Wednesday, February 8, 2017

Amazing Hanami Sakura



Terjaganya Tradisi Hanami Sakura di Negeri Oshin



Bunga Sakura yang mempesona (Sumber: japantourlist.com)



Apa yang anda pikirkan tentang Jepang? Banyak kalangan akan berpikir tentang negara maju, robot, disiplin, Miyabi, Pornografi dan lain-lain. Namun, yang saya pikirkan tentang Jepang adalah negara maju yang mempunyai pesona bunga Sakura yang tiada duanya di dunia. Tentu, anda sepakat dengan apa yang saya pikirkan, bukan?
Dan, hal menarik yang selalu membuat takjub saya adalah hingga sekarang Jepang adalah negara maju yang mempunyai berbagai macam budaya yang unik dan tetap lestari. Laksana pulau Bali, Jepang pun telah menghipnotis wisatawan dari mancanegara datang berkunjung baik untuk liburan maupun bisnis. Apalagi, bagi para travel blogger, mengunjungi Jepang adalah sebuah keharusan. Petualangan di Jepang tentunya akan diisi dengan berbagai aktivitas  menarik untuk mengeksplorasi keindahan dari ujung utara hingga ujung selatan negeri Oshin itu.
Melakukan perjalanan wisata ke Jepang memang sungguh menarik. Berbagai informasi yang diperoleh melalui ranah digital dan informasi dari pemerintah Jepang membuat pembaca terangsang untuk buru-buru berkunjung ke Jepang. Apalagi, berbagai macam pameran atau festival  tentang Jepang baik yang diadakan oleh Kedutaan Jepang maupun lembaga Jepang selalu menarik minat masyarakat dunia khususnya Indonesia.  
Jepang mempunyai berbagai macam predikat seperti negara maju, negara pencipta robot, negara disiplin atau negara bunga Sakura. Sedangkan, yang disebutkan terakhir merupakan predikat Jepang yang banyak menarik wisatawan. Fakta, bahwa bunga Sakura hanya tumbuh subur di Jepang. Itulah sebabnya, Jepang sering disebut sebagai negeri Sakura.
Sebagai informasi bahwa bulan Pebruari ini, Jepang sedang mengalami musim ”haru” atau musim semi. Musim semi merupakan musim peralihan dari musim dingin menuju musim panas. Tanda-tanda musim semi adalah munculnya pucuk-pucuk pohon yang mulai tumbuh, bunga-bunga yang mulai bermekaran, dan  sinar matahari yang mulai hangat.
Setelah kondisi Jepang diterpa salju selama 4 bulan saat musim dingin, musim semi merupakan musim yang selalu menjadi daya tarik tersendiri untuk mendatangkan wisatawan, baik wisatawan domestik maupun manca negara. Nah, peristiwa unik dari musim semi adalah kemunculan bunga Sakura seantero Jepang. Perlu diketahui bahwa bunga sakura sebenarnya masih termasuk kawanan bunga mawar. Bunga ini banyak tumbuh di iklim subtropis terutama di negara-negara Asia Timur, Eropa, dan Amerika Utara.

Tradisi Hanami Sakura
Tradisi unik dari masyarakat Jepang menghadapi munculnya bunga sakura adalah terjaganya budaya Ohanami atau Hanami Sakura. Hanami Sakura merupakan tradisi masyarakat Jepang untuk berkumpul bersama anggota keluarga atau teman-teman di bawah pohon sakura untuk menikmati mekarnya bunga sakura. Hanami sakura juga merupakan lambang musim semi atau lambang tahun baru yang sudah berjalan sejak jaman Heian yaitu sekitar 1.000 tahun lalu dan terus mengakar dalam budaya dan hati orang-orang Jepang. Makanya, anda bisa melihat pohon  sakura yang benar-benar dirawat dan ditata sepenuh hati di Jepang.
Bukan hanya itu, mekarnya bunga sakura juga dijadikan sebagai ritual keagamaan dan digunakan sebagai tanda dari akhir tahun serta dimulainya musim bercocok tanam. Karena itu, banyak orang-orang jepang yang berdoa di kuil atau berdoa di bawah pohon sakura. Ketika bunga sakura mulai mekar, masyarakat Jepang justru memilih untuk berkumpul dan bersantai bersama keluarga sambil menikmati keindahan bunga sakura. Tradisi budaya yang mampu menggeser kebiasaan masyarakat Jepang di tengah majunya teknologi.
Bahkan, tradisi hanami sakura kini bukan hanya milik masyarakat Jepang. Namun, masyarakat dunia termasuk Indonesia berbondong-bondong melakukan wisata keJepang hanya demi menikmati mekarnya bunga Sakura. Sebuah tradisi yang berlangsung rutin setiap tahun telah menghipnotis masyarakat dunia. Amazing Sakura memang pesona yang tidak bisa dilewatkan begitu saja.  
Kita juga perlu memahami bahwa periode mekarnya bunga sakura sangat bervariasi di seluruh Jepang.  Namun, yang pasti bahwa mekarnya bunga tersebut dimulai dari daerah selatan yang berudara lebih hangat, yaitu di pulau Okinawa. Dan, mekarnya bunga sakura akan merambat ke bagian utara yang berakhir di wilayah Hokkaido. Meskipun, periode mekarnya bunga Sakura setiap tahun tidak sama persis namun jeda waktunya tidak berbeda jauh. Hal ini dikarenakan periode musim dingin yang berlangsung sebelumnya. Namun, di beberapa daerah di Jepang, mekarnya bunga sakura bisa diprediksi sebagai berikut: 

Sapporo (Mulai mekar  3 Mei dan mekar penuh 7 Mei)
Daerah Sapporo yang masuk dalam Prefektur Hokkaido merupakan wilayah utara Jepang yang musim mekarnya bunga Sakura paling akhir. Pada bulan Mei, bunga sakura mekar di tempat yang luas dan pohon-pohon sakura terlihat berderet sejauh mata memandang. Anda bisa menyaksikan pemandangan bunga sakura yang menyejukkan hati Taman Goryokaku Fort, Kota Hokkaido.
Dan, salah satu tempat yang menarik untuk menikmati mekarnya bunga sakura adalah di Taman Maruyama (Maruyama Park) dan Kuil Hokkaido (Hokkaido Castle) yang terletak bersebelahan. Lokasi tersebut merupakan tempat terbaik untuk melakukan hanami. Anda hanya  berjalan kaki selama 5 menit dari stasiun Maruyama (Maruyama Station). Bahkan, di Taman Maruyama yang mempunyai area seluas lebih dari 6 hektar, anda akan dibuat terkesima dengan indahnya bunga dari sekitar 1.700 pohon bunga sakura.
Masih di Sapporo, kita juga bisa mampir di Taman Odori yang ada di pusat kota. Meskipun jumlah pohonnya tidak sebanyak di Taman Maruyama, namun sambil hanami, kita bisa mengunjungi banyak tempat wisata sekaligus yang ada di sekitaran Taman Odori. Desain taman dengan kebun bunga yang berwarna warni dan jalur pedestrian yang cantik juga dijamin membuat kita tak ingin pulang dari tempat ini.


 Taman Goryokaku Fort, Kota Hokkaido (Sumber:  blog.via.id)

Tempat hanami sakura lainnya yang menarik adalah di wilayah Matsumae. Perlu diketahui bahwa Matsumae merupakan kota paling utara di pulau Hokkaido. Namun, di kota ini terdapat kastil terkenal yang letaknya di atas bukit, yaitu Matsumae Castle atau Fukushima Castle. Kastil ini merupakan satu-satunya kastil dengan gaya khas Jepang yang ada di Hokkaido. Di Taman Matsumae kalian bisa melihat 10.000 pohon Sakura dengan 250 jenis yang berbeda. Lokasi ini bisa dijangkau sekitar 90 menit  dengan naik bis dari JR Kikonai Station, turun di tempat pemberhentian Bis Matsu-Shiro. Selanjutnya, butuh waktu 10 menit dengan berjalan kaki untuk sampai ke lokasi.




Terowongan Sakura di Taman Matsumae, Hokkaido 
(Sumber: Matsumae Tourist Association)



 Kastil Matsumae (Matsumae Castle) (Sumber: goodlucktripjapan.jp)

Aomori (mulai mekar 24 April dan mekar penuh 4 Mei)
Jika kita berkunjung ke Hirosaki, Aomori maka kita bisa mengadakan hanami sakura di Istana Hirosaki (Hirosaki Castle). Kastil tersebut dibuat dengan menara dan gerbang yang tinggi sebagai tempat bersejarah yang dibangun oleh keluarga Tsugaru yang memerintah seluruh daerah pada masa kejayaannya. Sebagai informasi bahwa Kastil Hirosaki merupakan simbol dan atraksi utama kota Hirosaki Prefektur Aomori, utara Jepang. Di kawasan tersebut, kita bisa menikmati kurang lebih 2.600 pohon bunga sakura yang tersebar di seluruh area taman kastil. Yang menarik lagi bahwa di Aomori membuat jadwal hanaminya bersamaan dengan liburan Golden Week di Jepang yakni pada akhir April-awal Mei.

 Pemandangan Kastil Hirosaki di musim sakura 
(Sumber: infojepang.net)

Sendai (mulai mekar 11 April dan mekar penuh 16 April)
Bagi wisatawan yang sedang mengunjungi daerah Sendai atau  Tohoku, maka bunga sakura mekar cenderung lebih lambat dibandingkan dengan daerah Tokyo dan lainnya. Anda bisa menikmati pemandangan bunga sakura sekaligus dengan suasana alam yang asri. Di daerah Tohoku selain pemandangan indah daerah Sendai, anda juga bisa menyaksikan Fubutsushi (Koinobori) dan pemandangan unik bunga sakura.



Sakura di Sendai (Sumber: japantravel.com)

Tokyo (mulai mekar 26 Maret dan mekar penuh 3 April)
Untuk menikmati hanami Sakura di wilayah Tokyo, banyak spot menarik yang bisa digunakan untuk menikmati mekarnya bunga sakura bersama keluarga atau teman-teman. Kita jangan melewatkan untuk melihat indahnya bunga sakura di Sungai Meguro. Di sepanjang sungai yang membentang hingga sejauh 4km ini, bunga sakura bisa ditemukan di kedua sisi sungai. Ada banyak kafe dan toko elok di sepanjang Sungai Meguro, jadi Anda bisa berbelanja sambil mengagumi bunga-bungaan di waktu yang bersamaan.
Di malam hari, anda bisa melihat lentera kertas yang bersinar di sepanjang sungai dan seperti menciptakan suasana dunia yang berbeda. Lokasi tersebut sangatlah strategis karena dekat dengan stasiun Meguro di jalur kereta JR Yamanote Line. Oleh sebab itu, Sungai Meguro selalu dipadati oleh orang-orang yang ingin melihat hanami sakura. Lokasinya  bisa dicapai setelah anda turun di Meguro Station kemudian berjalan sebentar ke jalan Yamate-dori yang menurun, dan kamu akan menemukan Jembatan Meguro Shinbashi.

 Hanami Sakura di sungai Meguro Tokyo (Sumber: infojepang.net)

Tempat lain di Tokyo yang menarik adalah Taman Ueno (Ueno Park).
Taman Ueno merupakan tujuan hanami Sakura sejak jaman Edo (1603-1868). Mengapa? Kawasan ini diyakini oleh banyak orang sebagai lokasi penghabisan untuk menikmati bunga sakura di Tokyo. Tradisi untuk mengagumi bunga sakura di malam hari masih menjadi ajang yang populer di musim semi, yang diterangi oleh 1.300 lentera kertas.
Perlu diketahui bahwa di Taman Ueno memiliki lebih dari seribu batang pohon bunga sakura dan menjadi salah satu tempat favorit untuk melakukan hanami sakura. Pohon Sakura tersebar di berbagai tempat, termasuk di sekitar Danau Shinobazu. Aksesnya yang mudah dijangkau dari Tokyo dan kota-kota sekitarnya membuat Taman Ueno selalu disesaki pengunjung saat musim semi.



Suasana hanami sakura di Taman Ueno Tokyo 
(Sumber: rakuten.co.id)

Jika kita melangkah ke bagian tengah kawasan Tokyo maka kita bisa datang ke Taman Yoyogi (Yoyogi Park). Meski berada di tengah perkotaan Tokyo, Taman Yoyogi merupakan tempat yang sunyi dan cocok untuk bersantai. Taman Yoyogi menyuguhkan berbagai macam varietas bunga sakura, di mana tunas pertamanya tumbuh pada bulan Februari. Hiburan yang populer di tempat ini berupa piknik di atas tanah sambil menghabiskan waktu luang mengagumi bunga-bungaan yang sedang mekar.

 Taman Yoyogi Tokyo (Sumber: rakuten.co.id)

Tokyo yang terkenal dengan Skytree Tower atau Menara Tokyo juga memberikan suasana musim semi yang menyenangkan. Dekat dengan Skytree Tower kita bisa berkunjung ke Taman Shiba (Shiba Park). Bukan hanya menikmati menara Tokyo tetapi kita juga bisa menikmati bunga sakura yang cantik memikat hati. Sebagai informasi bahwa tempat ini sangat populer di kalangan pekerja kantoran sebagai tempat berkunjung di sepulang kerja di malam hari. Oleh sebab itu, anda bisa melihat bunga sakura dan Menara Tokyo sekaligus yang menghiasi kota itu di malam hari. 


 Sakura dan Minato, Tokyo (Sumber: rakuten.co.id)

Lokasi selanjutnya di Tokyo yang tidak boleh dilewatkan adalah menikmati hanami sakura di kawasan Taman Sumida (Sumida Park). Taman Sumida yang terletak di antara dua jembatan, yaitu Jembatan Sakurabashi dan Jembatan Azumabashi sudah terkenal sebagai salah satu tempat untuk menikmati Festival Bunga Sakura Mekar sejak jaman Edo, yaitu dimulai saat masa pemerintahan Shogun ke-8, Tokugawa Yoshimune. Di sepanjang jalan di tepi sungai ini telah berjajar sekitar 640 pohon sakura yang memanjakan mata pengunjung. Menariknya, Taman Sumida ini bersebelahan langsung dengan Sungai Sumidagawa.  
Di Taman Sumida juga telah disediakan jalur untuk pejalan kaki agar para pelancong dapat menikmati keindahan bunga sakura dari dekat. Selain menikmati bunga sakura dari kedua sisi sungai Sumidagawa, di sini anda juga bisa menikmati pemandangan Tokyo Skytree, karena dari lokasi ini bangunan terkenal Tokyo Skytree dapat terlihat jelas. Bukan hanya itu, di sini kita akan melihat kapal yang melintas dan membelah sungai Sumidagawa. Biasanya kapal-kapal tersebut digunakan sebagai lokasi untuk melangsungkan pesta sambil berlayar.



 Taman Sumida yang bersebelahan dengan sungai
(Sumber: www.mygola.com)

Saat melihat mekarnya bunga sakura di Taman Sumida pada malam hari, anda akan melihat pantulan cahaya lampu-lampu malam di sungai sambil duduk-duduk di bawah pohon sakura yang sedang bermekaran. Lokasi ini berada Taito-ku yang bisa diakses dari beberapa cara yaitu: selama 5 menit dengan berjalan kaki dari Stasiun Asakusa, Toei Asakusa Line; selama 3 menit dengan berjalan kaki dari Stasiun Asakusa, Tobu Line; selama 3 menit dengan berjalan kaki dari Stasiun Asakusa, Tokyo Metro Ginza Line; dan selama 10 menit dengan berjalan kaki dari Stasiun Asakusa, Tsukuba Express Line

Taman Sumida saat malam hari (Sumber: for91days.com)


Kanazawa (mulai mekar 4 April dan mekar penuh     10 April)
Taman Kenrokuen (Kenrokuen Park) Kanazawa yang mempunyai area lebih dari 11 hektar sangat cocok untuk melakukan hanami sakura bersama keluarga atau teman-teman. Di mana, Taman Kenrokuen merupakan ikon wisata Kanazawa. Di musim semi, kita bisa menikmati keindahan bunga plum dan sakura yang bermekaran. Kita juga bisa menikmati yozakura, hanami sakura di malam hari. Perjalanan ke Kanazawa bisa diselipkan sewaktu liburan ke Shirakawago atau Tateyama Kurobe Alpine Route, semua ongkos kereta dan shinkansen sampai ke Kanazawa tercover oleh JR Pass atau Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass.



Sakura di Kanazawa (Sumber: infojepang.net)

Nagoya (mulai mekar 26 Maret dan mekar penuh 10 April)
Memasuki wilayah Nagoya, kita bisa menikmati bunga Sakura di Taman Okazaki (Okazaki Park). Taman Okazaki merupakan taman yang terkenal dengan pemandangan hanami sakuranya dan juga termasuk ke dalam daftar 100 tempat hanami sakura terbaik di Jepang. Event yang paling terkenal khususnya yozakura, yakni melihat bunga sakura di malam hari dengan keindahan pemandangannya.
Kita juga bisa menyempatkan diri untuk mampir di Kastil Nagoya (Nagoya Castle) yang mempunyai pemandangan bunga sakura yang indah di sekitarnya.  Sebagai informasi bahwa Kastil Nagoya merupakan kastil termegah di Jepang yang menarik bagi siapa saja untuk berkunjung di saat musim semi. Bunga sakura yang bermekaran akan memberikan pemandangan indah bagi pengunjung yang melakukan hanami sakura.



Kastil Nagoya di kenal sebagai salah satu kastil termegah di Jepang 
(Sumber: blog.via.id)

Shizuoka (mulai mekar 25 Maret dan mekar penuh 3 April)
Bagi pengunjung yang sedang berada di wilayah Shizuoka maka tempat yang menarik untuk melakukan hanami sakura adalah Kawazu Izu. Kita bisa melihat kurang lebih 8.000 pohon bunga sakura yang tumbuh berjajar di tepi sungai sepanjang empat kilometer ke arah perbukitan sampai ke Tujuh Air Terjun Kawazu. Menariknya lagi, bersamaan dengan Festival Bunga Sakura Kawazu Izu, kita bisa menikmati iluminasi bunga sakura dari jam 6 sore sampai jam 9 malam sambil menikmati jajanan lokal Kawazu. Lokasi tempat hanami sakura tersebut berada di semenanjung Izu, selatan Hakone dan Odawara. Tidak usah khawatir, ongkos kereta ter-cover jika memiliki JR Tokyo Wide Pass dan tambahan ongkos bila menggunakan JR Pass.

Melihat pemandangan hanami sakura di Kawazu Izu
(Sumber: infojepang.net)


Osaka (mulai mekar 28 Maret dan mekar penuh 5 April)
Di kota tempat Miyabi atau Maria Ozawa tinggal, musim semi merupakan saat yang ditunggu-tunggu untuk menikmati bunga sakura.  Kita bisa melihat sekitar 5.000 pohon bunga sakura yang berada di Taman Kema Sakuranomiya. Taman Kema Sakuranomiya merupakan  tempat paling direkomendasikan untuk hanami bersama keluarga. Yang mengesankan adalah berhubung jumlah bunga sakura yang lumayan banyak maka beberapa spesies yang berbeda dapat berkembangbiak dan mekar pada waktu yang berbeda pula. Menarik bukan?


 Taman Kema Sakuranomiya (Sumber: Vivahighlight)

Tempat lain yang tidak kalah menarik adalah Osaka Castle dan Expo 70 Commemorative Park yang benar-benar memberikan pesona saat musim semi. Bukan itu saja, di Japan Mint juga menarik untuk melakukan hanami sakura. Saat pohon sakura bermekaran pada pertengahan April, Japan Mint di Osaka membuka jalan sepanjang 560 meter, dari Gerbang Selatan (Tenma-bashi) sampai ke Gerbang Utama (Sakura-bashi), yang dibuka secara umum selama satu minggu. Lokasi tersebut terdapat Sungai Yodo yang terkenal dengan pemandangan yang indah, khususnya pada musim semi di mana bunga sakura bermekaran.



Japan Mint Osaka (Sumber: blog.via.id)

Kyoto (mulai mekar 29 Maret dan mekar penuh 12 April)
Di Kyoto yang dahulu pernah menjadi ibukota Jepang, kita akan menemukan berbagai macam adat dan budayanya yang masih terjaga. Saat musim semi sekarang ini, maka mengunjungi Kuil Kiyomizudera (Kiyomizudera Temple) dan Taman Maruyama (Maruyama Park) merupakan pilihan yang menarik. Perlu diketahui bahwa Taman Maruyama merupakan taman tertua di Kyoto yang sudah terkenal dengan pohon sakura yang besar dan menjadi “best viewed” saat malam hari.
Anda bisa menyaksikan bunga sakura merah muda yang sangat menawan, sambil menikmati budaya Kyoto yang menarik perhatian wisatawan. Sebagai informasi jika kita berkunjung ke Kyoto pada minggu kedua bulan April, direkomendasikan untuk mengunjungi  Heian Shrine dan Nijojo Puri. Di sini, kita bisa mengagumi bunga sakura Yaebeni yang mempesona. Kyoto banyak menarik perhatian wisatawan karena mempunyai bentuk bangunan kuno yang masih kokoh berdiri. Apalagi, dengan latar belakang bunga sakura akan memberikan  pemandangan yang indah di Jepang.
Tempat lain yang menarik di Kyoto adalah Taman Sewaritei (Sewaritei Park). Taman Sewaritei yang berlokasi di kota Yawata, tepat di antara kota Kyoto dan Osaka. Taman ini menunjuk pada area terbuka yang menjadi pertemuan sungai utama Kyoto dan Osaka, yakni sungai Yodo dan sungai Kizu. Di area terbuka di pinggir sungai ini, kita bisa menjumpai deretan pohon bunga sakura seperti di Kawazu Izu. Ada sekitar 250 pohon bunga sakura di jalan pinggir sungai sepanjang 1,4 kilometer tersebut. Jika anda memiliki Keihan Kyoto Osaka Sightseeing Pass maka ongkos kereta menuju ke Taman Sewaritei semuanya gratis.


