Friday, February 17, 2017

RiauBook, Pustaka Riau untuk Dunia



RiauBook, Menyuarakan Riau pada Dunia
Melalui Ranah Digital



Halaman “Home” (Beranda) RiauBook 
(Sumber: RiauBook.com/screenshot)



Apa yang ada pikirkan, ketika mendengar kata “Riau”? Kelapa sawit, minyak, melayu dan lain-lain. Setiap orang mempunyai gambarannya masing-masing tentang Riau. Dan, informasi tersebut mereka peroleh adalah sesuatu yang bersifat general (umum). Apalagi, jika jawabannya sangat melenceng jauh menunjukan bahwa ketidaktahuan tentang Riau perlu dicari solusinya. Mengabarkan jati diri Riau kepada masyarakat adalah hal yang terbaik. 

Perlu diketahui bahwa Riau merupakan salah satu Provinsi di pulau Andalas (Sumatera) yang beribukota di Pekanbaru. Provinsi yang kaya akan peninggalan minyak bumi pada jaman penjajahan Belanda dan perkebunan kelapa sawit memang layak dipahami oleh setiap orang. Apalagi, ketika peristiwa dahsyat tentang kebakaran hutan tahun lalu, maka Provinsi Riau merupakan salah satunya yang disorot dunia. Tentunya, kita ingin memahami tentang Provinsi Riau lebih dalam bukan?  

Kata peribahasa, tak kenal maka tak sayang. Maka, tidak mengenal Riau sama halnya tidak bisa ikut berpartisipasi mengabarkan Berita Riau  kepada dunia. Di saat, kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sedang berkembang pesat. Setiap oarang berlomba-lomba menggunakan piranti gadget yang terbaru untuk mengadakan interaksi digital dengan yang lainnya, maka kita bisa mengetahui hal-hal yang terjadi tentang Riau dalam sentuhan jari (touchscreen).

Jika, kita ingin tahu apa saja yang terjadi di Provinsi Riau dalam dunia digital, maka laman RiauBook merupakan wadah yang tepat. Situs yang baru berumur 2 tahunan dan mengangkat tagline “Pustaka Riau untuk Dunia” selalu mengabarkan tentang Riau secara update. Dari berita daerah atau lokal hingga berita internasional. Ketika pertama kali meng-klik dan mengamati situs tersebut, kesan pertama adalah warna halaman yang terkesan asyik dan ramai (eye catching). Beberapa kanal pun menarik untuk disasar karena tulisan dan isinya yang sangat menarik. 

Saya merasa bahwa ketika membaca kanal “Daerah” bisa menambah pengetahuan tentang adat dan budaya lokal. Ini merupakan kearifan lokal yang perlu diketahui oleh siapapun. Ketika kita belum sempat menginjakkan kakinya di tanah Riau, namun kita bisa memahami peristiwa daerah yang terjadi baru-baru ini secara lebih jelas. Dengan kata lain, kejadian di Riau serasa dekat dengan kita.  




Kanal “Daerah” (Sumber: RiauBook.com/screenshot)


Yang menarik dari RiauBook adalah terdapatnya “Berita Terkini”, “Populer”, “Pilihan Editor” dan “Berita lainnya” baik pada kanal berita “Nasional” maupun  “Internasional”. Di sini, kita bisa memilih berita yang sedang hangat  atau yang menguasai popularitas tinggi (viral). Apalagi, jika kita menilik pada kanal “Berita Lainnya”, kita akan mengetahui berita yang lucu, unik atau mengemparkan dari Indonesia maupun dunia. Jangan lupakan ketika membaca artikel tentang kesehatan yang berisi tentang permasalahan khusus dewasa yang tidak terlalu vulgar. Menarik bukan? 

