Friday, January 13, 2017

Pad Thai, Kuliner Khas Thailand



Pad Thai, Kuliner Khas Thailand yang Mengundang Selera

 Pad Thai, kuliner Thailand (Sumber: dokumen pribadi)



Negeri Gajah Putih (The White Elephant) alias Thailand memang memberikan pesona wisata untuk masyarakat dunia. Kondisi pariwisata yang hampir meningkat setiap tahunnya di Asia Tenggara didukung oleh tempat-tempat wisata yang sudah mendunia seperti Pantai Pattaya, Krabi, Pagoda dan lain-lain. Bukan hanya tempat wisata yang menarik wisatawan, tetapi kuliner khasnya juga sangat disukai para wisatawan. Banyak wisatawan dari Indonesia  yang menyukai kuliner khas Thailand, wisatawan mancanegara lainnya juga dibuat ngiler untuk mencicipinya.
Banyak kuliner khas Thailand yang sudah tidak asing lagi bagi wisatawan yang pernah datang mengunjunginya. Kini, untuk menikmati kuliner khas Thailand bisa kita nikmati di luar Thailand seperti di negeri kita Indonesia. Beberapa makanan khas yang sudah melegenda di kalangan dunia kuliner di antaranya Tom Yam dan Pad Thai. Kita bisa menemui kuliner tersebut di negeri kita, tidak perlu datang langsung ke Thailand. Meskipun banyak kalangan menyatakan bahwa menikmati kuliner Thailand di tanah kelahirannya serasa makan buah dari pohonnya. Sensasinya berbeda dengan menikmati kuliner di luar Thailand.
Namun, bagi saya bahwa menikmati kuliner baik di negara Thailand maupun di negeri kita tidak ada bedanya. Toh, kalau resep dan cara penyajiannya sama akan menghasilkan rasa masakan yang tidak jauh berbeda. Oleh sebab itu, saya kepincut untuk mencicipi salah satu kuliner khas Thailand, Pad Thai. Untuk menikmati kuliner ini saya harus mencicipinya di sebuah Hotel di Kawassan Kuta Bali.
Sekilas, kuliner Pad Thai tidak berbeda jauh dengan kuliner mi yang sering disajikan oleh para koh-koh atau ci-ci di kawasan Glodok Jakarta. Atau, seperti kuliner mi gepeng yang sering dijual di restoran atau kawasan kaki lima di kota-kota besar di Indonesia seperti di Jakarta dan Surabaya. Yang membedakan dengan mi instan atau mi gepeng yang dijual di kawasan kaki lima adalah toping cabe merah dan hijau yang membuat mulut menjadi huh-hah, kepedasan. Rasa telur yang telah bercampur dengan mi menjadi lebih sehat dan mengenyangkan. Apalagi, jika ditaburi dengan remasan jeruk nipis maka kuliner ini akan terasa nikmat dan terhindar dari bau amis karena efek udang goreng.  


 Toping udang goreng, potongan cabe merah dan hijau dan remukan kacang goreng membuat nafsu untuk mencicipinya (Sumber: dokumen pribadi)


 Mi yang dipakai adalah mi gepeng seperti di restoran biasa atau kaki lima. Tambahan jeruk nipis dan sambel kecap manis membuat selera makan makin tergugah (Sumber: dokumen pribadi) 

Tambahan toping udang goreng dan kacang yang sudah diremukkan menjadi kuliner ini gurih dan maknyus. Tambahan kecap manis dan potongan cabe menjadi nafsu makan bertambah. Yang membuat ketagihan adalah minya tidak membuat enek di perut karena kekenyangan. Kondisi inilah yang membuat saya ingin mencoba lagi untuk menikmatinya.
Tentunya, sahabat-sahabat ingin mencoba kuliner khas Thailand Pad Thai ini. Anda bisa mengunjungi restoran khas Thailand yang ada di kota anda. Atau, anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Karena kuliner ini sangatlah mudah kita olah sendiri. Yang penting kita mau memasakanya. Jika ingin mencoba membuat sendiri di rumah, bisa mengikuti panduan memasak Pad Thai berikut ini (sumber dari sini): 
Resep Pad Thai
1.      Bahan-bahan yang diperlukan di antaranya:
1)      375 g mie Pad Thai kering, rendam dalam air hangat hingga lunak;
2)      4 sdm minyak goreng, untuk menumis;
3)      5 siung bawang putih, rajang halus;
4)      5 btr bawang merah, rajang halus;
5)      200 g udang kupas;
6)      250 g tahu putih, iris bentuk korek api, goreng setengah matang;
7)      200 g taoge, cuci bersih
8)      20 lbr kucai, potong-potong ukuran 5 cm
2.      Bumbu Pad Thai (campur jadi satu) :
1)      20 g asam, rendam dalam 10 sdm air panas, remas-remas, ambil airnya;
2)      4 sdm gula pasir;
3)      1 sdt garam;
4)      15 sdm kecap ikan;
3.      Bahan Pelengkap Pad Thai:
1)      1 bh jeruk nipis;
2)      2 sdm kacang goreng;
3)      3 bh cabe rawit, rajang kasar, campurkan dengan kecap ikan secukupnya;
4)      5 btr telur, untuk ceplok;
4.      Cara Membuat Pad Thai Noodle Spesial Lezat Khas Thailand:
1)      Panaskan minyak, tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum;
2)      Masukkan udang, masak sampai udang berubah warna;
3)      Masukkan tahu dan rice noodle. Aduk rata;
4)      Tambahkan bumbu pad thai, aduklagi sampai rata;
5)      Masukkan taoge dan kucai, aduk sebentar. Angkat;
6)      Letakkan di piring saji lalu tata bahan pelengkapnya juga;
7)      Pad Thai Noodle Spesial Lezat Khas Thailand siap disajikan.
 


 Menikmati Pad Thai di sebuah hotel kawasan Kuta Bali (Sumber: dokuemn pribadi)







No comments:

Post a Comment