 Taman Sewaritei (Sewaritei Park) (Sumber: blog.via.id)

Nara (mulai mekar 29 Maret  dan mekar penuh 11 April)
Di wilayah Nara, kita bisa menikmati hanami sakura di Taman Nara (Nara Park). Perlu diketahui bahwa Taman Nara merupakan taman bersejarah yang dikelilingi oleh Kuil Todai-ji, Kuil Kofuku-ji, dan museum Shoso-in. Taman tersebut dibangun pada masa Tempyo (710-784), yang mempunyai luas hampir 660 ha dan dipenuhi oleh pemandangan yang hijau dan udara yang sejuk. Di sini, anda bisa menimati kurang lebih 1.700 pohon sakura dalam berbagai macam jenis, seperti Narayae-zakura dan Kokonoe-zakura. Di Nara kita juga bisa menyempatkan diri berkunjung ke Danau Sagi, kaki gunung Wakakusa, menara To-do, Kuil Kofuku-ji, danau Ara dan lain-lain.


 Taman Nara (Nara Park) (Sumber: blog.via.id)

Hiroshima  (mulai mekar 27 Maret dan mekar penuh 5 April)
Jika anda hendak mengunjungi kota Hiroshima, maka kita akan teringat tentang sejarah masa lalu Jepang saat kota Hiroshima dan Nagasaki dibom atom oleh sekutu pada Perang Dunia (PD II). Namun, saat ini justru Hiroshima sangatlah menarik untuk menikmati bunga sakura. Terutama saat anda mengunjungi Kastil Hiroshima (Hiroshima Castle). Bunga sakura merah muda menawan di Kastil Hiroshima dan taman bersejarah Shukkei-en akan menghilangkan kesan kita bahwa dahulu Hiroshima pernah luluh lantak karena bom atom. Karena Jepang telah membuat Hiroshima Peace Memorial Park untuk mengenang peristiwa dahsyat tersebut.


 Kastil Hiroshima (Hiroshima Castle) (Sumber: japanpackagetours)

Tempat lain untuk menikmati bunga sakura adalah Taman Senkoji (Senkoji Park). Taman Senkoji adalah tempat yang paling cocok untuk melihat pohon sakura. Karena, taman tersebut terletak di belakang Stasiun Onomichi dan sakura tersebar dari puncak lereng Gunung Senkoji (137 m). Taman ini dibangun pada tahun 1894 oleh tetua biksu di kuil Senko-ji. Di sini kita bisa melihat sekitar 10.000 pohon sakura. 



Taman Senkoji (Senkoji Park) (Sumber: blog.via.id)

Fukuoka (mulai mekar 23 Maret dan mekar penuh 1 April)
Di Fukuoka, Kyushu yang berudara hangat, terdapat perbedaan waktu mekarnya bunga sakura tergantung tempatnya. Akan tetapi di Fukuoka bunga sakura lebih dulu mekar dibandingkan dengan daerah Kanto. Ada beberapa tempat yang bisa menjadi spot menarik untuk menikmati bunga sakura. Taman Katsumaya (Katsumaya Park), di mana terdapat Kastil Fukuoka (Fukuoka Castle) merupakan tempat yang bagus untuk menyaksikan bunga sakura mekar sepenuhnya. Sambil menikmati pesona bung sakura, anda bisa menyantap kuliner ramen tonkotsunya yang terkenal di Fukuoka. 



Kastil Fukuoka (Fukuoka Castle) (Sumber: MyFukuoka)

Anda juga bisa berkunjung ke Taman Nishi (Nishi Park) di Fukuoka.  
Taman Nishi terletak di pusat Fukuoka, di bukit dan menghadap ke teluk Hakata. Taman ini merupakan lokasi terbaik untuk melihat bunga sakura yang bermekaran. Lebih dari 1.000 pohon sakura mekar setiap musim semi  seperti Someyomoshi, Ooshima Zakura, Yama Zakura, Shidare Zakura dan jenis sakura lainnya. Lebih menarik lagi karena di taman ini terdapat tempat observatorium yang membuat anda bisa melihat teluk Hakata, Nokono  Shima, dan Shikano Shima. Jika anda menyempatkan diri untuk menelusuri jalan tangga sampai ke atas taman akan menemukan kuil Terumo (Terumo Temple) yang terkenal di Fukuoka. Untuk mencapai spot tersebut, anda cukup 10-15 menit dengan berjalan kaki ke arah utara dari Stasiun Ohori Kouen.



Taman Nishi (Nishi Park) (Sumber:  http://japankyushu.com/)


Kagoshima (mulai mekar 26 Maret dan mekar penuh 4 April)
Masih di Prefektur Kyusu, paling selatan Kyushu, bunga sakura biasanya mekar pada akhir Maret. Tempat menarik untuk menikmati bunga sakura adalah pulau Sakurajima. Sakurajima yang terkenal dengan sebuatan Pulau Bunga Sakura karena di sisi utara pulau (Taman Dinosaurus) terdapat ribuan pohon bunga sakura. Apalagi, dengan pemandangan bunga sakura berlatarbelakng Gunung Sakurajima menjadi pemandangan lebih mengesankan.  


Sakurajima yang dipenuhi bunga Sakura 
(Sumber: Kagoshima Prefectural Visitors Bureau)

Okinawa (mulai mekar 18 Januari dan mekar penuh 12 Februari)
Di Jepang, wilayah yang pertama kali mengalami mekarnya bunga sakura adalah di wilayah Okinawa. Hal ini dikarenakan wilayah paling selatan Jepang tersebut memberikan udara yang lebih hangat. Biasanya bunga sakura mulai mekar pada pertengahan bulan Januari sampai minggu ke-2 bulan februari. Adapun, tempat yang menarik untuk hanami sakura adalah wilayah Yanbaru, sebelah utara Okinawa. Sakura di Okinawa juga memberikan kesan unik. Warna bunga sakura disini lebih ke warna merah atau dark pink yang tumbuh di ujung-ujung cabang pohon sakura. Dan, mekarnya bunga sakura yang berawal dari Okinawa akan terus merambat ke wilayah Jepang paling utara, Hokkaido. 



Bunga sakura di Okinawa berwarna dark pink 
 (Sumber: blog.via.id)


HIS Travel Indonesia
Perjalanan wisata ke Jepang tentunya membutuhkan transportasi yang nyaman dan pelayanan professional. Oleh sebab itu, kebutuhan akan perusahaan tour travel yang terpercaya menjadi keharusan. Salah satu biro perjalanan yang bisa membantu anda saat mau ke Jepang adalah HISTravel Indonesia. Banyak alasan yang menguatkan mengapa kita harus menggunakan biro perjalanan  HIS Travel Indonesia.



 Alasan memakai HIS (Sumber: HIS Travel Indonesia)

Perlu diketahui bahwa HIS TravelIndonesia merupakan perusahaan tour travel yang menyediakan layanan perjalanan wisata baik secara individual maupun group ke luar negeri. Salah satu tujuan wisata yang menjadi andalan adalah wisata ke Jepang. Segala urusan yang diperlukan untuk wisata ke Jepang akan dilayani secara profesional seperti Japan Rail Pass (JR Pass) yang sangat dibutuhkan untuk mendapatkan kemudahan transportasi saat di Jepang. Untuk mendapatkan info yang lengkap tentang JR Pass, kita juga bisa mengunjungi akun sosial media (Sosmed) HIS Travel Indonesia disini atau datang langsung ke kantor-kantor terdekat di kota anda.
 Mengapa saat wisata ke Jepang anda perlu mendapatkan Japan Rail Pass? Karena, Japan Rail Pass (JR Pass) merupakan cara paling ekonomis untuk perjalanan mengelilingi Jepang dengan kereta. Namun, ada beberapa batasan padapenggunaan JR Pass baik Ordinary maupun Green tidak berlaku untuk kereta “NOZOMI” dan “MIZUHO”  pada  jalur Tokaido, Sanyo, dan Kyushu. Cara mendapatkan JR Pass, anda bisa membelinya di seluruh cabang HIS Travel Indonesia.
Siapa saja yang berhak memakai JR Pass tersebut? JR Pass adalah tiket khusus yang berlaku untuk wisatawan dari luar negeri yang mengunjungi Jepang dengan tujuan wisata. Adapun, ketentuan pengguna JR Pass adalah:
1.   Wisatawan Asing yang datang ke Jepang untuk wisata dengan status sebagai Pengunjung Sementara.
2.   Berdasarkan undang-undang imigrasi Jepang, wisatawan asing dengan status “pengunjung sementara” diperbolehkan untuk tinggal di Jepang selama 15 sampai 90 hari dengan tujuan wisata atau lain-lain. Jika Anda mengajukan permohonan visa untuk wisata ketika masuk Jepang, petugas imigrasi akan mencap paspor sebagai “pengunjung sementara”. Hanya paspor yang ada cap tersebut yang dapat menggunakan JR PASS.
3.   Orang Jepang yang tinggal di negara luar.
a.    Orang Jepang yang memenuhi syarat untuk tinggal secara permanen di negara tersebut, atau
b.   Orang Jepang yang menikah dengan non-Jepang yang tinggal di negara luar selain Jepang.
Tetapi, pengunaan JR Pass ada pengecualian seperti bagi Orang Jepang yang memiliki 2 kebangsaan (Jepang dan non-Jepang) dan memiliki paspor non-Jepang, meskipun memiliki bukti izin tinggal permanen di negara tersebut, tidak dapat menggunakan JR Pass. Serta, orang Jepang yang berada dalam kondisi di atas perlu menunjukkan voucher JR Pass  pada tempat pembelian JR Pass yang sama.
          Harga dan Tipe JR Pass pun bervariasi yang ditentukan sesuai dengan nilai tukar mata uang yang berlaku setiap harinya. Namun, ada dua macam JR Pass yaitu: Green dan Ordinary. Masing-masing dari tipe tersebut tersedia dalam tiga durasi; 7 hari, 14 hari, dan 21 hari seperti terlampir pada tabel di bawah ini (harga dalam Rupiah).

*Include VAT 1%

Type
Ordinary
Green
Duration
Adult
Child
Adult
Child
7 Days
IDR 3.498.800
IDR 1.748.800
IDR 
4.663.400
IDR 
2.336.500
14 Days
IDR 
5.575.700
IDR 
2.787.300
IDR 
7.566.000
IDR 
3.782.400
21 Days
IDR 
7.133.300
IDR 
3.567.000
IDR 
9.840.000
IDR 
4.920.000
JPY Rate : 119 per tanggal : 3 Feb 2017
(Sumber: HIS Travel Indonesia)

Kerja sama antara HIS Travel Indonesia dan ANA (All Nippon Airways) menjadi HAnavi www.hisgo.co.id  membuat perjalanan wisatawan asing khususnya Indonesia yang berkunjung ke Jepang menjadi semakin mudah. Berbagai penawaran tiket pesawat dan hotel yang menarik membuat perjalanan ke Jepang semakin menyenangkan. Banyak keuntungan yang dapat diperoleh jika kita membeli tiket penerbangan melalui HAnavi, di antaranya: 1) Kita bisa menghemat waktu di perjalanan dengan naik pesawat, dengan jadwal penerbangan yang bisa kita pilih sesuka hati; 2) Bisa mendapatkan paket tiket penerbangan domestik dan hotel dengan diskon besar-besaran; dan 3) Tersedia beragam pilihan kombinasi jaringan domestik dan hotel sesuai dengan rencana kita.
Apalagi, saat Jepang menghadapai musim semi dan bunga sakura mulai bermekaran, banyak penawaran asyik yang dipersembahkan oleh HAnavi, seperti: Paket 8D/6N Japan Sakura dengan menggunakan pesawat  All Nippon Airways (ANA) untuk penerbangan ke Jepang tanggal: 05 dan 06 April 2017. Penawaran asyik ini untuk paket group minimal 20 orang.
Sedangkan, keuntungan fasilitas dan spot wisata yang akan dituju adalah: 
  1. Visit Japan : Asakusa Kannon Temple - Ueno Park - Mt.Fuji - Kyoto – Osaka;
  2. Shopping at Nakamise Street, Gotemba Premium Outlet and Shinsaibashi;
  3. Photostop at Hachiko Statue;
  4. Tour leader from HIS Travel Indonesia;
  5. Travel Insurance by AIG;
  6. VAT 1% included;
  7. Meals & Transfer included as itinerary.




(Sumber: HIS Travel Indonesia)
Dengan menggunakan jasa HAnavi membuat perjalanan wisata ke Jepang akan lebih menyenangkan. Hal ini dikarenakan HAnavi mempunyai berbagai kelebihan seperti yang ada gambar berikut:  


 Kelebihan HAnavi (Sumber: HIS Travel Indonesia/diolah)

Mekarnya bunga Sakura adalah pesona Jepang yang muncul secara rutin. Ketika datang musim semi yang diikuti dengan mekarnya bunga sakura memberikan daya tarik masayarakat dunia termasuk Indonesiauntuk melakukan kunjugan wisata ke negeri Ayako Kobayashi, si pemeran Oshin. Ya, pesona sakura kini bukanlah milik masyarakat Jepang saja, tetapi telah menjadi milik dunia. Dari berbagai penjuru mata angina, wisatawan berdatangan dengan tujuan bisa berhanami ria menikmati mekarnya bunga sakura yang memikat hati. Anda bermaksud wisata ke Jepang? Sekarang saatnya karena bunga sakura mulai bermekaran. Jadi, benar-benar … Amazing Sakura!    



http://bit.ly/amazing-sakura-pendaftaran





Referensi





No comments:

Post a Comment