 

Kanal “Nasional” (Sumber: RiauBook.com/screenshot)

 

Kanal “Internasional” (Sumber: RiauBook.com/screenshot)


Riaubook juga menampilkan kanal berita “Lainnya” yang mengupas masalah-masalah penting yang berhubungan dengan manusia seperti: Religi, Lingkungan, Opini, OLahraga, Pariwisata, Pendidikan, Hukum, Politik dan Ekonomi. Kita bisa mendapatkan informasi penting tergantung selera kita. Apalagi, ketika sedang panas-panasnya jagad politik, kita bisa berselancar ke kanal politik untuk mengetahui keadaan politik negeri ini. Berita ini membuat kita tidak kudet (kurang update) tentang permasalahan politik.     




Kanal “Lainnya” (Sumber: RiauBook.com/screenshot)


Kagum rasanya ketika saya membaca kanal khusus “Profile” yang mengupas tentang sosok yang bisa menjadi contoh atau memberikan inspirasi bagi orang lain dalam bidangnya masing-masing. Apalagi, jika sosok yang dikupas adalah wajah lokal. Ini adalah strategi jitu untuk menaikkan peran masyarakat Riau ke pentas dunia. Sosok tersebut akan mudah dikenal karena kontribusi yang telah dilakukannya. Dan, RiauBook mengupasnya secara lugas dan tegas.


 Halaman “Profile” (Sumber: RiauBook.com/screenshot)



Manajemen RiauBook juga memahami jika perjalanan bisnisnya harus tetap berdenyut. Oleh sebab itu, menggandeng atau bekerja sama dengan korporasi, organissai atau lembaga birokrasi  lain untuk menyuarakan track record-nya adalah ladang bisnis yang saling menguntungkan (simbiosis mutualisme). Dan, kanal “Berita Advertorial Lainnya” merupakan kanal yang pas untuk menginformasikan sebuah korporasi, organisasi atau lembaga birokrasi tersebut. RiauBook menginformasikan kepada pembaca digital secara berimbang. 

Masyarakat digital akan memahami sepak terjang dari korporasi, organisasi  atau lembaga birokrasi yang sedang diberitakan, seperti berita “IMA Chapter Pekanbaru Akan Segera Dikukuhkan dan Siap Memajukan Riau”. Berita ini memberikan pemahaman kepada masyarakat Riau khususnya bahwa organisasi tersebut benar-benar serius untuk memajukan Riau. Dampaknya, masyarakat Riau akan menerima keberadaan organisasi tersebut dan memberikan apresiasi yang positif. Bahkan, berita ini bisa dibagikan oleh pembaca digital secara berantai dalam sebuah akun media sosial (medsos). Tentunya, IMA Chapter Pekanbaru merasa terbantu dengan pemberitaan ini.    


 Kanal “Berita Advertorial Lainnya” 
(Sumber: RiauBook.com/screenshot)


 Akhirnya, ketika membaca halaman digital RiauBook, banyak hal tentang kearifan lokal yang bisa saya  diperoleh. Ini adalah modal besar untuk memberi tahu tentang kondisi Riau ke masyarakat dunia melalui ranah digital. Bukan hanya berita lokal saja yang ditampilkan, tetapi manajemen RiauBook juga  menampilkan berita nasional hingga internasional untuk memberikan keragaman terhadap pembaca di seluruh dunia.  

Halaman digital RiauBook yang enak dilihat memberikan rangsangan saya untuk meng-klik setiap kanal dari berita yang sedang populer hingga berita yang merupakan pilihan editor. Apalagi, RiauBook menampilkan juga berita yang merupakan sisi pengetahuan bagi pembacanya seperti info kesehatan khusus dewasa yang tidak vulgar. 

Jadi, jika anda ingin mengetahui berita yang hangat hingga panas tentang Riau, maka membuka RiauBook adalah  pilihan yang menarik. Anda tidak perlu buru-buru datang ke Provinsi Riau untuk mengetahui adat istiadat atau budaya dan peristiwa yang sedang terjadi, tetapi hanya dengan sentuhan jari perangkat gadget akan membawa anda ke informasi aktual tentang Riau. Tidak salah rupanya jika RiauBook bertekad untuk menjadi pustaka Riau yang siap mengabarkan kepada dunia melalui dunia digital.    


http://www.riaubook.com/berita/25468/riaubook-lomba-menulis-blog.html



No comments:

Post a Comment