canon-atau-epson/
www.canon.co.id
www.clover-online.com

 

9 comments:

  1. bapak yang baik bagaimanacara melakukan scening pada cenon e400

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang jelas kita koneksikan dulu USB ke komputer. Caranya hampir sama seperti kalo kita ngeprint data dari komputer. Jika di komputernya belum ada program scannya berarti kita perlu instalasi dulu. Ikuti petunjuk saja. Semoga berkenan. Slam hangat.

      Delete
    2. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
    3. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
    4. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  2. printer saya canon pixma e400 tapi susah kalau ngeprint page border, pasti atasnya gak ada page bordernya, intinya gak bisa full page. padahal ukuran kertasnya sudah saya atur. gimana cara pengaturan yang benarnya ea pak?

    ReplyDelete
  3. Printer saya E400 trnyata tintanya mahal juga yah tintanya 100 ribu cuma dapet dikit tintanya, mahalan di cartridge-nya doang.. kenapa ga ada refillnya yah biar lebih murah gitu,, saya jadi nyesel beli printer itu, karena, blum 1 minggu uda habis tintanya mana tugas saya banyak lagi,,, jadi 1 bulan aku harus keluarin duit 400 buat beli tnta print-nya, itu baru yang warna hitam blum lagi yang warna 150 ribu,,
    hadehhhh mau ku jual lagi lah printer ku ini.. yah emang sih harga printernya lumayan terjangkau, 800 ribu,, tapi tintanya itu loh mahal banget karena ga bisa pake tinta lain selain, tipe yang ditentukan, kalo pake tinta lain, yah ga bisa dipake printlah,,,jadi yah mau gmna lagi,, pokoknya nyesel aja belinya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama pa , printer saya E400 ga bisa di isi tinta (refill) harus ganti catride, bukannya ekonomis tapi malah boros ....nyesel gue beli printer kaya gini :)

      Delete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete